MEMBENTUK SUMBER DAYA MANUSIA PERBANKAN SYARIAH MELALUI MANAJEMEN HATI
Abstrak
Abstract
This paper aims to determine the formation of human resources in Islamic banking through careful management. The results of the analysis show that the management of the heart of the formation of human resources is an effort to manage the hearts of all employees who aim to shape the characteristics of human resources that are cultured and divine. Heart management that can be carried out by Islamic banking through the formation of spiritual intelligence (Al-iman al-`amiq, Al-ittishal al-watsiq and Tathhir al-qalb), and emotional formation (Self Awareness, Motivation, Empathy and Social Skills).
Keywords: Heart Management, Human Resources, Islamic Banking.
Abstrak
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan sumber daya manusia perbankan syariah melalui manajemen hati. Hasil analisis menunjukkan bahwa manajemen hati dari pembentukan sumber daya manusia merupakan suatu upaya pengelolaan hati untuk seluruh karyawan yang bertujuan untuk membentuk karaktek sumber daya manusia yang berbudaya dan bernilai ketuhanan. Manajemen hati yang dapat dilakukan oleh perbankan syariah melalui pembentukan kecerdasan spiritual (Al-iman al-`amiq, Al-ittishal al-watsiq dan Tathhir al-qalb), dan pembenukan emosional (Self Awareness, Motivation, Empathy dan Social Skills).
Kata Kunci : Manajemen Hati, Perbankan Syariah, Sumber Daya Manusia.Referensi
Abdusshomad, Muhyiddin. Etika Bergaul; di Tengah gelombang Perubahan:Kajian Kitab Kuning. Surabaya: Khalista, 2007.
Arifin, Zainul. Memahami Bank Syariah: Lingkup, Peluang, Tantangan dan Prospek. Jakarta: AlvaBet, 2000.
Armansyah. “Intelegency Quotient, Emotional Quotient, and Spiritual Quotient dalam Membentuk Perilaku Kerja”.Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis. Vol. 02 No. 01, (2002).
Bariroh, Muflihatul. “Implementasi Manajemen Hati Sebagai Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia di Mayangkara Group”.An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah. Volume 05, Nomor 02, (April 2019).
Haryanto, Rudy. “Bagi Hasil dan Bank Syariah (Solusi terhadap Bunga Bank)”.Al-Ahkam. Vol.V No.2 (Desember 2010).
Muhammad. Lembaga Keuangan Kontemporer. Yogyakarta: UII Press, 2000.
Mujib, Abdul dan Yusuf Mudzakir.Nuansa-nuansa Psikologi Islami. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.
Nawawi, Hadari. Manajemen Sumber Daya Manusia: untuk Bisnis yangKompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2011.
Nofinawati.“Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia”.Juris. Volume 14, Nomor 2 (Juli-Desember 2015).
Nurohman, Dede. “Undang-Undang Perbankan Syariah: Makna, Implikasi dan Tantangan”.La-Riba. Vol. II, No. 2, (Desember 2008).
Rohaya, Hairiennisa. “Perkembangan Skala Usaha Perbankan Syariah di Indonesia Pra dan Pasca Kebijakan Office Channeling”. La-Riba. Vol. II, No. 2, (Desember 2008).
Satiadarma, Monty P. dan Fidelis E. Waruwu.Mendidik Kecerdasan. Jakart: Pustaka Populer, 2003.
Yusuf, Burhanuddin. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Once an article was published in the journal, the author(s) are:
- to retain copyright and grant to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship.
- permitted to publish their work online in third parties as it can lead wider dissemination of the work, with an acknowledgement of its initial publication in this journal
- continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY-NC-SA license
- receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.