PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA DOSEN, PEGAWAI DAN MAHASISWA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • SRI WAHYUNI Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • RIZKY GITA ABADI Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • ANDI NUR INTAN PERMATASARI Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: sistem informasi, data, teknik informatika

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan sistem informasi terintegrasi untuk Jurusan Teknik Informatika di Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sebuah sistem informasi yang memungkinkan pengelolaan data secara efisien dan terintegrasi, termasuk data riwayat hidup dosen dan pegawai, penelitian, pengabdian masyarakat, serta informasi mengenai mahasiswa dan alumni. Metodologi penelitian melibatkan penggunaan perangkat keras (PC dan laptop dengan spesifikasi tertentu) dan perangkat lunak (Windows-10, Tools Environment, aplikasi development), serta analisis file data yang ada. Hasil penelitian ini adalah pembuatan sistem informasi yang memungkinkan tampilan data yang beragam dalam bentuk grafik atau statistik. Sistem ini memudahkan akses dan pemantauan perkembangan jumlah penelitian, pengabdian, jumlah mahasiswa, dan alumni. Sistem ini diharapkan dapat membantu Jurusan Teknik Informatika dalam mengoptimalkan operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan berdasarkan data yang terorganisasi dan mudah diakses.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

SRI WAHYUNI, Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar

Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar

RIZKY GITA ABADI, Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar

Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar

ANDI NUR INTAN PERMATASARI, Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar

Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar

References

Dewanto, I. J. (2004). System Development Life Cycle Dengan Beberapa Pendekatan. Jurnal FASILKOM Vol.2 No.1, 1 Maret 2004, 2(1).
Faizal, Muhammad dan Sanda L. Putri. "Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Berbasis Web (Studi Kasus di PT Perkebunan Nusantara VIII Tambaksari)." Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 12, no. 1, 1 Oct. 2017, pp. 28-42.
Galanaki, E. 2002, The Decision to Recruit Online: A Descriptive Study,Career Development International. 7, 4, 243 – 251.
Jogiyanto, Hartono. Analisis & Desain Sistem informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi, 2015.
Mcleod, Raymond, 2001, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta, PT. Prenhallindo
Ni'mah Hanifah dkk., 2018, "Using District Health Information System (DHIS2) for Health Data Integration in Special Region of Yogyakarta".
O’Brein, James A., 2005, Pengantar Sistem Informasi, Penerbit : Salemba 4, Jakarta.
Parry, E. 2006, Drivers of the Adoption of Online Recruitment: An Analysis Using Diffusion of Innovation Theory, Cranfield School of Management, 1 - 13.
Permana, Eka dan Erik E. Ridwan. "Pengembangan Sistem Pengelolaan Data Siswa Berbasis Jaringan Intranet pada SMP Negeri 4 Klari." Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 8, no. 1, 1 Oct. 2015, pp. 30-35.
Qurrotin A’yunina, Muhamad Soleh , Ari Wibisono, 2015, Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Database Riset dan Pengabdian Masyarakat (SIDR) di Lingkungan Universitas Indonesia, Journal of Information Systems, Volume 11, Issue 1, April 2015: 39-44
Rahadi, D. Rianto, 2007, Peranan Sistem informasi dan teknologi informasi dalam Peningkatan Pelayanan di Sektor Publik. Seminar Nasional Teknologi 2007. Yogyakarta.
Tatyantoro Andrasto, 2013, Pengembangan Sistem Database Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Unnes, Jurnal Teknik Elektro Vol. 5 No. 2 Juli - Desember 2013 : 64-68
Tommy Septian Purnomo , 2013, Rekrutment Online (e-Recruitment) Sebagai Suatu Inovasi Dalam Perekrutan Perusahaan , Jurnal JIBEKA Volume 7 No 3 Agustus 2013 : 54-59
Published
2024-01-11
Section
Volume 9 Nomor 1 April Tahun 2024
Abstract viewed = 330 times