SISTEM PENGISIAN VOUCHER LISTRIK JARAK JAUH VIA SMS BERBASIS MIKROKONTROLLER

  • A. Muhammad Syafar UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini menitikberatkan pada Sistem kWH digital (prabayar) dengan fungsi pengontrol jarak jauh via sms. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu alat dalam sistem pengisian voucher listrik jarak jauh via sms berbasis mikrokonroller pada Kwh digital.  Sistem pengisian voucher listrik jarak jauh ini adalah sistem yang dirancang untuk mempermudah pengisian voucer listrik dimanapun dan kapanpun.Sistem ini dibangun menggunakan SIM 800 untuk menerima sms berupa kode voucer listrik. Servo dan stepper di gunakan untuk menekan angka digit voucher pada kWH meter digital. Mikrokontroller yang digunakan adalah Ardiuno Uno sebagai kontrol utama sistem. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif yang dilakukan adalah metode penelitian eksperimental. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, studi literatur, dan wawancara. Teknik pengujian yang digunakan adalah Black Box. Hasil penelitian ini adalah sebuah alat yang dapat mengisi voucher listrik jarak jauh menggunakan sms.

 

Kata kunci:KWH Digital,SMS, SIM800, Servo,Stepper, dan Ardiuno Uno

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anung Bastiyan Nugroho Kamtomi,”Perancangan Sistem Pengisian PulsaListrik Berbasis Mobile”.Jurnal Mikrokontroler Vol II, No.3 Hal. 3(2010).

Andrianto, Heri, Pemrograman Milrokontroler AVR Atmega16 menggunakan Bahasa C (Code Vision AVR) Edisi Revisi, Bandung: Informatika.

Bishop, Owen. Dasar–dasarElektronika.Terjemahan Electronics a first course. Penerbit PT. GeloraAksaraPratama. Jakarta, 2014

Chandra M Napitupulu, “Perancangan Dan Pengendalian Kwh Meter Prabayar Berbasis Mikrokontroller Atmega8535 Melalui Telpon Seluler”, Skripsi (Sumatra Utara: Fak. Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2011), h.29.

Heribertus Himawan, Adrin T,“ Rancangan Jaringan Sistem Mobile Pulsa Listrik Prabayar”. Jurnal digital, GSM, meteran,sms Vol 3, No..Hal 6-7. 2009.

Istiyanto J. E dan Efendy Y, “Rancangan Dan Implementasi Prototipe Sistem Kendali Jarak Jauh Berbasis AT89C52 Dan Layanan SMS GSM”, Jurnal ILMU DASAR Vol. 5 No. 2, 2004.

JaziEko, Pengantar Elektronika Dan Instrumentasi :Pendekatan Project Arduino Dan Android, Yogyakarta: Andi, 2014.

Joseph, Alat – Alat Telekomunikasi. Edisi I: Yokyakarta: Pustaka Pelajar. 2006.

Kadir, Abdul, Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler Dan Pemrogramannnya Menggunakan Arduino, Yogyakarta: Andi, 2013.

Katupitiya, Jayantha. Interfacipng with C++ Programming Real-World Applications.Berlin: Springer-Verlag

Maulana, Iqbal. "Motor Servo Dc ”. Skripsi. Bandung: Program Studi Teknik Otomasi Industri Jurusan Elektro Politeknik Negeri Bandung, 2014.

Nishino, O. Pengukuran dan Alat-alat Ukur Listrik. Cet. V. Jakarta : PT Pradnya Paramita. 2011.

Siburian, Espol. 2010. Perancangan KWH Meter Digital Dengan Sistem Prabayar Berbasis Mikrokontroler ATMega8535. Medan:USU.2010.

Published
2018-01-04
Section
Volume 2, Nomor 2, oktober 2017
Abstract viewed = 2936 times