TUGAS TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI ERA DISRUPSI TEKNOLOGI PADA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU TIARA PEKANBARU
Abstrak
Di era disrupsi teknologi, peran dan tanggung jawab mereka dalam meningkatkan kualitas pendidikan semakin kompleks dan dinamis. Guru tidak hanya harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi, tetapi juga perlu terus mengembangkan kompetensi baru yang relevan dengan perubahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tugas tenaga pendidik dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era disrupsi teknologi pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Tiara Pekanbaru. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan, penelitian ini bertujuan mengungkap tugas tenaga pendidik memanfaatkan teknologi, menghadapi tantangan, serta mengimplementasikan strategi pembelajaran inovatif. Sumber data diperoleh dari informan dalam penelitian yakni kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Tahapan analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data dan interpretasi data. Dalam menghadapi era disrupsi teknologi, tenaga pendidik di SDIT Tiara Pekanbaru menjalankan berbagai tugas strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Berbagai macam strategi juga diterapkan sebagai upaya peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui pelatihan dan workshop teknologi pendidikan. Strategi selanjutnya adalah penguatan karakter siswa melalui pendidikan berbasis nilai. Dengan berbagai upaya tersebut, maka kualitas pendidikan di SDIT Tiara Pekanbaru akan terus meningkat dengan pemanfaatan teknologi yang ada.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Adam, E., Lailatussaadah, L., Madya, W. A., Diklat, B., & Aceh, K. (2022). The Roles Of Educator In Disruptive Era: A Literature Review. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 52–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.22373/cj.v6i1.11202
Akbar Iskandar, D. (2023). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.
Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, & Ibrahim Arifin. (2023). Peran Guru dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431
Faisal Rahman, A. hamid. (2023). Paradigma Pendidikan Di Era Disrupsi Teknologi. UMSU Press.
Haq, A. K., Rizkiah, S. N., & Andara, Y. (2023). Tantangan dan Dampak Transformasi Pendidikan Berbasis Digital Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(2), 168–177. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i2.865
Haris Herdiansyah. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Salemba Humanika.
Imam Wahyudi. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru. Prestasi Pustaka.
Isdayani, Thamrin, A. N., & Milani, A. (2024). Implementasi Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Sistem Pendidikan dan Analisis Pembelajaran di Indonesia. Digital Transformation Technology, 4(1), 714–723. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i1.4512
Lamuri, A. B., & Laki, R. (2022). Transformasi Pendidikan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Berkarakter di Era Disrupsi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 21–30. https://doi.org/10.31970/gurutua. v5i2.122
Mestika Zed. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Nur, S. A., Mahya, A. F. P., & Santoso, G. (2022). Revolusi Pendidikan di Era Society 5.0; Pembelajaran, Tantangan, Peluang, Akses, dan Keterampilan Teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 1(2), 18–28. https://doi.org/https://doi.org/10.9000/jpt.v1i2.508
Nuraeni, C., Ending, B. K. P., & Rachman, I. F. (2024). Transformasi Pendidikan pada Era Disruptif. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 411–419.
Nurhidayatullah. (2024). Peran Teknologi dalam Optimalisasi Manajemen Tenaga Kependidikan di Era Digital. JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(4). https://doi.org/https://jicnusantara.com/index.php/jicn
Pattiran, M., Songbes, A. M. H., Arrang, R., Herman, Vanchapo, A. R., & Muhammadong. (2024). Strategi Pendidikan Karakter: Membentuk Etika dan Nilai pada Generasi Muda. Journal on Education, 6(2), 11369–11376. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4933
Ping, T., & Poernomo, S. A. (2021). Tugas dan Fungsi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 5(1), 1–12. https://doi.org/https://ojs.stkpkbi.ac.id/
Purba, R. A., Sudarso, A., Silitonga, H. P., Sisca, S., Supitriyani, S., Yusmanizar, Nainggolan, L. E., & Sudirman, A. (2020). Aplikasi Teknologi Informasi: Teori dan Implementasi. Yayasan Kita Menulis.
Rambe, K. F. (2024). Strategi Manajemen Pendidik Di Era Digitalisasi alam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sman 1. Multatuli: Jurnal Multidisiplin ilmu, 1(1), 1–21. https://doi.org/https://ejournal.ypayb.or.id/index.php/ jumu/article/view/22/12
Rudianti, S. R., Yanti, S. D., & Rustini, T. (2024). Inovasi Pendidikan: Kunci dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik di Era Digital. Dirasah, 7(2), 732–741. https://doi.org/https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i2.1386
Sirajuddin Saleh. (2017). Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan.
Sri Astuti Iriyani, Milla, D., Lede, Y. K., & Kholidi. (2023). Perkembangan Literasi Digital dalam Pendidikan: Sebuah Tinjauan Bibliometrik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 1289–1301. https://doi.org/10.54373/imeij. v4i2.349
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.