APLIKASI PEMBELAJARAN MATA KULIAH EMBEDDED SYSTEM BERBASIS MOBILE AUGMENTED REALITY (MAR)
Abstract
Teknologi Mobile Augmented Reality (MAR) merupakan teknologi digital dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini bertujuan adalah (1) merancang suatu aplikasi yang berbasis MAR untuk dapat digunakan pada pembelajaran Embedded System; dan (2) mengetahui respon mahasiswa terhadap aplikasi pembelajaran yang telah dibuat. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research & Development (R&D). Subjek penelitian melibatkan Dosen dan 16 orang mahasiswa sebagai pengguna. Pengujian aplikasi menggunakan metode pengujian black box dan kuesioner respon pengguna. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Aplikasi Pembelajaran Embedded System berbasis MAR yang telah dibuat memilki empat menu utama yaitu Start, Arduino, Interface, dan Video. Berdasarkan hasil pengujian black box diketahui bahwa kualitas aplikasi yang dibuat telah sesuai dengan program yang diberikan; (2) Respon mahasiswa terhadap aplikasi pembelajaran yang telah dibuat diperoleh respon yang positif. Pada indikator kemudahan penggunaan diperoleh nilai presentasi sebesar 88% sedangkan pada indikator membantu proses pembelajaran diperoleh nilai presentasi sebesar 90%.
Downloads
References
Budiana, H. R. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 4(1), 59–62.
Iswanto, Putri, N. I., Widhiantoro, D., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2022). Pemanfaatan Metaverse Di Bidang Pendidikan. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, 9(1), 44–52.
Kusumah, H., & Pradana, R. A. (2019). Penerapan Trainer Interfacing Mikrokontroler Dan Internet of Things Berbasis Esp32 Pada Mata Kuliah Interfacing. Journal CERITA, 5(2), 120–134. https://doi.org/10.33050/cerita.v5i2.237
Mukhlisin, Hamsu, A. G., Purnamawati, & Muhammad, U. (2022). Rancang Bangun Media Pembelajaran Mikrokontroller Berbasis Augmented Reality (AR). Journal of Electrical Engineering, 3(1), 125–129.
Mukhlisin, M., Gani, H. A., & Purnamawati, P. (2022). The Overview of Needs Analysis for Development Learning Model Based on Digital in Vocational Education. Proceedings of the 1st World Conference on Social and Humanities Research (W-SHARE 2021), 654, 105–108. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220402.023
Mustaqim, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48.
Ningrum, F. C., Suherman, D., Aryanti, S., Prasetya, H. A., & Saifudin, A. (2019). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 4(4), 125. https://doi.org/10.32493/informatika.v4i4.3782
Rosa, A. S., & Salahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak (4th ed.). Informatika Bandung.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114