IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN PEMBANGUNAN DALAM OTONOMI DAERAH DESA PADA PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH

  • Rezky Arsita
  • M. Gazali Suyuti

Abstract

Abstrak

Pembangunan di Desa Tapong bisa dikatakan efektif karena sejak masa pemerintahan Bapak Ridwan selaku Kepala Desa, dari tahun 2016-2018 sudah banyak pembangunan yang dilakukan dan berjalan sesuai dengan keinginan, walaupun ada beberapa faktor yang menjadi kendala yang di hadapi namun itu semua bisa diatasi dengan adanya faktor pendukung dalam hal kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah setempat. Dalam Al-Qur’an menuntut kedua pihak yakni yang memerintah dan diperintah agar kembali kepada kitabullah dan Sunnah Rasul yang menjelaskan atau menerapkan apa yang tercantum dalam kitabullah itu Berdasarkan hal ini hukum Islam dan hukum adat tidak bertentangan dalam lingkungan Desa Tapong kecematan Tellu Limpoe Kabupaten Bone.

Kata Kunci : Desa, Bantuan Pembangunan, Kebijakan, Otonomi Daerah.

 

Abstract

Development in Tapong Village can be said to be effective because since the reign of Mr. Ridwan as the Village Head, from 2016-2018 many developments have been carried out and run in accordance with the wishes, although there are several factors that become obstacles encountered, but they can all be overcome by supporting factors in terms of cooperation between the community and the local government. In the Qur'an demands both parties namely those who rule and are ordered to return to the book of Allah and the Sunnah of the Apostles who explain or apply what is stated in the book based on this Islamic law and customary law do not conflict in the environment of Tapong Village kecamatan Tellu Limpoe Bone Regency .

Keywords: Development Assistance, Policy, Regional Autonomy, Village.

References

Abdullah, Rozali. Pelaksanaan Otonomi Luas dengan Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2010.

Al Bahiy, Muhammad. Masalah-Masalah Pembangunan dalam Perspektif Islam. Jakarta: Integritas pres, 1985.

Beratha, I Nyoman. Pembangunan Desa Berwawasan Lingkungan. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Hadi, Suharto P. Dimensi Lingkungan Perencanaan Pembangunan. Cet. III; Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2012.

Hadi, Sutrisno. Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1986.

Handayani, Risma. Pembangunan Masyarakat. Makassar: Alauddin University Press, 2015.

Jafar, Usman. Fiqh Siyasah Telaah Atas Ajaran, Sejarah dan Pemikiran Ketatanegaraan Islam. Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2013.

Jafar, Usman. Hukum Tata Negara Islam 2 Telaah Atas Pengolaan Pemerintah dan Diplomasi dalam Bingkai Syari’ah. Watampone: Penerbit Syahadah, 2016.

Jurusan Ilmu Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Unversitas Haluleo Kendari, 2016.

Kementrian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia, 2012.

L. Sape, Jefan. Implementasi Manajemen Pemerintahan Desa dalam Pembangunan di Desa Moyang Tapoan Kecemaatan Kotamobagu Timur.

Nadir, Sakinah. Otonomi Daerah dan Desentralisasi Desa: Menuju Pemberdayaan Masyarakat Desa. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Hasanuddin Makassar, 2013.

Prasadja, Buddy. Pembangunan Desa Dan Masalah Kepemimpinan. Jakarta: CV. Rajawali, 1986.

Rifai, Bactiar. Perspektif dari Pembangunan Ilmu dan Teknologi. Jakarta: PT. Gramedia. anggota IKAPI, 1986.

Ridwan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa. Desa Tapong: 2015.

Sari, Ita Puspita. “Implementasi Pembangunan Partisipatif (Studi Kasus Dikelurahan Andowiakecematan Andowia Kabupaten Kanowe Utara)”.

Suara Pembaruan. Otonomi Daerah Peluang dan Tantangan. Jakarta: PT. Percetakan Penebar Suadaya, 2002.

Suharto, Edi. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial Dan Pekerjaan Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama, 2014.

Syarif, Mujar Ibnu dan Khamami Zada, Figh Siyasah Doktrin Dan Pemikiran Politik Islam. Yogyakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2008.

Sekretariat Jendral MPR RI, Undang-Undang Dasar 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945, Bab VI, Pasal 18 (a).

Sjadzali, Munawir. Islam dan Tata Negara Ajaran, Sejarah Dan Pemikiran. Edisi 5. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press), 1993.

Widjaja, Haw. Penyelenggaraan Otonomi Di Indonesia dalam Rangka Sosialisasi UU No. 32 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2005.

Published
2021-07-01
Section
Volume 2 Nomor 4 Juli 2021
Abstract viewed = 483 times