SISTEM PAKAR UNTUK TROUBLESHOOTING PADA BUS LISTRIK DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB

  • Muhammad Iman Nur Hakim Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan; Universitas Kristen Satya Wacana
    (ID)
  • Awaludin Febrianto
    (ID)
  • Mokhamad Rifqi Tsani
    (ID)
Keywords: Bus Listrik, Certainty Factor, Sistem Pakar, Troubleshooting

Abstract

Sistem pakar untuk troubleshooting dapat membantu mekanik dan pramudi dalam mengetahui kerusakan yang terjadi pada bus listrik. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui informasi kerusakan bus listrik dan cara perawatannya serta membuat desain sistem pakar utuk troubleshooting pada bus listrik dan penghematan waktu dalam meyelesaikan masalah yang kompleks dengan menggunakan metode certainty factor. Dalam proses perhitungannya digunakan metode certainty factor dengan mengakomodasi penalaran para ahli yang tidak tepat menggunakan frasa seperti mungkin, kemungkinan besar, hampir pasti dengan menarik beberapa kesimpulan dari gejala kerusakan.Hasil output sistem pakar dengan menerapkan metode certainty factor berupa proses perhitungan kemungkinan kerusakan kendaraan gejala yang dipilih user maka user akan menerima hasil berupa nilai presentase kerusakan, detail kerusakan, dan solusi perbaikan sehingga user bisa mengetahui apa yang rusak pada kendaraanya.Hasil penelitian ini pengguna (user) dapat menggunakan langsung aplikasi sistem pakar ini pada laptop. Dalam melakukan pengoperasian sistem pakar ini dapat melakukan dua akses yaitu pengguna dan admin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Iswara, D., Faisol, A., & Primaswara Prasetya, R. (2021). Penerapan Metode Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Pada Mobil Daihatsu. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 5(2), 418–426. https://doi.org/10.36040/jati.v5i2.3771

Ismai. (2020). Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Manajemen. Kita Menulis, 57. https://www.google.co.id/books/edition/Teknologi_Informasi_dan_Sistem_Informasi/L5gQEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0&kptab=overview

Kumara, N. S. (2008). Tinjauan Perkembangan Kendaraan Listrik Dunia Hingga Sekarang. Jurnal Teknik Elektro, 2, 89–96.

Nugraha, W., Syarif, M., & Dharmawan, W. S. (2018). Penerapan Metode Sdlc Waterfall Dalam Sistem Informasi Inventori Barang Berbasis Desktop. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 3(1), 22–28. https://doi.org/10.32767/jusim.v3i1.246

Nugroho, K., & Sumiati, S. (2020). Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Kendaraan Pada Mobil Wuling Confero S Menggunakan Metode Certainty Factor. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 7(1), 63. https://doi.org/10.30656/jsii.v7i1.2107

Nurhaliza, S. (2023). DKI perbanyak bus listrik untuk tekan polusi udara. https://www.antaranews.com/berita/3769530/dki-perbanyak-bus-listrik-untuk-tekan-polusi-udara#mobile-src

Radityasani, M. F., & Ferdian, A. (2021). Perbedaan Risiko Bahaya Bus Konvensional dan Bus Listrik. Kompas.Com. https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/08/090100715/perbedaan-risiko-bahaya-bus-konvensional-dan-bus-listrik

Sanjaya, H. (2019). Rancang Bangun Website Profil Hotel Agung Prabumulih Menggunakan Framework Bootstrap. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 7(2), 57–64.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Wijaya, R. (2018). Perancangan Sistem Pakar Berbasis Android Untuk Troubleshooting Smartphone Samsung. Informasi Dan Teknologi Ilmiah (INTI), 5(1), 81–85.

Published
2024-12-12
Section
Volume 9 Nomor 2 Oktober Tahun 2024
Abstract viewed = 17 times