IMPLEMENTASI SISTEM TUTORIAL KEDOKTERAN BERBASIS WEB DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS GUNADARMA
Abstract
Proses pembelajaran tutorial (problem based learning) memiliki critical insidents yang membuat pelaksanaan pembelajaran tutorial belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan sistem tutorial berbasis web untuk pelaksanaan pembelajaran tutorial. Penelitian ini menggunakan metode waterfall untuk membuat sistem. Tahapan metode waterfall adalah pengumpulan kebutuhan, desain sistem, implementasi sistem, pengujian sistem, dan pemeliharaan sistem. Hasil dari penelitian ini yaitu sistem tutorial berbasis web di fakultas kedokteran universitas gunadarma. Pengujian sistem menggunakan metode blackbox menunjukkan semua fitur menu yang disediakan sistem berhasil berjalan dengan baik serta mahasiswa dan tutor berhasil melakukan pemakaian sistem. Sistem tutorial berbasis web ini membantu pelaksanaan pembelajaran tutorial menjadi lebih optimal.
Downloads
References
Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 12, 8–12.
Akbar, M. F., & Fauzi, A. (2023). Application of Waterfall Method In Design Of Web-Based Library Information System Program Case Study at Elementary School Warungnangka Kabupaten Subang. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 6(1), 72–85. https://doi.org/10.36378/jtos.v6i1.3065
Aroral, H. K. (2021). Waterfall Process Operations in the Fast-paced World: Project Management Exploratory Analysis. International Journal of Applied Business and Management Studies, 6(1), 2021.
Ashari, N. W., & Salwah. (2013). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Self Directed Learning dalam Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru: Suatu Studi Literatur. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 24–31.
Bakri, F., Sunaryo, S., Irawan, V. F., & Muliyati, D. (2018). E-Learning Model for Problem Based Learning on Heat and Thermodynamic Topics in High School. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(2), 101–112. https://doi.org/10.21009/1.04207
Khaerunnisa, N., Maryanto, E., & Chasanah, N. (2021). Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Di Desa Sidakangen Purbalingga. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 1(2), 99–108. https://doi.org/10.54082/jiki.12
Konsil Kedokteran Indonesia. (2019). Standar Kompetensi Dokter Indonesia, Jakarta. Konsil Kedokteran Indonesia.
Mery Indah, S., Rika, L., & Dwita, O. (2016). Pembelajaran di Fakultas Kedokteran : Pengenalan Bagi Mahasiswa Baru. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 1(2), 399–403.
Muhammad, N. U., Herlina, S., & Firmansyah, M. (2020). Analisa Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning , Problem Based Learning , Integrated , Community Based Learning , Electives , Systematic (SPICES) Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Jurnal Universitas Islam Malang, 8(1), 1–8.
Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo Pada Mekanika Teknik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/544
Sholeh, M., Gisfas, I., Cahiman, & Fauzi, M. A. (2021). Black Box Testing on ukmbantul.com Page with Boundary Value Analysis and Equivalence Partitioning Methods. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1), 12029. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012029
Tjahjanto, T., Arista, A., & Ermatita, E. (2022). Application of the Waterfall Method in Information System for State-owned inventories Management Development. Sinkron, 7(4), 2182–2192. https://doi.org/10.33395/sinkron.v7i4.11678
Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Nuansa Informatika, 16(1), 33–40. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4670
Yaniawati, R. P., Kartasasmita, B. G., & Saputra, J. (2019). E-learning assisted problem based learning for self-regulated learning and mathematical problem solving. Journal of Physics: Conference Series, 1280(4), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/4/042023
Yuliana, Y. (2020). Analisis Keefektivitasan Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Corona (Covid-19). SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(10), 875–894. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i10.17371
Copyright (c) 2024 Bhakti Gunawan, Rama Dian Syah, Sofian Zulenka, Rena Fuji Erin Setyawati, Ruddy J Suhatril
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.