PENERAPAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN UNTUK PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN PRODUKTIFITAS BUMDES DESA WATU

  • ASNIA MINARTI Prodi Manajemen, Universitas Lamappapoleonro, Indonesia
    (ID)
  • MOH. ALI WARDANA Prodi Teknik Informatika, Universitas Lamappapoleonro, Indonesia
    (ID)
Keywords: Sistem Informasi Pemasaran, Bumdes, Web

Abstract

Penentuan jenis usaha yang dilakukan oleh BUMDes maka perlu dilakukan
peninjauan terhadap kebutuhan masyarakat kab. Soppeng pada umumnya dan
masyarakat desa Watu pada khususnya. Penguasaan internet merupakan hal wajib
yang harus diketahui oleh para pelaku usaha yang tergabung di dalam BUMDes
tersebut. Salah satu sarana promosi yang bisa dilakukan adalah promosi melalui
website BUMDes. Tujuan Penelitian ini untuk membuat sistem informasi
pemasaran berbasis web. Keberadaan website ini sangat mendukung kegiatan
promosi produk usaha agar masyarakat bisa mengenal dan melakukan transaksi
pembelian melalui website tersebut. Mengingat masyarakat Desa Watu memiliki
BUMDes. Akan tetapi, belum berkembang sesuai dengan yang diharapkan karena
produk-produk yang mereka dihasilkan belum terlalu masif dipromosikan melalui
internet. Metode yang digunakan dalam merancang sistem ini adalah metoda RAD
(Rapid Application Development) yang terdiri dari Requirement Planning, Design
System dan Implementation. Berdasarkan hasil implementasi sistem informasi
pemasaran sangat memudahkan proses pemasaran produk Bumdes secara online
dan jangkauan semakin luas

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

ASNIA MINARTI, Prodi Manajemen, Universitas Lamappapoleonro, Indonesia

Prodi Manajemen, Universitas Lamappapoleonro, Indonesia

MOH. ALI WARDANA, Prodi Teknik Informatika, Universitas Lamappapoleonro, Indonesia


Prodi Teknik Informatika, Universitas Lamappapoleonro, Indonesia

References

Aksa, A. M. N., & Riskayani, R. (2022). Sistem Informasi Pengelolaan Stok Barang
Menggunkan Metode Rapid Application Development Pada Toko Sentral Jaya
Soppeng. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JISTI),
5(2), 87–96. https://doi.org/10.57093/jisti.v5i2.132
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode
Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21.
https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Hermiati, R., Asnawati, & Kanedi, I. (2021). Pembuatan E-Commerce Pada Raja
Komputer Menggunakan Bahasa. Jurnal Media Infotama, 17(1), 54–66.
https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/1317
Hidayat, R. (2023). Desain Model Database Mutasi Siswa Dengan Menerapkan
Metode Database Life Cycle. Technomedia Journal (TMJ), 8(2), 221–235.
Indrayani, L., Awopi, F., & Zabir, S. (2020). Sistem Informasi Pemasaran Usaha
Kecil Menengah (Ukm) Berbasis Website. Dinamis, 17(1), 111–116.
https://doi.org/10.58839/jd.v17i1.703
Irfan, P., Kartarina, K., & Satria, C. (2019). Sistem Informasi Pemasaran Produk
Desa Berbasis Web. ILKOM Jurnal Ilmiah, 11(3), 214–221.
https://doi.org/10.33096/ilkom.v11i3.471.214-221
Ismail, A. Z. N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Marketplace Berbasis Web Guna
Meningkatkan Daya Saing Dan Pemasaran BUMDES Rompegading.
Inspiration : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 12(1), 47–56.
https://jurnal.akba.ac.id/index.php/inspiration/article/view/2650
Mluyati, S. S. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Penyewaan Wedding
Organizer Berbasis Web Dengan Php Dan Mysql Pada Kiki Rias. Jurnal
Teknik, 7(2), 29–35. https://doi.org/10.31000/jt.v7i2.1355
Nusri, A. Z., Wardana, M. A., & Rahmayuliani, A. (2022). Perancangan Sistem
Informasi Geografis Potensi Desa Lompulle Berbasis Web. Jurnal Ilmiah
Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JISTI), 5(2), 97–106.
https://doi.org/10.57093/jisti.v5i2.134
Pemerintah Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah 11 Tahun 2021.
Peraturan Pemerintah 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa,
Badan Usaha Milik Desa, 1–71.
Pratama, W. A. (2019). Sistem Informasi Pemasaran Produk Usaha Kecil
Menengah Berbasis Web Pada Galeri UKM Soppeng. Jurnal Ilmiah Sistem
Informasi Dan Teknik Informatika, 2(April), 61–69.
https://ojs.stmik.ypls.ac.id/index.php/jisti/article/view/30
Rehatalanit, Y. L. . (2021). Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis.
Jurnal Teknologi Industri, 5(0), 62–69.
https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jti/article/view/76
Published
2024-02-01
Section
Volume 9 Nomor 1 April Tahun 2024
Abstract viewed = 72 times