TUGAS TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI ERA DISRUPSI TEKNOLOGI PADA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU TIARA PEKANBARU

  • Annisa Darma Yanti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
    (ID)
  • Tuti Andriani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
    (ID)
  • Nini Aryani STKIP ‘Aisyiyah Riau
    (ID)
  • Muhammad Arif Sufyan bin Jamaludin Universitas Kebangsaan Malaysia
    (MY)
Kata Kunci: Tenaga Pendidik, Kualitas Pendidikan, Disrupsi Teknologi

Abstrak

Di era disrupsi teknologi, peran dan tanggung jawab mereka dalam meningkatkan kualitas pendidikan semakin kompleks dan dinamis. Guru tidak hanya harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi, tetapi juga perlu terus mengembangkan kompetensi baru yang relevan dengan perubahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tugas tenaga pendidik dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era disrupsi teknologi pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Tiara Pekanbaru. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan, penelitian ini bertujuan mengungkap tugas tenaga pendidik memanfaatkan teknologi, menghadapi tantangan, serta mengimplementasikan strategi pembelajaran inovatif. Sumber data diperoleh dari informan dalam penelitian yakni kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Tahapan analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data dan interpretasi data. Dalam menghadapi era disrupsi teknologi, tenaga pendidik di SDIT Tiara Pekanbaru menjalankan berbagai tugas strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Berbagai macam strategi juga diterapkan sebagai upaya peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui pelatihan dan workshop teknologi pendidikan. Strategi selanjutnya adalah penguatan karakter siswa melalui pendidikan berbasis nilai. Dengan berbagai upaya tersebut, maka kualitas pendidikan di SDIT Tiara Pekanbaru akan terus meningkat dengan pemanfaatan teknologi yang ada.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Adam, E., Lailatussaadah, L., Madya, W. A., Diklat, B., & Aceh, K. (2022). The Roles Of Educator In Disruptive Era: A Literature Review. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 52–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.22373/cj.v6i1.11202

Akbar Iskandar, D. (2023). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.

Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, & Ibrahim Arifin. (2023). Peran Guru dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431

Faisal Rahman, A. hamid. (2023). Paradigma Pendidikan Di Era Disrupsi Teknologi. UMSU Press.

Haq, A. K., Rizkiah, S. N., & Andara, Y. (2023). Tantangan dan Dampak Transformasi Pendidikan Berbasis Digital Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(2), 168–177. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i2.865

Haris Herdiansyah. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Salemba Humanika.

Imam Wahyudi. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru. Prestasi Pustaka.

Isdayani, Thamrin, A. N., & Milani, A. (2024). Implementasi Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Sistem Pendidikan dan Analisis Pembelajaran di Indonesia. Digital Transformation Technology, 4(1), 714–723. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i1.4512

Lamuri, A. B., & Laki, R. (2022). Transformasi Pendidikan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Berkarakter di Era Disrupsi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 21–30. https://doi.org/10.31970/gurutua. v5i2.122

Mestika Zed. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Nur, S. A., Mahya, A. F. P., & Santoso, G. (2022). Revolusi Pendidikan di Era Society 5.0; Pembelajaran, Tantangan, Peluang, Akses, dan Keterampilan Teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 1(2), 18–28. https://doi.org/https://doi.org/10.9000/jpt.v1i2.508

Nuraeni, C., Ending, B. K. P., & Rachman, I. F. (2024). Transformasi Pendidikan pada Era Disruptif. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 411–419.

Nurhidayatullah. (2024). Peran Teknologi dalam Optimalisasi Manajemen Tenaga Kependidikan di Era Digital. JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(4). https://doi.org/https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Pattiran, M., Songbes, A. M. H., Arrang, R., Herman, Vanchapo, A. R., & Muhammadong. (2024). Strategi Pendidikan Karakter: Membentuk Etika dan Nilai pada Generasi Muda. Journal on Education, 6(2), 11369–11376. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4933

Ping, T., & Poernomo, S. A. (2021). Tugas dan Fungsi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 5(1), 1–12. https://doi.org/https://ojs.stkpkbi.ac.id/

Purba, R. A., Sudarso, A., Silitonga, H. P., Sisca, S., Supitriyani, S., Yusmanizar, Nainggolan, L. E., & Sudirman, A. (2020). Aplikasi Teknologi Informasi: Teori dan Implementasi. Yayasan Kita Menulis.

Rambe, K. F. (2024). Strategi Manajemen Pendidik Di Era Digitalisasi alam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sman 1. Multatuli: Jurnal Multidisiplin ilmu, 1(1), 1–21. https://doi.org/https://ejournal.ypayb.or.id/index.php/ jumu/article/view/22/12

Rudianti, S. R., Yanti, S. D., & Rustini, T. (2024). Inovasi Pendidikan: Kunci dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik di Era Digital. Dirasah, 7(2), 732–741. https://doi.org/https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i2.1386

Sirajuddin Saleh. (2017). Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan.

Sri Astuti Iriyani, Milla, D., Lede, Y. K., & Kholidi. (2023). Perkembangan Literasi Digital dalam Pendidikan: Sebuah Tinjauan Bibliometrik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 1289–1301. https://doi.org/10.54373/imeij. v4i2.349

Diterbitkan
2024-12-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 19 times