APLIKASI TOUR GUIDE UNTUK MEMPERKENALKAN BENDA-BENDA PUSAKA PADA KOMPLEKS ISTANA LANGKANAE LUWU

  • Aishiyah Saputri Laswi AMIK Ibnu Khaldun Palopo
    (ID)
  • Andryanto A AMIK Ibnu Khaldun Palopo
    (ID)

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan yang memasukkan objek virtual 2D/3D kedalam lingkungan nyata secara real-time. Tujuan penelitian ini ialah untuk membangun sebuah aplikasi menggunakan teknologi AR yang dapat memberikan informasi tentang sejarah dari benda-benda pusaka pada Istana Kedatuan Luwu pada smartphone android yang dapat digunakan oleh wisatawan lokal maupun internasional. Implementasi pada aplikasi tour guide menggunakan video sinematografi sebgaia relaitas tambahan . Hasil dari penelitian menunjukkan aplikasi tour guide berbasis AR yang mampu memproyeksikan video sinematografi sebagai realitas tambahan. Berdasarkan hasil pengujian berdasarkan jarak dan sudut adalah posisi dengan sudut 00 dan jarak 0,5 meter hingga 0,2 meter adalah posisi yang paling baik untuk mengenali marker secara utuh.

 

Kata Kunci: Augmented Reality, Benda pusaka, Istana Langkanae Luwu, Tour guide.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aishiyah Saputri Laswi, AMIK Ibnu Khaldun Palopo
Prodi Manajemen Informatika, AMIK Ibnu Khaldun Palopo
Andryanto A, AMIK Ibnu Khaldun Palopo
AMIK Ibnu Khaldun Palopo

References

Alders Paliling. 2014. Aplikasi Augmented Reality Untuk Katalog Penjualan Rumah Dengan Visualisasi Ruangan 3D Menggunakan Pemetaan Tunggal. Makassar : Program Pascasarjana UNHAS.

Azuma, Ronald. Location-Based Mixed and Augmented Reality Storytelling. Chapter 11 : in the book Fundamentals of Wearable Computers and Augmented Reality, 2nd Edition, Woodrow Barfield, editor. (online).

Fernando Mario. 2013. Membuat Apikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity. Buku AR Online : Yogyakarta.

Kementerian Komunikasi dan Informatika.2016.indonesia raksasa teknologi digital asia. https://kominfo.go.id/content/detail/ 6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/orotan_media. (online). Diakses 25 juni 2017 .

Murya, Yosef. 2014. Pemograman Android Black box. Jasakom : Jakarta.

Murti Kusuma Wirasti. 2003. Pengantar Sinematografi. Buku Pegangan Kuliah. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

T.Miyashita, P.Meier, T.Tachikawa, S.Orlic, T.Eble, V.Scholz, A.Gapel, O.Gerl, S.Arnaudov, S.Lieberknecht. 2008. An Augmented Reality Museum Guide. IEEE International Symposium on Mixed and Augmented Reality 2008 15 -18 September : Cambridge.

Zahir Zainuddin, Intan Sari Areni, Joe Apriyani Stephanus Marsel. 2016. Implementasi Augmented Reality Pada Aplikasi Objek Wisata Makassar Berbasis Area Marker.

Published
2018-10-04
Section
Volume 3 Nomor 2 Oktober 2018
Abstract viewed = 271 times