IMPLEMENTASI DAN EVALUASI EFEKTIFITAS RUANGKULIAHKU.COM SEBAGAI TOOLS MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING
Abstract
Masa pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak perubahan yang terjadi, salah satu dampak perubahannya adalah proses pembelajaran harus dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengimplementasikan ruangkuliahku.com sebagai alat bantu (tools) model pembelajaran e-learning serta melakukan evaluasi efektifitasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan. Metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Hasil dari pengujian fungsionalitas yang dilakukan sebanyak 5 kali menyatakan bahwa semua fungsi bisa digunakan dengan baik, dengan persentase keberhasilan sebesar 100%. Hasil pengujian user interface dan konten menunjukkan tingkat kelayakan 100%. Evaluasi efektifitas penggunaan ruangkuliahku.com sebagai tools model pembelajaran e-learning dilakukan oleh pengguna sistem. dari hasil evaluasi menyatakan persentase rata-rata tingkat efektifitas ruangkuliahku.com sebagai tools model pembelajaran e-learning adalah sebesar 97,59%.
Kata-kunci: e-learning, ,pandemic_Covid-19, ruangkuliahku.com
Downloads
References
Blokdyk G.2020.System Requirements Specification A Complete Guide - 2020 Edition. Emereo Pty Limited
Dian W.Makmur R.2017.E-Learning Teori dan Aplikasi.Penerbit Informatika. Bandung.
Hartatik.2017.Pengembangan Aplikasi E-Learning Sekolah Menengah Atas. Jurnal SIMETRIS, Vol 8 No 2 November 2017.Jawa Tengah
https://www.who.int/indonesia, diakses pada tanggal 29 april 2020
Imam W.Mukminan.2018.Pengembangan E-Learning Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol. 5, No. 1 April 2018. Yogyakarta.
Isa B.Purwanto R.2018. Aplikasi Pembelajaran (E-learning) Mengenal Huruf Hijaiyah bagi Anak-anak Berbasis Mobile untuk Mendukung Pembelajaran Secara Mandiri.Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika Vol.4 No. 2. Jawa Tengah.
Keputusan Presiden (KEPPRES) tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). 2019. (https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/134544/keppresno-7-tahun-2020, diakses pada tanggal 29 april 2020)
Radha,R. 2020. E-Learning during Lockdown of Covid-19 Pandemic: A Global Perspective. International Journal of Control and Automation Vol. 13, No. 4, (2020), hal.1088-1099.
Syahriningsih.2019. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Di SMA Negeri 1 Makassar. Artikel penelitian Universitas negeri Makassar Februari 2019. Makassar. (http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12220, diakses tanggal 10 Agustus 2019)
Utami FH. Asnawati.2015.Rekayasa Perangkat Lunak.Deepublish.Yogyakarta.
Wardimansyah R.2018.Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Kuliah Pengembangan Teknologi Pendidikan Islam”. Artikel penelitian Universitas negeri Makassar Februari 2019. Makassar.(http://eprints.unm.ac.id/10975/1/ARTIKEL%20PENELITIAN.pdf, diakses tanggal 10 Agustus 2019)
Woldeab D.Thomas B. 2019. 21st Century Assessment: Online Proctoring,Test Anxiety, and Student Performance. International Journal of E-Learning & DistanceEducation, Vol. 34 No.1(2019). (http://www.ijede.ca/index.php/jde/article/view/1106, diakses pada tanggal 29 april 2020)
Copyright (c) 2020 INDAH PURWITASARI IHSAN, IRHAM PRATAMA, MUH SAKIR, FARIDA YUSUF
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.