APLIKASI PEMBELAJARAN MODEL SAVAR MATA KULIAH TEORI BAHASA AUTOMATA BERBASIS VIRTUAL REALITY
Abstract
Studi ini mengutamakan pengembangan aplikasi edukatif yang memadukan Model SAVAR (Substitution, Augmentation, Virtual Learning, Apply, Re-Evaluation) dalam konteks Realitas Virtual. Tujuan penelitian ini adalah (1) Membuat aplikasi berbasis Virtual Reality yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran Teori Bahasa Automata; (2) Mengetahui respon mahasiswa mengenai aplikasi pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode penelitian ini termasuk dalam kategori Research & Development (R&D). Evaluasi aplikasi dilakukan melalui metode black box dan survei tanggapan pengguna. Hasil studi menunjukkan bahwa aplikasi memiliki nilai kevalidan media rata-rata 3,33 dan menerima respon positif dari mahasiswa dengan rata-rata 3,19, yang menunjukkan efektivitas sangat efektif. Adapun keterlaksanaan model SAVAR mendapatkan nilai rata-rata 3,50
Downloads
References
Rosa, A. S., & Salahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak (4th ed.). Informatika Bandung.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
Syafar,A.M. , M. Agung, W. Wisanty, Haswah, and J. N. Amanda (2023), “360-Degree Panoramic Visualization in Archaeological Documentation: An Interactive Learning Tool,”, pp. 101–109. doi: 10.2991/978-2-38476-084-8_15.
Syafar, A. M. (2021). Filsafat dan Rekonstruksi Teori Mata Kuliah Matematika Komputer pada Learning Centre Area (LENTERA) Virtual Class. ALL Grafika Makassar.
Syafar, A. M., Gani, H. A., & Agung, M. (2023). Development Of A Learning Model For Industrial Control Engineering Courses With AR Dan VR technology. Proceedings of the 3rd International Conference on Social and Islamic Studies, 289–294.
Syafar, A. M., Hasrul, M. H., Nurhidayat, A. M., & Akhiruddin. (2021). Aplikasi Pengenalan Buku Mata Kuliah Teknologi Informasi Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Instek, 6(2), 245–253.