PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DATABASE PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT TERINTEGRASI PADA UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • FAISAL FAISAL Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • ZULKARNAIM MASYHUR Sistem Informasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • ASEP INDRA SYAHYADI Teknik Informatika UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Sistem Informasi, Penelitian, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Proses pendataan dan pengarsipan data penelitian dan pengabdian masyarakat dalam lingkup UIN Alauddin Makassar selama ini belum optimal. Dimana masalah yang dihadapi adalah mencari arsip satu persatu.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem informasi pendataan penelitian dan pengabdian masyarakat yang terintegrasi, serta dapat melakukan pendataan penelitian dan pengabdian masyarakat pada UIN Alauddin Makassar dengan memanfaatkan sistem informasi pendataan penelitian dan pengabdian masyarakat.  Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle). Teknik pengolahan melalui tahapan perencanaan, analisis, desain, implementasi, testing, dan maintenance. Hasil penelitian menunjukkan sistem informasi penelitian dan pengabdian masyarakat yang diberi nama SITASYA berjalan dengan baik, dimana pengguna dapat melakukan pencarian dan memonitoring data penelitian berdasarkan fakultas atau jurusan. Selain itu pengguna dalam hal ini admin disetiap prodi atau fakultas dapat melakukan penambahan data penelitian dan pengabdian masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

FAISAL FAISAL, Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar

Teknik Informatika UIN Alauddin Makassar

ZULKARNAIM MASYHUR, Sistem Informasi UIN Alauddin Makassar

Sistem Informasi UIN Alauddin Makassar

ASEP INDRA SYAHYADI, Teknik Informatika UIN Alauddin Makassar

Teknik Informatika UIN Alauddin Makassar

References

Dewanto, I. J. (2004). System Development Life Cycle Dengan Beberapa Pendekatan. Jurnal FASILKOM Vol.2 No.1, 1 Maret 2004, 2(1).
Galanaki, E. 2002, The Decision to Recruit Online: A Descriptive Study,Career Development International. 7, 4, 243 – 251.
Jogiyanto, Hartono. Analisis & Desain Sistem informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi, 2015.
Mcleod, Raymond, 2001, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta, PT. Prenhallindo
Menristekdikti. 2016. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi X Tahun 2016. hlm. 4
O’Brein, James A., 2005, Pengantar Sistem Informasi, Penerbit : Salemba 4, Jakarta.
Parry, E. 2006, Drivers of the Adoption of Online Recruitment: An Analysis Using Diffusion of Innovation Theory, Cranfield School of Management, 1 - 13.
Qurrotin A’yunina, Muhamad Soleh , Ari Wibisono, 2015, Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Database Riset dan Pengabdian Masyarakat (SIDR) di Lingkungan Universitas Indonesia, Journal of Information Systems, Volume 11, Issue 1, April 2015: 39-44
Published
2023-08-20
Section
Volume 8 Nomor 2 Oktober Tahun 2023
Abstract viewed = 95 times