SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MEMILIH PEMASOK KOPI DENGAN METODE SMART PADA COFFEE SHOP ABC PONOROGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendukung keputusan tentang pemilihan pemasok kopi pada Coffee Shop. Model sistem pendukung keputusan yang digunakan adalah SMART (Simple Multi Atribut Technique) yang mampu untuk menghitung hal- hal yang bersifat kuantitatif dan kualitatif terutama dalam menghitung bobot dari masing masing kriteria. Kriteria yang diterapkan diantara lain harga, kualitas, waktu kirim, biaya kirim, warna, lama pasca panen. Sistem pendukung keputusan ini memberikan rekomendasi pemasok yang terbaik sesuai dengan kriteria yang ditetapkan sehingga bisa membantu pelaku bisnis Coffee Shop dalam menentukan pemasok kopi.
Kata Kunci : Coffee Shop, SMART (Simple Multi Atribut Rating Technique), Sistem Pendukung Keputusan
Downloads
References
Maulana, R., Suryani, N., Buani, D. C. P. 2021. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Alat Kontrasepsi Terbaik Menggunakan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) bagi Keluarga Bencana. Jurnal Sains dan Manajemen. Volume (9). 52-59.
Narti., Sriyadi., Rahmayani, N., Syarif., M. 2019. Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah dengan Metode AHP. Jurnal Informatika. Volume (6). 143-150.
Syahputra, T., Yetri, M., Armaya, S.D. 2017. Sistem Pengambilan Keputusan Dalam Menentukan Kualitas Pemasukan Pangan Segar Metode SMART. JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi). Volume (IV):7-12.
Syafar, Muhammad. A 2018. Sistem Pengambilan Keputusan Memilih Program Studi di UIN Alauddin Berbasis Web dengan Metode Analytic Heirarcy Process (AHP). INSTEK (Informatika dan Sains Teknologi). Volume (3):309-318.