PENGEMBANGAN MODEL SISTEM PENGELOLAAN DOKUMEN TRI DHARMA PADA POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG BERBASIS WEB

  • IMASITA IMASITA Politeknik Negeri Ujung Pandang
    (ID)
  • ANDI GUNAWAN Politeknik Negeri Ujung Pandang
    (ID)
  • HIRMAN HIRMAN Politeknik Negeri Ujung Pandang
    (ID)

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada kajian sistem pengelolaan dokumen atau arsip tri dharma Perguruan Tinggi di Politeknik Negeri Ujung Pandang. Tujuan penelitian adalah menghasilkan model pengembangan sistem pengelolaan dokumen Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis web pada Politeknik Negeri Ujung Pandang. Metode penelitian ini menggunakan model Research & Development (R&D). Tahapan yang dilakukan meliputi: analisis kebutuhan dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan informan, analisis dan mengidentifikasi pengelolaan arsip  dan dokumen. Hasil penelitian diperoleh adalah mendesain adminnistrator sebagai user untuk melakukan menyimpanan data SK dokumen ke dalam aplikasi yang penerapan dilakukan pada kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang.

 

Kata KunciDokumen, Model R&D, Kearsipan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

IMASITA IMASITA, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Ujung Pandang
ANDI GUNAWAN, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Ujung Pandang
HIRMAN HIRMAN, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Ujung Pandang

References

Cendekia. Jakarta

Ari Setiyani, 2010. Prosedur Penanganan Arsip Dinamis Aktif pada PLN Persero Distribusi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. http://id.scribd.com/dor/495727d9/26/Prosedur-Penanganan-Arsip-Dinamis-Aktif

Donni Juni Priansa dan Agus Garnida. 2013. Manajemen Perkantoran Efektif, Efisien, dan Profesi-onal. Alfabeta. Bandung.

Hirman dan Masita, 2011. Model Peningkatan Kinerja Sistem Pelayanan Jaringan Antar Organisasi di Samsat Kota Makassar. Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Masita, Nahiruddin, dan Hirman. 2012. Model Pengelolaan Arsip Berbasis Komputerisasi Pada Sub Bagian Tata Usaha PNUP. Politeknik Negeri Ujung Pandang. (tidak dipublikasikan).

Nugroho, B. 2008. Latihan Membuat Aplikasi Web PHP dan MySQL dengan Dreamweaver, Gava Media, Yogyakarta.

Novrita, Viva. 2008. Penanganan Arsip di Bagian Administrasi Kredit pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat VII Koto Pariaman. Pontianak (tesis). http://Repository.unanda.ac.id/125/3.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan.

Prasetyo, D., 2005, Solusi Menjadi Web Master Melalui Manajemen Web dengan PHP, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Purbo, O.W., dan Taufan, R., 2001, Manajemen Jaringan TCP/IP, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Rusidi, 2010. Penanganan Arsip Inaktif Tidak Teratur. (Arsiparis Kantor Arsip Daerah Provinsi DIY). http://www.bpadjogja.info/file/ 60f31ca77d62b8df29504843d483b67d.pdf

Saliman, Sutirman. 2005. Pengembangan Program Aplikasi Sistem Kearsipan untuk Sekolah. http://staff.uniy.ac.id/sites/default/files/penelitian/Sutirman, %20M.Pd./hasil%20penelitian%20sutirman.pdf.

Sommerville, I., 2001, Software Engineering, China.

Titik Rahmawati. 2015. Perancangan Sistem Pengelolaan Dokumen Elektronik di Bidang Akademik STMIK Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Jurnal Teknomatika STMIK Jenderal Achmad Yani, Vol. 8. No. 1 Juli 2015

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan.

Wibowo, A. 2007, 16 Aplikasi PHP Gratis untuk Pengembangan Situs Web. C.V Andi Offset, Yogyakarta dan SmitDev Community, Semarang.

William dan Sawyer, 2007, Using Information Technology, Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi, C.V Andi Offset, Yogyakarta.

Published
2019-04-01
Section
Volume 4, Nomor 1 April 2019
Abstract viewed = 400 times