PEMANFAATAN SOFTWARE SIMULATOR BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS ERA NEW NORMAL
Abstract
Pembelajaran tatap muka terbatas di SMK sebagai dampak belajar dari rumah mengubah kebiasaan belajar peserta didik menjadi belajar dengan memanfaatkan smartphone. Penyelesaian materi Pemrograman Dasar membutuhkan software simulasi untuk menulis, memeriksa dan menjalankan program, yang mana tentunya lebih praktis jika berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pemanfaatan software simulator Pascal N-IDE berbasis android pada pembelajaran tatap muka terbatas era new normal pada peserta didik Kompetensi Keahlian TKJ, UPT SMK Negeri 5 Sidrap. Hasil penelitian menyatakan praktikum Pemrograman Dasar terlaksana dengan baik berdasarkan hasil observasi kegiatan belajar menggunakan simulator berbasis android. Peserta didik lebih aktif dalam menyelesaikan project dengan tepat waktu dan benar. Hal ini berimplikasi pada pengalaman pembelajaran yang lebih baik menggunakan simulator Pascal N-IDE berbasis android.
Downloads
References
Bagus Prasetyo, W. (2021). Kemdikbudristek: 407.000 Sekolah dan 56 Juta Siswa Terdampak Pandemi. beritasatu.com. https://www.beritasatu.com/nasional/769773/kemdikbudristek-407000-sekolah-dan-56-juta-siswa-terdampak-pandemi
Crookes, J. G., Balmer, D. W., Chew, S. T., & Paul, R. J. (1986). A Three-Phase Simulation System Written in Pascal. The Journal of the Operational Research Society, 37(6), 603. https://doi.org/10.2307/2582587
Java, M. I., & Putra, R. E. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Drone Simulator Berbasis Android Menggunakan Game Engine Unity. 01, 8.
Kemdikbud, K. (2020, May 29). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
Kemendikbud, K. (2021, December 22). Keputusan Bersama 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/12/keputusan-bersama-4-menteri-tentang-panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19
Kim, D., Rueckert, D., Kim, D.-J., & Seo, D. (2013). Students’ Perceptions and Experiences Of Mobile Learning. IALLT Journal of Language Learning Technologies, 17(2), 57–73. https://doi.org/10.17161/iallt.v43i2.8528
Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. 13.
Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915