ANALISIS TRANSFORMATOR DAYA BERDASARKAN PENGUJIAN MINYAK TRAFO PADA RING MAIN UNIT (RMU) PSK 151 DI PT. PLN (PERSERO) UP3 CIKUPA

  • IRWANTO IRWANTO Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang-Banten
    (ID)
  • ROGA DINAR PRABUSTYA Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang-Banten
    (ID)

Abstract

Energi listrik yang digunakan setiap hari berasal dari suatu tempat yang biasa kita kenal sebagai pembangkit listrik, yang kemudian di salurkan ke konsumen. Proses penyaluran ini disebut Sistem Distribusi. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pengamatan langsung, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat bahwa distribusi primer adalah jaringan distribusi dari transmisi yang diturunkan tegangannya di gardu induk menjadi tegangan menengah dengan nominal 20KV yang biasa disebut jaringan teganagn menengah. Untuk distribusi sekunder yaitu jaringan distribusi dari gardu distribusi ke pelanggan dengan klasifikasi tengan rendah. Proses Distribusi ini dikerjakan oleh PT. PLN (Persero) UP3 Cikupa dengan ruang lingkup distribusi area cikupa dan sekitarnya.

 

Kata Kunci: Energi listrik, UP3 Cikupa, Main Unit, PSK 151

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

IRWANTO IRWANTO, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang-Banten
Pendidikan Vokasional Teknik Elektro
ROGA DINAR PRABUSTYA, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang-Banten
Pendidikan Vokasional Teknik Elektro

References

Choirur, R. O. P. (2015). Manajemen Gangguan Jaringan Distribusi 20 kV Kota Surabaya berbasis Geographic Infor-mation System (GIS) menggunakan Metode Algoritma Genetika. Jurnal Teknik ITS, B-52.

Dasman. (2017). Evaluasi Keandalan Sistem Distribusi 20 KV Menggunakan Metode Saidi dan Saifi di PT. PLN (PERSERO) Rayon Lubuk Alung Tahun 2015. Jurnal Teknik Elektro ITP, 171.

I Wayan Sudiartha, I. P. (2016). Manajemen Trafo Distribusi 20 KV Antar Gardu BL031 dan BL033 Penyulang Liligundi Dengan Menggunakan Simulasi Program Etap. Jurnal Logic, 166-168.

Jeandy, F. &. (2016). Analisa Gangguan Hubung Singkat Saluran Kabel Bawah Tanah Te-gangan 20 kV Penyulang SL 3 GI Teling Manado. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, 46-47.

PLN Operasi & Pemeliharaan Jaringan Distribusi. (1995).

Rochman, C. (2015). Manajemen Gangguan Jaringan Distribusi 20 kV Kota Surabaya berbasis Geographic Information System (GIS) menggunakan Metode Algoritma Genetika. Jurnal Teknik ITS, B-52.

Suhadi. (2008). Teknik Distribusi Tenaga Listrik. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK, Jakarta, Indonesia.

Suswanto, D. (2009). Sistem Distribusi Tenaga Listrik Jaringan Distribusi Bawah Tanah. Padang: Universitas Negeri Padang.

Syufrizal, R. M. (2014). Jaringan Distribusi Tenaga Listrik. Jakarta: Kementrian Pen-didikan Dasar Menengah dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Tanjung, A. (2012). Analisis Sistem Distribusi 20KV Untuk Memperbaiki Kinerja dan Keandalan Sistem Distribusi Menggunakan Electrical Transient Analisys Program. Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri (SNTIKI), 2-5.

Published
2020-09-20
Section
Volume 5, Nomor 2 Oktober Tahun 2020
Abstract viewed = 1414 times