PREDIKSI HASIL PANEN TEBU DENGAN APLIKASI TAKSASI TEBU BERBASIS WEBSITE

  • KAMARUDDIN TONE UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • NUR AFIF UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • RINALDI IHWAL A UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

PT Perkebunan Nusantara XIV (PTPN XIV) adalah perusahaan dengan produksi utama gula. Untuk menghasilkan produksi gula yang optimal dapat dilakukan dengan cara melakukan kegiatan taksasi tebu. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi taksasi tebu berbasis website untuk memprediksi hasil panen tebu di pabrik gula takalar yang dapat mempermudah dan mempercepat informasi laporan taksasi tebu sehingga dapat memberikan informasi lebih awal untuk mempersiapkan proses produksi tebu. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, dengan strategi desain and creation, sedangkan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi literature. Metode perancangan menggunakan waterfall dan teknik pengujian adalah blackbox. Hasil dari pengujian aplikasi ini menyimpulkan bahwa fungsi yang diharapkan semuanya berhasil sesuai dengan keinginan.

 

Kata Kunci : Taksasi, Prediksi, Website

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

KAMARUDDIN TONE, UIN Alauddin Makassar
TEKNIK INFORMATIKA UIN Alauddin Makassar
NUR AFIF, UIN Alauddin Makassar
TEKNIK INFORMATIKA UIN Alauddin Makassar
RINALDI IHWAL A, UIN Alauddin Makassar
TEKNIK INFORMATIKA UIN Alauddin Makassar

References

Agustini. “Perancangan Ontologi Sebagai Meta Data Aplikasi Berbasis Web Semantik”. Skripsi. Palembang : Fakultas Ilmu Komputer Sistem Informasi Universitas Bina Darma, 2014.

Agusdar,.“Metode Pengembangan Sistem Waterfall” (online), https://agusdar.wordpress.com/2013/04/13/metode-pengembangan-sistem-waterfall/) diakses tanggal 10 Oktober 2018

Ardiana, Awalia. “Sistem Prediksi Penentuan Jenis Tanaman sayuran Berdasarkan Kondisi Musim Dengan Pendekatan Metode Trend Moment”. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/1477. (27 Oktober 2018).

Azmie. Pentingnya Pengujian Syistem. Az Jurnal. 2011

Basuki, A.W. Membangun web berbasis PHP dengan framework CodeIgniter Penerbit: Lokomedia, Yogyakarta. 2010

Hidayatullah, Priyanto, & Kawistara, Jauhari K. Pemrograman Web. Bandung : Informatika Bandung. 2015

Hidayat, Rahmat. Cara Praktis Membangun Website Gratis : Pengertian Website. Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kompas, Gramedia 2010

Published
2019-09-30
Section
Volume 4, Nomor 2, Oktober 2019
Abstract viewed = 1012 times