PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 TILATANG KAMANG
Abstract
Perancangan media pembelajaran bertujuan sebagai sarana peserta didik untuk menambah pemahaman terhadap materi serta dapat mengulang pembelajaran matematika di rumah. Perancangan media pembelajaran pada mata pelajaran matematika ini menggunakan software Articulate Storyline 3. Penelitian ini merupakan Research and Development yang terdiri dari 5 langkah (ADDIE) yakni analyze, design, development, implementation, dan evaluate. Hasil uji produk menunjukkan bahwa (1) uji validitas tergolong valid dengan nilai 0,89; (2) uji praktikalitas tergolong sangat praktis dengan nilai 0,87; (3) hasil uji efektifitas tergolong sangat efektif dengan nilai 0,83. Berdasarkan uji produk, maka media pembelajaran dinilai layak serta dapat dimanfaatkan pada mata pelajaran matematika.
Kata kunci: Articulate Storyline 3, matematika, media pembelajaran, perancangan.
Downloads
References
Azhar, “Manusia Dan Sains Dalam Perspektif Al-Quran,” Lantanida J., vol. 4, no. 1, p. 72, 2017.
P. Wahana, Filsafat Islam. Yogyakarta, 2016.
S. Sutirna, Buku landasan kependidikan. Karawang, 2019.
T. Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” J. Komun. Pendidik., vol. 2, no. 2, p. 103, 2018.
W. Wibawanto, Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interraktif. Jawa Timur, 2017.
R. A. Pratama, “Al Barik ( Tutorial Gambar Grafik ): Suatu Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2,” vol. 8, no. 2, 2018.
H. A. Musril and Jasmienti, “Implementasi Teknologi Virtual Reality pada Media Pembelajaran Perakitan Komputer,” vol. 9, pp. 83–95, 2020.
H. Rafmana and U. Chotimah, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Motivasi SMA Sriwijaya Negara Palembang,” Bhinneka Tunggal Ika, vol. 5, pp. 52–65.
M. R. Sumiharsonno and H. Hasanah, “Media Pembelajaran.” Jawa Timur, 2017.
R. Okra, “Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan,” vol. 4, no. 2, 2019.
Nur Khomarudin, L. Efriyanti, and T. Muhammad, “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Mata Kuliah Kecerdasan Bbuatan,” J. Educ. Stud., vol. 3, no. 1, 2018.
T. Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Misykat, vol. 03, pp. 171–187, 2018.
Darnawati, Jamiludin, L. Batia, Irawaty, and Salim, “Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Articulate Storyline,” Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, 2019.
N. Khusnah, S. Sulasteri, and F. Nur, “Pengembangan media pembelajaran jimat menggunakan articulate storyline,” Analisa, vol. 6, no. 2, pp. 197–208, 2020.
S. Mallu and Samsuriah, “Implementasi Articulate Storyline Dalam Pembuatan Bahan Ajar Digital pada STMIK Profesional Makassar,” Pros. Semin. Nas. Tek. Elektro dan Inform., pp. 7–9, 2020.
Kamarullah, “Pendidikan Matematika di Sekolah Kita,” vol. 1, no. 1, pp. 21–32, 2017.
Hanafi, “Konsep Penelitian R & D dalam Bidang Pendidikan,” Kaji. Keislam., no. 1989, pp. 129–150, 2017.
H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad dan Angka,” Indones. J. Comput. Inf. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 26–31, 2018.
Hendryadi, “Validitas isi : Tahap Awal Pengembangan Kuesioner,” vol. 2, no. 2, pp. 169–178, 2017.
M. Ikhbal and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android,” vol. 5, no. 1, pp. 15–24, 2020.
S. Afrianti and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 di SMA Muhammadiyah Padang Panjang,” vol. 6, no. 2, pp. 2–7, 2020.
C. Evy Tri Widyahening, “Penggunaan Teknik Pembelajaran Fishbone Diagram,” Komun. Pendidik., vol. 2, pp. 11–19, 2018.
A. Hadi Elyas, “Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran,” Warta, no. April, 2018.
Copyright (c) 2022 ELSA PUTRI MUSLIM, LIZA EFRIYANTI, SUPRIADI SUPRIADI, HARI ANTONI MUSRIL
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.