PERANCANGAN HYBRID SYSTEM PLTB DENGAN PV BERBASIS SMART GRID

  • SRIWATI Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar
    (ID)
  • SARIPUDDIN.M Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar
    (ID)
  • MULIATI Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Sospol Universitas Islam Makassar
    (ID)
  • HASRIADI Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar
    (ID)
  • FAHMI YAFI TUASALAMONY Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar
    (ID)
Keywords: Energi Terbarukan, Smart Grid, Pembangkit System Hybrid, PLTB, PLTS

Abstract

Penelitian ini bertujuan dari Hybride Sistem menjadikan suatu pembangkit yang efisien, efektif dan handal untuk mensuplai kebutuhan energi listrik. Dimulai dari survey lapangan, Pengujian dilakukan dengan tiga jenis pengujian dimana masing-masing generator diuji secara individual (PLTS dan PLTB) selama satu hari dengan memikul beban langsung dengan komponen-komponen listrik. Terakhir, kedua generator tersebut kemudian digabungkan (hybrid) dengan mengisi langsung komponen kelistrikannya. Dalam uji lapangan pembangkit langsung dibebankan dengan komponen-komponen kelistrikan, pada siang hari, bagian-bagiannya yang beroperasi adalah lampu yang hanya mengkonsumsi 11% dari total daya listrik yang dibutuhkan yaitu, 15 Watt dari 300 Watt. Rata-rata daya yang dihasilkan generator hybrid sebesar 76,38 Watt, sehingga kelebihan daya yang dihasilkan disimpan melalui transfer baterai.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

SRIWATI, Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar

Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar

SARIPUDDIN.M, Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar

Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar

MULIATI, Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Sospol Universitas Islam Makassar

Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Sospol Universitas Islam Makassar

HASRIADI, Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar

Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar

FAHMI YAFI TUASALAMONY, Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar

Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar

References

Arismunandar, Robet Wahyu, and Deni Hendarto. 2017. “Rancang Bangun Sistem Pengisian Daya Perangkat Gadget Berbasis Panel Surya Sebagai Sumber Listrik Alternatif Di Fasilitas Umum.” JuTEkS, Vol. 4, No. 2, Oktober 2017 http://ejournal.uika-bogor.ac.id RANCANG 4(2): 46–53.
Bachtiar, Antonov, and Wahyudi Hayyatul. 2018. “Analisis Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Angin PT. Lentera Angin Nusantara (LAN) Ciheras.” Jurnal Teknik Elektro ITP 7(1): 34–45.
Dimas Priyambodo, Arya, and Achmad Imam Agung. 2019. “Prototype Pembangkit Listrik Tenaga Angin Menggunakan Generator DC Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya
Achmad Imam Agung.” Jurnal Teknik Elektro 8(2): 285–92. file:///D:/FILE VEBO/Teknik Penerbangan 2018/SKRIPSI/Vebo/KOMPOSIT/Jurnal Kincir Angin/document.pdf.
Isnantyo, Fajar Danur et al. 2020. “Pengembangan Sekolah Hemat Energi Melalui Aplikasi Teknologi Hybrid.” Abdimas Dewantara 3(1): 15.
Karima, A, and I K A Enriko. 2022. “Analisis Implementasi Konektivitas Indihome Untuk Pengguna Smart Meter PLN.” Tematik: Jurnal Teknologi Informasi … 5:6–44. http://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/902%0Ahttps://w ww.jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/download/902/456.
Khalifah, Ayu Nur. 2015. “Analisis Pengaruh Jumlah Dan Panjang Kumparan Luar Terhadap Daya Keluaran Pada Hubbard Coil.”
Kurniawan, Arif. 2021. “Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (Pv Dan Mikrohidro) Terhubung Grid.” Jurnal Listrik, Instrumentasi dan Elektronika Terapan 2(1): 1.
Pramasetya, Naufal Wahyu, and Belly Yan Dewantara. 2022. “Rancang Bangun Pembangkit Hybrid Pv Dan Turbin Angin Type Savonius Untuk Penerangan Pada Jalan Tol.” 9(150).
Sepdian. 2019. “Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid Berbasis Energi Surya Dan Energi Angin.” Jurnal Elektronika Listrik dan Teknologi Informasi Terapan 1(1): 23–27. https://ojs.politeknikjambi.ac.id/elti.
Sri Yusmiati, E. (2014). Energy Supply Solar Cell Pada Sistem Pengendali Portal Parkir Otomatis Berbasis Mikrokontroler At89s52. Palembang : Politeknik Negeri Sriwijaya
Safira Kusuma Ramadhan. (2019). Desain Sistem Pengguna Panel Panel Surya OFF-Grid Untuk Lampu Belajar Siswa Berbasis Baterai Di Sekolah Yang Terletak Di Desa Terpencil . Teknik Elektro, Univeristas Telkom,6(1),18-
Published
2023-09-17
Section
Volume 8 Nomor 2 Oktober Tahun 2023
Abstract viewed = 394 times