IMPLEMENTASI DAN EVALUASI EFEKTIFITAS RUANGKULIAHKU.COM SEBAGAI TOOLS MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING

  • INDAH PURWITASARI IHSAN Universitas Fajar
    (ID)
  • IRHAM PRATAMA Universitas Fajar
    (ID)
  • MUH SAKIR Universitas Fajar
    (ID)
  • FARIDA YUSUF Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Masa pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak perubahan yang terjadi, salah satu dampak perubahannya adalah proses pembelajaran harus dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengimplementasikan ruangkuliahku.com sebagai alat bantu (tools) model pembelajaran e-learning serta melakukan evaluasi efektifitasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan. Metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Hasil dari pengujian fungsionalitas yang dilakukan sebanyak 5 kali menyatakan bahwa semua fungsi bisa digunakan dengan baik, dengan persentase keberhasilan sebesar 100%. Hasil pengujian user interface dan konten menunjukkan tingkat kelayakan 100%. Evaluasi efektifitas penggunaan ruangkuliahku.com sebagai tools model pembelajaran e-learning dilakukan oleh pengguna sistem. dari hasil evaluasi menyatakan persentase rata-rata tingkat efektifitas ruangkuliahku.com sebagai tools model pembelajaran e-learning adalah sebesar 97,59%.

 

 Kata-kunci: e-learning, ,pandemic_Covid-19, ruangkuliahku.com

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

INDAH PURWITASARI IHSAN, Universitas Fajar
Teknik Elektro,Fakultas Teknik, Universitas Fajar
IRHAM PRATAMA, Universitas Fajar
Teknik Kimia,Fakultas Teknik, Universitas Fajar
MUH SAKIR, Universitas Fajar
Teknik Elektro,Fakultas Teknik, Universitas Fajar
FARIDA YUSUF, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Studi Sistem Informasi,Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Blokdyk G.2020.System Requirements Specification A Complete Guide - 2020 Edition. Emereo Pty Limited

Dian W.Makmur R.2017.E-Learning Teori dan Aplikasi.Penerbit Informatika. Bandung.

Hartatik.2017.Pengembangan Aplikasi E-Learning Sekolah Menengah Atas. Jurnal SIMETRIS, Vol 8 No 2 November 2017.Jawa Tengah

https://www.who.int/indonesia, diakses pada tanggal 29 april 2020

Imam W.Mukminan.2018.Pengembangan E-Learning Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol. 5, No. 1 April 2018. Yogyakarta.

Isa B.Purwanto R.2018. Aplikasi Pembelajaran (E-learning) Mengenal Huruf Hijaiyah bagi Anak-anak Berbasis Mobile untuk Mendukung Pembelajaran Secara Mandiri.Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika Vol.4 No. 2. Jawa Tengah.

Keputusan Presiden (KEPPRES) tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). 2019. (https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/134544/keppresno-7-tahun-2020, diakses pada tanggal 29 april 2020)

Radha,R. 2020. E-Learning during Lockdown of Covid-19 Pandemic: A Global Perspective. International Journal of Control and Automation Vol. 13, No. 4, (2020), hal.1088-1099.

Syahriningsih.2019. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Di SMA Negeri 1 Makassar. Artikel penelitian Universitas negeri Makassar Februari 2019. Makassar. (http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12220, diakses tanggal 10 Agustus 2019)

Utami FH. Asnawati.2015.Rekayasa Perangkat Lunak.Deepublish.Yogyakarta.

Wardimansyah R.2018.Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Kuliah Pengembangan Teknologi Pendidikan Islam”. Artikel penelitian Universitas negeri Makassar Februari 2019. Makassar.(http://eprints.unm.ac.id/10975/1/ARTIKEL%20PENELITIAN.pdf, diakses tanggal 10 Agustus 2019)

Woldeab D.Thomas B. 2019. 21st Century Assessment: Online Proctoring,Test Anxiety, and Student Performance. International Journal of E-Learning & DistanceEducation, Vol. 34 No.1(2019). (http://www.ijede.ca/index.php/jde/article/view/1106, diakses pada tanggal 29 april 2020)

Published
2020-09-30
Section
Volume 5, Nomor 2 Oktober Tahun 2020
Abstract viewed = 210 times