APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SMU KELAS X BERBASIS ANDROID

  • A. MUHAMMAD SYAFAR UIN ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)
  • NUR AFIF UIN ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)

Abstract

 

Penelitian ini menitikberatkan pada media pembelajaran matematika tingkat SMU berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk proses pembelajaran matematika agar siswa SMU lebih mudah dalam memahami materi atau contoh soal-soal yang berbasis android . Metode desain aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall. Hasil perancangan yang dilakukan dapat memberikan informasi tentang pembelajaran lewat media pembelajaran berbasis android dalam penyelesaian soal-soal matematika serta berdasarkan hasil responden sebanyak 15 responden diperoleh hasil sebesar 53,3 % pilihan sangat bermanfaat dan terbantukan dalam aplikasi tersebut

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Matematika, Waterfall, Anrdoid

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

A. MUHAMMAD SYAFAR, UIN ALAUDDIN MAKASSAR
TEKNIK INFORMATIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
NUR AFIF, UIN ALAUDDIN MAKASSAR
TEKNIK INFORMATIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR

References

Abdul, Halim Fathani. 2009. ”Matematika Hakikat dan Logika”. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Aprilia Putri, Nicky. Fairuzabadi, M., & Riyadi, Ahmad. ”Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V”. Yogyakarta: Teknik, Universitas PGRI Yogyakarta. (http://202.51.199.7/ prosiding/PDF-Jilid-1/12_TI_Nicky-Aprilia.pdf). Diakses pada 13 Februari 2019.

Ependi, Usman,. & Sopiah, Nyimas. ”Aplikasi Media Belajar Matematika Berbasis android”. Palembang: Teknik Informatika, Universitas Bina Darma. (http://eprints.binadarma.ac.id/2601/1/paper-snti-2015-Usman-Ependi-Nyimas-Sopiah.pdf). Diakses pada 16 Maret 2019.

Ibrahim dan Suparni. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Sukses Offset

Rudi, S., & Cepi, R. 2008. ”Media Pembelajaran”. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.

Ruseffendi, E. T. 1993. ”Pendidikan Matematika 3 Modul 1-5”. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rusman. 2012. ”Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Published
2019-04-09
Section
Volume 4, Nomor 1 April 2019
Abstract viewed = 784 times