PEMILIHAN BIBIT TANAMAN UNGGULAN BERDASARKAN KARAKTERISTIK KEWILAYAHAN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

  • FIRMANSYAH IBRAHIM Sistem Informasi, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • SYAHBUDDIN Sistem Informasi, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • YULIANA ISABELA Sistem Informasi, UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Rumah bibit merupakan sarana pertanian yang memiliki peran penting dalam sektor pangan masyarakat di tingkat desa. Indikator daerah yang cukup berpengaruh terhadap produktivitas komoditas sektor pertanian, khususnya tanaman pangan, meliputi lahan tinggi, kedalaman efektif tanah, jenis tanah, curah hujan, dan suhu atau suhu rata-rata dari daerah. Penelitian ini membangun Sistem Pendukung Keputusan (SPK) berbasis web mengenai penentuan bibit tanaman yang cocok untuk ditanam berdasarkan karakteristik lahan. Sistem ini dibangun menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah nilai bobot dari masing-masing alternatif yang diurutkan dari yang tertinggi sampai yang terendah yaitu digunakan sebagai pendukung keputusan dalam menentukan pemilihan bibit tanaman terbaik di Bibit Rumah, Desa Lakologou, Kota Baubau. Hasil dari penelitian ini diperoleh sistem yang dapat menghasilkan konsistensi AHP hingga 86,41%, tetapi dengan Skala Kegunaan Sistem (SUS) uji sistem ini mendapat skor 60,5 dan mendapat nilai kata sifat “Buruk”.

 

Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Karakteristik Kewilayahan, Analytical Hierarchy Process (AHP), System Usability Scale (SUS).

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

FIRMANSYAH IBRAHIM, Sistem Informasi, UIN Alauddin Makassar

Sistem Informasi, UIN Alauddin Makassar

SYAHBUDDIN, Sistem Informasi, UIN Alauddin Makassar

Sistem Informasi, UIN Alauddin Makassar

YULIANA ISABELA, Sistem Informasi, UIN Alauddin Makassar

Sistem Informasi, UIN Alauddin Makassar

References

Mulyaningsih, A., Hubeis, A. V. S., & Sadono, D, "Partisipasi petani pada usahatani padi, jagung, dan kedelai perspektif gender." Jurnal Penyuluhan, 14 no. 1 (2018), h. 145– 158.https://doi.org/10.25015/ penyuluhan.v14i1.18546
Nizar, M. A., "Development of Productive Waqf in Indonesia: Potential and Problems", Munich Personal RePEc Archive, no. 97967, (2017). https://mpra.ub.uni-muenchen.de/id/eprint/97967
Kementerian Kesehatan RI. "Konsumsi Makanan Penduduk Indonesia". INFODATIN Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI, (2018): h.2.
Syafar, Muhammad. A 2018. Sistem Pengambilan Keputusan Memilih Program Studi di UIN Alauddin Berbasis Web dengan Metode Analytic Heirarcy Process (AHP). INSTEK (Informatika dan Sains Teknologi). Volume (3):309-318.
Published
2022-03-31
Section
Volume 7, Nomor 1 April, Tahun 2022
Abstract viewed = 801 times