PENGGUNAAN JARINGAN SENSOR UNTUK MEMONITORING KERETAKAN PADA BANGUNAN BERBASIS INTERNET OF THINGS

  • MUHAMMAD ASRI Universitas Ichsan Gorontalo
    (ID)
  • ST. HAISAH Universitas Ichsan Gorontalo
    (ID)
  • STEPHAN A. HULUKATI Universitas Ichsan Gorontalo
    (ID)

Abstract

Keretakan pada bangunan sering diakibatkan oleh getaran gempa bumi yang menghasilkan regangan pada bangunan yang menghasilkan kerusakan serius pada bangunan dan bisa membahayakan manusia. Maka dirancanglah sebuah sistem monitoring kerusakan bangunan berkonsep Internet of Things (IoT) dengan menggunakan dua buah perangkat Sensor Getaran (Vibration) yang masing-masing terhubung ke Mikrokontroler Arduino sebagai pengontrol penyalaan LED notifikasi level getaran dan ke NodeMCU sebagai pengirim informasi nilai atau level getaran ke Komputer (ThingSpeak) secara realtime melalui jaringan Internet dan Purwarupa bangunan dengan komposisi bahan sesuai standar sebagai bahan pengujian. Pada pengujian, sistem mengontrol level penyalaan dua warna LED jika nilai getaran yang diterima melebihi nilai tertinggi dari masing-masing warna yang ditentukan, makin tinggi nilai sebuah getaran maka makin tinggi pula regangan yang dihasilkan pada bangunan. Proses monitoring melalui sistem IoT menampilkan visualisasi nilai besaran getaran di Komputer (ThingSpeak).

 

Keywords : Sensor Getaran, Keretakan, Internet of Things

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

MUHAMMAD ASRI, Universitas Ichsan Gorontalo
Teknik Elektro
ST. HAISAH, Universitas Ichsan Gorontalo
Teknik Arsitektur
STEPHAN A. HULUKATI, Universitas Ichsan Gorontalo
Teknik Elektro

References

Ariyanto, A. S. (2020). Analisis Jenis Kerusakan Pada Bangunan Gedung Bertingkat ( Studi Kasus pada Gedung Apartemen dan Hotel Candiland Semarang ). Bangun Rekaprima, 06(01), 45–57.

Cook, G. K., & Hinks, D. A. J. (1992). Appraising Building Defects: Perspectives on Stability and Hygrothermal Performance. United Kingdom: Longman Scientific and Technical.

Najmurrokhman, A., Wibowo, B. H., & Abdillah, A. (2016). Perancangan Sistem Monitoring Kondisi Gedung Menggunakan Konsep Wireless Sensor Network. Seminar Nasional Teknologi Dan Sains (SNTS) II, 23–24. https://doi.org/10.31227/osf.io/apnm4

Nurfitriani, Pasau, G., & Raharjo, S. S. (2014). Identifikasi Sesar di Wilayah Gorontalo dengan Analisis Mekanisme Bola Fokus. Jurnal MIPA, 3(1), 40. https://doi.org/10.35799/jm.3.1.2014.3905

Nuswantoro, W., & Raya, U. P. (2018). Artikel Jurnal ANALISIS JENIS KERUSAKAN PADA BANGUNAN PERUMAHAN oleh Waluyo Nuswantoro. Jurnal Teknik Industri Terintegrasi (JUTIN), 1(2), 58–68.

Saputra, J. F., Rosmiati, M., & Sari, M. I. (2018). Pembangunan Prototype Sistem Monitoring Getaran Gempa Menggunakan Sensor Module SW-420. E-Proceeding of Applied Science, 4(3), 2055–2068.

Published
2021-01-16
Section
Volume 6, Nomor 1, April Tahun 2021
Abstract viewed = 517 times