IMPLEMENTASI VIRTUAL TOUR SEBAGAI OBJEK PENGENALAN MENGGUNAKAN METODE MDLC ( MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE)

  • REZA MAULANA Jurusan Sistem Informasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • ASRUL AZHARI MUIN Sistem Informasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • REZKY AMALIA Jurusan Sistem Informasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Virtual Tour, MDLC, User Acceptance Test (UAT)

Abstract

Eksistensi pengenalan Jurusan Sistem Informasi yang dipublikasikan secara visual dengan melihat banyaknya sarana dan prasarana, sumber daya manusia dan program kerja yang menunjang berlangsungnya proses kegiatan pada jurusan sistem informasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian terapan dengan metode pengumpulan data kualitatif yaitu observasi, wawancara dan penyebaran kuisioner. Adapun tools yang digunakan untuk merancang sistem dalam penelitian ini adalah unified modelling language sedangkan untuk bahasa pemrograman yang digunakan adalah bosstrep sebagai frontend dan Laravel sebagai backend, MySQL sebagai database serta pengujian aplikasi ini menggunakan metode Black Box dan metode user acceptance test. Dari hasil pengujian menggunakan metode UAT yang dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada semua user yang terlibat serta untuk mengetahui pendapat pengguna terhadap aplikasi yang telah dibangun. Sehingga didapatkan hasil persentase tingkat usability dari sistem administrasi pelaporan berdasarkan persepsi alternatif pengguna tergolong sangat kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

REZA MAULANA, Jurusan Sistem Informasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Sistem Informasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

ASRUL AZHARI MUIN, Sistem Informasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Sistem Informasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

REZKY AMALIA, Jurusan Sistem Informasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Sistem Informasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Adityo, A. (2017). Pembuatan Virtual Reality Tour dengan Metode Gambar Panorama untuk Kampus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7. http://www.albayan.ae
Allcoat, D., & von Mühlenen, A. (2018). Learning in virtual reality: Effects on performance, emotion and engagement. Research in Learning Technology, 26(1063519), 1–13. https://doi.org/10.25304/rlt.v26.2140
Anthonius. (2015). Virtual Reality Untuk Pengenalan Kampus Di Universitas Sumatera Utara. 1(2), 6–38. http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/52119/Cover.pdf;seq uence=6
Daud, F. R., Tulenan, V., & Najoan, X. B. N. (2016). Virtual Tour Panorama 360 Derajat Kampus Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Teknik Informatika, 8(1). https://doi.org/10.35793/jti.8.1.2016.13173
Fitriana, J., Ripanti, E. F., & Tursina, T. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi dengan Metode Profile Matching. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 6(4), 153. https://doi.org/10.26418/justin.v6i4.27113
Hidayat, T., & Muttaqin, M. (2018). Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis. Jurnal Teknik Informatika UNIS JUTIS, 6(1), 2252–5351. www.ccssenet.org/cis
Kamińska, D., Sapiński, T., Wiak, S., Tikk, T., Haamer, R. E., Avots, E., Helmi, A., Ozcinar, C., & Anbarjafari, G. (2019). Virtual reality and its applications in education: Survey. Information (Switzerland), 10(10), 1–20. https://doi.org/10.3390/info10100318
Nayyar, A., Mahapatra, B., Le, D. N., & Suseendran, G. (2018). Virtual Reality (VR) & Augmented Reality (AR) technologies for tourism and hospitality industry. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(2), 156–160. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.21.11858
Panindias, N., Asmoro, Rahmad, Y., & Cito. (2016). Virtual Reality 360 Dalam Pengenalan Studio Seni Di Institut Seni Indonesia Surakarta. http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4030
Prasetyo, T. F., Bastian, A., & Sujadi, H. (2021). Optimalisasi Penerapan Teknologi Virtual Reality Tour Kampus Universitas Majalengka Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. INFOTECH Journal, 7, 15–28. https://doi.org/10.31949/infotech.v7i2.1313
Ramdhan, M. S. R. . R. U. A. (2016). Analisis Penggabungan (Stitching) Foto Dan Menampilkan Virtual Tour Panorama 360 Derajat Menggunakan PLUG-IN THREE.JS. Jurnal Insand Comtech, 1(1210651079), 2.
Rianisa, A. Z., Berlilana, & Astuti, T. (2014). E-Tung (Edugame Berhitung) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak TK. Jurnal Telematika, 7(2), 1– 12.
Roedavan, R., & Bambang, P. (2022). MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE.
Published
2023-08-06
Section
Volume 8 Nomor 2 Oktober Tahun 2023
Abstract viewed = 128 times