ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBORS PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM BATIWAKKAL BERAU
Abstract
Kepuasan pelanggan terhadap layanan air bersih merupakan aspek penting yang perlu dianalisis oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Batiwakkal Berau untuk memastikan pelayanan terbaik. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan algoritma K-Nearest Neighbors (KNN) untuk menganalisis data kepuasan pelanggan Air Minum Battiwakkal Berau. Penelitian ini mengevaluasi akurasi model KNN dalam mengklasifikasikan tingkat kepuasan pelanggan, menentukan nilai terbaik parameter K, dan menyediakan gambaran mengenai persepsi pelanggan terhadap layanan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Batiwakkal Berau. Metode penelitian melibatkan pengumpulan data dari pelanggan Air Minum Batiwakkal Berau. Data dipisahkan menjadi set pelatihan dan pengujian, diikuti dengan proses normalisasi. Model KNN dilatih dengan berbagai nilai K untuk menemukan parameter terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma KNN dapat mengklasifikasikan tingkat kepuasan pelanggan dengan akurasi memadai. Nilai terbaik K yang ditemukan adalah 14, memberikan performa terbaik dalam prediksi kepuasan pelanggan dengan nilai akurasi sebesar 85.96%.
Downloads
References
Akhirina, C., Gumilar, N., Sianturi, C., Surya, R., Wistyani, M., Baknur, F., Kristina, Y., & Larasati, E. (2019). PDAM Sehat dan Mandiri Melalui Kerjasama Investasi. 31–35.
Amrulloh, R. (2022). Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Pdam Intan Banjar. Al-Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 9(2), 128. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v9i2.6526
Arin Nurwidya, Hery Sawiji, T. M. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Pelayanan Air Bersih Di PDAM Tirta Bening Kabupaten Pati. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran Volume, 6(2), 112.
Babbie, E. R. (2020). The Practice of Social Research. Cengage Learning. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=lFvjDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Babbie,+E.+R.+(2020).+The+Practice+of+Social+Research.+Cengage+Learning.&ots=I4xY_G3TP9&sig=T0kdjWmBHp5vioUc5A-ZnEEx5NE&redir_esc=y#v=onepage&q=Babbie%2C E. R. (2020). The Practic
Clinton, R. M. R., & Sengkey, S. (2019). Purwarupa Sistem Daftar Pelanggaran Lalulintas. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer Vol.8, 8(3), 181–192.
Dandi Junandi Purba, Muhammad Ridwan Lubis, Z. A. S. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Algoritma C4.5. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 2(2), 115–121. https://doi.org/10.54367/jtiust.v7i1.1983
Evalin, Z. Z., Sukartaatmadja, I., & Mulyadi, M. N. (2021). Analisis Peran Kinerja Customer Service Dan Teller Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), 151–160. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.767
Faisal, S., & Nurhayati. (2020). Implementation of K-Nearest Neighbor Algorithm for Customer Satisfaction. Buana Information Technology and Computer Sciences (BIT and CS), 1(2), 27–32. https://doi.org/10.36805/bit-cs.v1i2.886
Halim, T. N., Martin, R., & ... (2023). Klasifikasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Platform E-Commerce dengan Metode K–Nearest Neighbor (K-NN). Jurasik (Jurnal Riset …, 8, 512–523. http://ejurnal.tunasbangsa.ac.id/index.php/jurasik/article/view/636%0Ahttps://ejurnal.tunasbangsa.ac.id/index.php/jurasik/article/download/636/609
Haslinda. (2022). Analisis Sistem Informasi Akutansi Penerimaan Kas PERUMD Air Minum Batiwakkal Berau.
Indrastata, I. (2023). Strategi Promosi Perbankan Dengan Analisis Dan Implementasi Algoritma Random Forest. AnoaTIK: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 1(2), 54–58. https://doi.org/10.33772/anoatik.v1i2.8
Karomi, M. A. Al. (2020). Optimasi Parameter K Pada Algoritma Knn Untuk Klasifikasi Heregistrasi Mahasiswa. IC-Tech, 10(1), 28–33.
Laraswati, B. D. (2022). Mengenal K-nearest Neighbor dan Pengaplikasiannya. Algoritma. https://blog.algorit.ma/k-nearest-neighbor/#cara-kerja-k-nearest-neighbor
Maulid, R. (2021). Simak Langkah-Langkah dalam Teknik Pengolahan Data. https://dqlab.id/simak-langkah-langkah-dalam-teknik-pengolahan-data
Muhammad Jauhar Vikri, & Rohmah, R. (2022). Penerapan Fungsi Exponential Pada Pembobotan Fungsi Jarak Euclidean Algoritma K-Nearest Neighbor. Generation Journal, 6(2), 57–64. https://doi.org/10.29407/gj.v6i2.18070
Ni Luh Nurkariani, G. Y. K. (2022). Pentingnya Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Artha Satya Dharma, 15(1), 27–32. https://doi.org/10.55822/asd.v15i1.238
Sejarah - PERUMDA Air Minum Batiwakkal Kabupaten Berau. (2022). https://perumdabatiwakkal.co.id/profil/sejarah/
Copyright (c) 2024 Novia Rahmadana, Abdul Rahim, Fendy Yulianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.