SISTEM KONTROL KECEPATAN MOTOR 3 FHASA DENGAN SMART RELAY ZELIO DAN INVERTER ALTIVAR

  • WIDYA WISANTI Program Studi Teknik Elektro Universitas Sawerigading Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi akan kebutuhan peralatan produksi untuk dapat meningkatkan efisiensi waktu dan biaya sehingga diperlukan pengontrol untuk motor listrik tiga fhasa. dengan tujuan mengatur kecepatan dan frekuensi motor listrik sesuai kebutuhan pengguna dengan menggunakan inverter altivar. Mengatur kecepatan suatu motor listrik dapat dilakukan dengan pengaturan frekuensi pada menu setting di inverter altivar. Dan untuk pengendaliannya menggunakan smart relay zelio sebagai pengontrol interver altivar.

 

Kata kunci : motor listrik tiga fhasa, inverter altivar, kecepatan motor

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

WIDYA WISANTI, Program Studi Teknik Elektro Universitas Sawerigading Makassar

Program Studi Teknik Elektro Universitas Sawerigading Makassar

References

Abdillah, Marigono. 2018. Pengendalian Motor Listrik Dengan PLC (Zelio Smart Relay), Pontianak : Yayasan Kemajuan Teknik.

Aripriharta. 2016. Smart Relay dan Aplikasinya. Yogyakarta : Graha Ilmu. Hal 2.

Abdullah, Azmi dan Iswadi Hasyim Rosma, 2018. Proeksi Panas Lebih Pada Generator Berbasiskan Smart Relay. Jom FTEKNIK 5(1) : 1-5.

F. Nugroho W, M. Facta dan T. Sukmadi. 2015. Perancangan Modul dan Perbandingan Metode Startimh dan Pengaturan Kecepatan Motor Induksi 3 Fasa. Transient, vol 4, no. 1, pp 58-68.

Mochammad Rusli. 2012. Pengantar Analisis dan Desain Programmable Logic Controller. Malang : Universitas Brawijaya Press (UB Press). Hal 87-113.

Djoko Laras Budiyo Taruno, Zamtinah dan Alex Sandria Jaya Wardhana. 2019. Instalasi Listrik Industri. Yogyakarta : UNY Press. Hal 45-50.

Muhammad Naim, ST., MT. 2021. Sistem Kontrol dan Kelistrikan Mesin. Pekalongan : PT. Nesya Expanding Management. Hal 150-164.

Published
2022-02-01
Section
Volume 7, Nomor 1 April, Tahun 2022
Abstract viewed = 422 times