MEMBENTUK SUMBER DAYA MANUSIA PERBANKAN SYARIAH MELALUI MANAJEMEN HATI

  • Mahmuda Mulia Muhammad

Abstract

Abstract

               This paper aims to determine the formation of human resources in Islamic banking through careful management. The results of the analysis show that the management of the heart of the formation of human resources is an effort to manage the hearts of all employees who aim to shape the characteristics of human resources that are cultured and divine. Heart management that can be carried out by Islamic banking through the formation of spiritual intelligence (Al-iman al-`amiq, Al-ittishal al-watsiq and Tathhir al-qalb), and emotional formation (Self Awareness, Motivation, Empathy and Social Skills).

Keywords: Heart Management, Human Resources, Islamic Banking.

 

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan sumber daya manusia perbankan syariah melalui manajemen hati. Hasil analisis menunjukkan bahwa manajemen hati dari pembentukan sumber daya manusia merupakan suatu upaya pengelolaan hati untuk seluruh karyawan yang bertujuan untuk membentuk karaktek sumber daya manusia yang berbudaya dan bernilai ketuhanan. Manajemen hati yang dapat dilakukan oleh perbankan syariah melalui pembentukan kecerdasan spiritual (Al-iman al-`amiq, Al-ittishal al-watsiq dan Tathhir al-qalb), dan pembenukan emosional (Self Awareness, Motivation, Empathy dan Social Skills).

Kata Kunci : Manajemen Hati, Perbankan Syariah, Sumber Daya Manusia.

References

Abdusshomad, Muhyiddin. Etika Bergaul; di Tengah gelombang Perubahan:Kajian Kitab Kuning. Surabaya: Khalista, 2007.

Arifin, Zainul. Memahami Bank Syariah: Lingkup, Peluang, Tantangan dan Prospek. Jakarta: AlvaBet, 2000.

Armansyah. “Intelegency Quotient, Emotional Quotient, and Spiritual Quotient dalam Membentuk Perilaku Kerja”.Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis. Vol. 02 No. 01, (2002).

Bariroh, Muflihatul. “Implementasi Manajemen Hati Sebagai Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia di Mayangkara Group”.An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah. Volume 05, Nomor 02, (April 2019).

Haryanto, Rudy. “Bagi Hasil dan Bank Syariah (Solusi terhadap Bunga Bank)”.Al-Ahkam. Vol.V No.2 (Desember 2010).

Muhammad. Lembaga Keuangan Kontemporer. Yogyakarta: UII Press, 2000.

Mujib, Abdul dan Yusuf Mudzakir.Nuansa-nuansa Psikologi Islami. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.

Nawawi, Hadari. Manajemen Sumber Daya Manusia: untuk Bisnis yangKompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2011.

Nofinawati.“Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia”.Juris. Volume 14, Nomor 2 (Juli-Desember 2015).

Nurohman, Dede. “Undang-Undang Perbankan Syariah: Makna, Implikasi dan Tantangan”.La-Riba. Vol. II, No. 2, (Desember 2008).

Rohaya, Hairiennisa. “Perkembangan Skala Usaha Perbankan Syariah di Indonesia Pra dan Pasca Kebijakan Office Channeling”. La-Riba. Vol. II, No. 2, (Desember 2008).

Satiadarma, Monty P. dan Fidelis E. Waruwu.Mendidik Kecerdasan. Jakart: Pustaka Populer, 2003.

Yusuf, Burhanuddin. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Published
2020-08-13
Section
Volume 1 Nomor 2 Desember 2019
Abstract viewed = 504 times