PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN PIRAMIDA HOLOGRAM UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DI SEKOLAH DASAR

  • ASYIFA IMANDA SEPTIANA Universitas Pendidikan Indonesia
    (ID)
  • DIAN ANGGRAINI Universitas Pendidikan Indonesia
    (ID)
  • INDIRA SYAWANODYA Universitas Pendidikan Indonesia
    (ID)

Abstract

Matematika selalu menjadi mata pelajaran yang paling dibenci oleh banyak siswa sekolah dasar. Asumsi ini harus dihilangkan oleh guru dengan strategi pengajarannya. Kreativitas guru merupakan salah satu hal terpenting dan harus didukung oleh media yang tepat. Metode yang digunakan untuk memproyeksikan objek hologram 3D adalah dengan menggabungkan layar LED dan reflektor holografik yang diusulkan. Reflektor hologram berbentuk piramida yang terbuat dari lembaran akrilik transparan digunakan untuk merekonstruksi objek hologram 3D dari empat gambar 2D dari monitor yang diletakkan di bawah reflektor hologram. Pergerakan tangan pengguna digunakan untuk mengontrol objek holografik 3D yang ditampilkan dan aliran multimedia pembelajaran. Konstruksi media holografik 3D interaktif ini dievaluasi dengan menggunakan angket Learning Object Review Instrument (LORI) versi 1.5.

Keyword: multimedia interaktif, hologram, teknologi pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

ASYIFA IMANDA SEPTIANA, Universitas Pendidikan Indonesia
Rekayasa Perangkat Lunak
DIAN ANGGRAINI, Universitas Pendidikan Indonesia
Rekayasa Perangkat Lunak
INDIRA SYAWANODYA, Universitas Pendidikan Indonesia
Rekayasa Perangkat Lunak

References

Arifah A. Riyanto, M. P. (2009) Kurikulum Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan , Pengembangan Serta Implementasinya, Universitas Pendidikan Indonesia.

Asyifa I. Septiana, Jionoo Mahfud, T. M. (2017) ‘Measuring Performance of Aerial Projection of 3D Hologram Object (3DHO)’, pp. 2081–2086.

Beydoğan, H. Ö. and Hayran, Z. (2015) ‘Çoklu Ortama Dayalı Öğrenmenin Öğrencilerin Kavram Öğrenme Düzeylerine Ve Tutumlarına Etkisi’, Egitim Arastirmalari - Eurasian Journal of Educational Research, (60), pp. 261–280. doi: 10.14689/ejer.2015.60.14.

Bovier, F. et al. (2017) ‘An Interactive 3D Holographic Pyramid for Museum Exhibition’, Proceedings - 12th International Conference on Signal Image Technology and Internet-Based Systems, SITIS 2016, pp. 428–434. doi: 10.1109/SITIS.2016.73.

Leacock, T. L. and Nesbit, J. C. (2007) ‘A Framework for Evaluating the Quality of Multimedia Learning Resources- Special Issue on “Quality Research for Learning, Education, and Training”’, Journal of Educational Technology & Society-, 10(2), p. 15. doi: 10.2307/jeductechsoci.10.2.44.

Loh Ngiik Hoon, S. S. B. S. (2019) ‘Learning Effectiveness of 3D Hologram Animation on Primary School Learners’, Journal of Visual Art and Design, 11(2), pp. 93–104. doi: 10.5614/j.vad.2019.11.2.2.

Ollesch, J. et al. (2018) ‘Teaching mathematics with multimedia-based representations-what about teachers ’ competencies ?’

Sawsan Nusir, Izzat Alsmadi, Mohammed Al-Kabi, F. S. and Abstract: (2012) ‘STUDYING THE IMPACT OF USING MULTIMEDIA INTERACTIVE PROGRAMS AT CHILDREN ABILITY TO LEARN BASIC MATH SKILLS’, Acta Didactica Napocensia, 5(2), pp. 17–32.

Siang, C. V. et al. (2018) ‘Interactive holographic application using augmented reality EduCard and 3D holographic pyramid for interactive and immersive learning’, 2017 IEEE Conference on e-Learning, e-Management and e-Services, IC3e 2017. IEEE, pp. 73–78. doi: 10.1109/IC3e.2017.8409241.

Published
2020-09-25
Section
Volume 5, Nomor 2 Oktober Tahun 2020
Abstract viewed = 566 times