IMPLEMENTASI METODE AHP DAN MOORA UNTUK PEMERINGKATAN EMARKETPLACE INDONESIA TAHUN 2020 KUARTAL KEDUA

  • ERA YUNIANTO STMIK Widya Pratama, Pekalongan, Indonesia
    (ID)
  • ARI PUTRA WIBOWO STMIK Widya Pratama, Pekalongan, Indonesia
    (ID)

Abstract

Banyak pelaku usaha telah memanfaatkan emarketplace. Pemilihan emarketplace yang tepat sangat berpengaruh terhadap profitabilitas bisnis. Dalam penelitian ini akan melakukan pemeringkatan emarketplace di Indonesia tahun 2020 kuartal kedua menggunakan metode AHP dan MOORA. Metode AHP digunakan untuk pembobotan kriteria, sedangkan metode MOORA digunakan untuk pemeringkatan alternatif. Dari hasil analisis data diperoleh bobot kriteria kualitas pelayanan (38,6%), bobot kualitas sistem (21%), bobot kualitas informasi (31,4%) dan bobot kualitas vendor (9,1%). Dari hasil pemeringkatan diperoleh nilai kinerja Shopee adalah 0,618, nilai kinerja Tokopedia adalah 0,568, dan nilai kinerja bukalapak adalah 0,542. dari nilai kinerja dapat disimpulkan bahwa Shopee merupakan alternatif terbaik dalam pemeringkatan emarketplace di Indonesia tahun 2020 kuartal kedua menggunakan metode AHP dan MOORA. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi bagi para pelaku usaha dalam memilih emarketplace sehingga berdampak terhadap profitabilitas bisnis.

 

Kata Kunci: AHP, emarketplace, MOORA.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

ERA YUNIANTO, STMIK Widya Pratama, Pekalongan, Indonesia
Sistem Informasi
ARI PUTRA WIBOWO, STMIK Widya Pratama, Pekalongan, Indonesia
Teknik Informatika

References

Alptekin, N., Hall, E. E., & Sevim, N. (2015). Evaluation Of Websites Quality Using Fuzzy Topsis Method. International Journal Of Academic Research In Business And Social Sciences, 5(8), 221–242.

Aydin, S., & Kahraman, C. (2012). Evaluation Of E-Commerce Website Quality Using Fuzzy Multi-Criteria Decision Making Approach. Iaeng International Journal Of Computer Science, 39(1).

Ayhan, M. B. (2013). A Fuzzy Ahp Approach For Supplier Selection Problem: A Case Study In A Gear Motor Company. Arxiv Preprint Arxiv:1311.2886.

Brauers, W. K. M. (2008). Multi-Objective Contractor’s Ranking By Applying The Moora Method. Journal Of Business Economics And Management, 4, 245–255.

Brauers, W. K. M., & Zavadskas, E. K. (2012). Robustness Of Multimoora: A Method For Multi-Objective Optimization. Informatica, 23(1), 1–25.

Iprice. (2017). State Of Ecommerce Asia Tenggara 2017. Iprice. Https://Iprice.Co.Id/Insights/Stateofecommerce2017/

Iprice. (2020). Peta E‑Commerce Indonesia. Iprice. Https://Iprice.Co.Id/Insights/Mapofecommerce/

Kundakcı, N. (2019). Selection Of Maintenance Strategy For A Manufacturing Company With Fuzzy Moora Method. 2nd International Conference On Business, Management & Economics.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., & Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy Madm). Yogyakarta: Graha Ilmu, 78–79.

Liu, Y., & Kwon, Y. (2007). A Fuzzy Ahp Approach To Evaluating E-Commerce Websites. 5th Acis International Conference On Software Engineering Research, Management & Applications (Sera 2007), 114–124.

Mandal, U. K., & Sarkar, B. (2012). Selection Of Best Intelligent Manufacturing System (Ims) Under Fuzzy Moora Conflicting Mcdm Environment. International Journal Of Emerging Technology And Advanced Engineering, 2(9), 301–310.

Ningsih, S. R., Hartama, D., Windarto, A. P., & Irawan, E. (2018). Analisa Metode Moora Dalam Menentukan E-Commerce Terbaik Berdasarkan Konsumen. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Dan Ilmu Komputer, 317–322. Http://Jurnal.Unprimdn.Ac.Id/Index.Php/Isbn/Article/View/199/152

Rahmanita, E., Prastiti, N., & Jazari, I. (2018). Penggunaan Metode Ahp Dan Fahp Dalam Pengukuran Kualitas Keamanan Website E-Commerce. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 371–380.

Rouyendegh, B. D., Topuz, K., Dag, A., & Oztekin, A. (2019). An Ahp-Ift Integrated Model For Performance Evaluation Of E-Commerce Web Sites. Information Systems Frontiers, 21(6), 1345–1355.

Saaty, T. L. (2004). Decision Making—The Analytic Hierarchy And Network Processes (Ahp/Anp). Journal Of Systems Science And Systems Engineering, 13(1), 1–35.

Saaty, T. L. (2008). Decision Making With The Analytic Hierarchy Process. International Journal Of Services Sciences, 1(1), 83–98.

Setiyadi, A., & Agustia, R. D. (2018). Penerapan Metode Ahp Dalam Memilih Marketplace E-Commerce Berdasarkan Software Quality And Evaluation Iso/Iec 9126-4 Untuk Umkm. Ikra-Ith Informatika: Jurnal Komputer Dan Informatika, 2(3), 61–70.

Sulistyorini, P., Royanti, N. I., & Yunianto, E. (2019). Pengaruh Adopsi E-Commerce Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Pedagang Batik Di Pasar Grosir Setono). Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 7.

Taryadi, T., Yunianto, E., & Royani, N. I. (2015). Analisis Tingkat Kesiapan Adopsi E-Marketplace Umkm Batik Di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 8.

Vatansever, K., & Akgul, Y. (2014). Applying Fuzzy Analytic Hierarchy Process For Evaluating Service Quality Of Private Shopping Website Quality: A Case Study In Turkey. Journal Of Business Economics And Finance, 3(3), 283–301.

Wibowo, A. P., & Yunianto, E. (2019). Pemilihan Emarketplace Dengan Metode Fuzzy Ahp-Vikor. Ic-Tech, 14(2).

Yu, X., Guo, S., Guo, J., & Huang, X. (2011). Rank B2c E-Commerce Websites In E-Alliance Based On Ahp And Fuzzy Topsis. Expert Systems With Applications, 38(4), 3550–3557.

Yunianto, E. (2017). Evaluasi Kualitas Web E-Commerce Indonesia Oleh Umkm Batik Kota Pekalongan Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Ahp. Sens 3, 1(1).

Yunianto, E. (2019). Pemilihan Ecommerce C2c Indonesia Dengan Metode Fuzzy Vikor. Ic-Tech, 14(1).

Yunianto, E., & Siregar, D. J. S. H. (2020). Pemilihan Emarketplace Di Indonesia Pada Kuartal Pertama Tahun 2020 Menggunakan Metode Fuzzy Moora. Ic-Tech, 15(1).

Published
2021-01-19
Section
Volume 6, Nomor 1, April Tahun 2021
Abstract viewed = 934 times