APLIKASI PELAPORAN KERUSAKAN PERLENGKAPAN KANTOR MENGGUNAKAN METODE JSON MELALUI FUNGSI IP CAMERA

  • AGUS ALAMSYAH Politeknik Nusantara Makassar
    (ID)

Abstract

Pada Kantor Baruga Telkomsel bagian General Affair telah memanfaatkan teknologi komputer dalam pengolahan datanya meskipun belum maksimal, pemanfaatannya masih sebatas membuat laporan seperti pelaporan keadaan peralatan kantor yang terkadang mengalami masalah komunikasi karena tidak adanya gambaran kerusakan yang terjadi sehingga proses penanganannya sering mengalami keterlambatan. Aplikasi pelaporan kerusakan peralatan kantor ini dirancang dengan menggunakan metode JSON yang nantinya diharapkan dapat mengatasi masalah yang ada karena dapat membantu percepatan penanganan peralatan kantor. Metode JSON sendiri merupakan suatu format ringkas pertukaran data komputer yang formatnya berbasis teks dan terbaca oleh manusia serta dapat digunakan untuk merepresentasikan struktur data sederhana dan larik asosiatif. Aplikasi ini menggunakan fungsi IP Camera untuk melakukan streaming sehingga dapat melihat kerusakan peralatan kantor secara langsung.

 

Kata Kunci: IP Camera, JSON, Pelaporan Kerusakan Alat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

AGUS ALAMSYAH, Politeknik Nusantara Makassar

Prodi Keamanan Sistem Informasi

References

Achmad Solihin. 2010. MySQL 5 dari Pemula Hingga Mahir. Jakarta: Universitas Budi Luhur.

Agung, Gregorius. 2015. Mengenal Java dan Database dengan Netbeans. Yogyakarta: Gramedia.

Berry A.Y. Tampi, Meicsy E.I. Najoan, Alicia A.E. Sinsuw, Arie S.M. Lumenta. 2013. Implementasi Routing Pada IP Camera Untuk Monitoring Ruang di Universitas Sam Ratulangi, Vol. 3 No. 1. (ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/view/1721, diakses 31 maret 2016).

Douglas Crockford. 2012. Pengenalan Json, (Online) (http://www.json.org/json-id.html, diakses 31 maret 2016).

Mahmud Aryanto bin. 2010. Ip Camera dan Aplikasinya. Yogyakarta: Elex Media Komputindo.

Muhammad Ihsan Zul, Widyawan, Lukito Edi Nugroho. 2013, Jurnal, Arsitektur. Sistem Pemantau Rumah Berbasis WEB dengan Menggunakan IP Camera, Vol. 1 No. 1. (https://journal.pcr.ac.id/paper/ArsitekturSistemPemantauRumahBerbasisWEBdenganMenggunakanIPCamera.pdf, diakses 31 maret 2016).

Published
2020-09-25
Section
Volume 5, Nomor 2 Oktober Tahun 2020
Abstract viewed = 301 times