PENGEMBANGAN MEDIA TRAINER INTERNET OF THINGS (IOT) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

  • TITIN WAHYUNI Informatika, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • RIZKI YUSLIANA BAKTI Informatika, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • LUKMAN ANAS Informatika, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • RIDWANG Teknik Elektro, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • AHMAD RISAL Informatika, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • ANDI AGUNG DWI ARYA BULU Informatika, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)

Abstract

Era perubahan teknologi telah merambah pada era revolusi industri 4.0, Sekolah Menengah Kejuruan sebagai lembaga pendidikan harus melakukan peningkatan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan daya saing lulusan di era revolusi industri 4.0.Internet of Things (IoT) adalah kajian ilmu yang sangat penting dalam era revolusi industri 4.0 sehingga diangkatlah kajian penelitian yang yang bertujuan mengembangan media trainer untuk mendukung sebuah pembelajarandi Sekolah Menengah Kujuruan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilah trainer internet of things yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media pendukung pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Metode pendelitian adalah Research and Development (R&D) dengan desain pengembangan mengacu pada model PIE dengan tiga tahapan yaitu (1) Persiapan, (2) Pelaksanaan, (3) Evaluasi. Hasil penelitian ini diharapakan dapat menghasilkan media trainer IoT yang valid/layak untuk digunakan serta praktis dan efisien dalam penggunaanya.

 

Kata Kunci: IoT, Media, Trainer, Teknologi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

TITIN WAHYUNI, Informatika, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar

Informatika, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar

RIZKI YUSLIANA BAKTI, Informatika, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar

Informatika, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar

LUKMAN ANAS, Informatika, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar

Informatika, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar

RIDWANG, Teknik Elektro, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar

Teknik Elektro, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar

AHMAD RISAL, Informatika, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar

Informatika, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar

ANDI AGUNG DWI ARYA BULU, Informatika, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar

Informatika, Teknik, Universitas Muhammadiyah Makassar

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya. Akmal. (2019). Lebih dekat dengan Industri 4.0. Deepublish.
Amin, M. M. (2017). Strategi implementasi Revitalisasi SMK: 10 langkah Revitalisasi SMK [Monograph].
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Gasong, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Deepublish.
Jumiati, S. M., & Akmalia, D. (2011). Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model numbereds heads together (NHT) pada materi gerak tumbuhan di kelas VIII SMP sei putih kampar. Tersedia secara online di: https://www. unilak. ac. id/media/file/73452042508Martalasari-jumiati-dian. pdf [diakses di Bandung, Indonesia: 12 Oktober 2016].
Zhang, F. Wang, R. Burgos, and D. Boroyevich, "Common mode circulating current control of interleaved three-phase two-level voltage-source converters with discontinuous space-vector modulation," in 2009 IEEE Energy Conversion Congress and Exposition. IEEE, 2009, pp. 2801-2807.
Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Published
2022-04-30
Section
Volume 7 Nomor 1 April Tahun 2022
Abstract viewed = 478 times