PERSEPSI NASABAH ISLAM TERHADAP TABUNGAN KURBAN PADA BPRS NIAGA MADANI CABANG MAKASSAR

  • Andi Muhammad Rafli
  • Muh. Saleh Ridwan
  • Asni Asni

Abstract

 

Abstrak

Pokok permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah mengenai persepsi nasabah Islam terhadap tabungan kurban pada BPRS Niaga Madani Cabang Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif atau penelitian lapangan dengan jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan empiris serta  sosiologis. Adapun sumber data dari penelitian ini mengenai biaya administrasi tabungan, jumlah nasabah, serta segala sesuatu yang berkaitan dengan tabungan kurban pada BPRS Niaga Madani. Kemudian metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Lalu teknikpengolahan data dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan: Reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya salah satu produk tabungan kurban pada BPRS Niaga Madani Cabang Makassar yang tujuannya membantu meringankan masyarakat bagi yang ingin melaksanakan ibadah kurban setiap tahunnya. Tabungan kurban ini menerapkan sistem mudharobah, yaitu sistem bagi hasil, tabungan ini juga tidak mempunyai biaya administrasi sama sekali, bahkan nasabah pada tabungan ini memperoleh keuntungan dari sistem bagi hasil tersebut. Tabungan ini hanya bisa ditarik kembali dalam jangka waktu satu tahun yaitu satu minggu sebelum hari raya Idul Adha, atau hanya dapat ditarik kembali jika dalam keadaan mendesak (darurat). Selain itu, jumlah setoran yang dikeluarkan hanya Rp. 150.000,- perbulan. Implikasi dari penelitian ini sebaiknya pihak bank menambah atau meningkatkan kinerja pegawainya sehingga mampu menciptakan ide atau gagasan baru yang memungkinkan produk tabungan kurban ini lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas merupakan hal yang penting, karena pada umumnya hanya bank tertentu saja yang memiliki produk tabungan tersebut.

Kata Kunci: BPRS Niaga Madani, Nasabah, Persepsi, Tabungan Kurban.

Abstract

The main problem discussed in this thesis is about the perception of Islamic customers towards sacrificial savings at BPRS Niaga Madani Makassar Branch. This research is a qualitative research or field research with the type of research approach used is an empirical and sociological approach. The sources of data from this study are the administrative costs of savings, the number of customers, and everything related to sacrificial savings at BPRS Niaga Madani. Then the data collection methods used were observation, interviews, and documentation. Then the data processing and data analysis techniques are carried out through three stages: data reduction, data presentation, and data verification. The results of this study indicate that the existence of a sacrificial savings product at BPRS Niaga Madani Makassar Branch whose purpose is to help ease the community for those who want to carry out qurban worship every year. This sacrificial saving applies a mudharabah system, namely a profit-sharing system, this savings also has no administrative costs at all, even customers in this savings benefit from the profit-sharing system. This savings can only be withdrawn within one year, namely one week before Eid al-Adha, or can only be withdrawn if it is in an emergency (emergency). In addition, the total deposit issued is only Rp. 150.000,- per month. The implication of this research is that the bank should add or improve the performance of its employees so that they are able to create new ideas or ideas that allow this sacrificial savings product to be more easily recognized by the wider community, which is important, because in general only certain banks have these savings products.

Keywords: Customers, Madani Comercial BPRS, Perception, Sacrificial savings.

References

DAFTAR PUSTAKA

Al Qur’an

Al-Qur’an tajwid dan terjemahnya. Syaamil Al-Qur’an Edisi Tajwid Dengan Asbabun Nuzul Dan Hadist Sahih. Bandung : Sigma Examedia Arkanleema. 2010

Buku

Alam, Buchari Alam. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta. 2009

Antonio, Muhammad Syafi’i. Bank Syariah:Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani. 2001

Irwanto. Psikologi Umum. Buku PANDUAN Mahasiswa. Jakarta: PT. Prehallindo. 2002

Ismail. Manajemen Perbankan Dari Teori Menuju Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group. 2010

Ismail. Perbankan Syariah. Cet: I Jakarta. Kencana Prenada Media Group. 2011

Rosidin, Didin Nurul. Kurban dan Permasalahannya. Jakarta: Inti Medina. 2009

Sekretariat BPRS Niaga Madani Cabang Makassar

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 1995

Jurnal

Gassing, A. Qadir. Perbandingan Kinerja BNI Syariah Sebelum dan Setelah Pemisahan (Spin Off) Dari BNI Konvensional (Studi Kasus BNI Syariah Cabang Pettarani Makassar). Al Qadauna. Jurnal Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar. Vol. 1 Nomor 3. September 2020.

Irfan, Muhammad. Sistem Bagi Hasil Pada Pelelangan Ikan di Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Al Qadau. Jurnal Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar. Vol. 5 Nomor 1. Juni 2018

Tahir, Hartini. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penerapan Bagi Hasil Dalam Sistem Tesang di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Al Qadauna. Jurnal Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar. Volume 1 Nomor 3. September 2020

Wawancara

Amiruddin, Andi. (53 tahun). Manager Pemasaran BPRS Niaga Madani. Wawancara. 29 Maret 2021

Hasniah, Hj. (48 tahun). ODH BPRS Niaga Madani. Wawancara. 24 Maret 2021

Makmur, Anna Yumiko. (30 Tahun). Nasabah. Wawancara. 24 Maret 2021

Nabila, S. Nurul. (28 tahun). HRD BPRS Niaga Madani. Wawancara. 26 Maret 2021

Ridwan. (39 tahun). Karyawan Swasta BPRS Niaga Madani. Wawancara. 26 Maret 2021

Supriani, Andi. (47 tahun). Nasabah. Wawancara. 25 Maret 2021

Published
2020-10-06
Section
Volume 2 Nomor 1 Oktober 2020
Abstract viewed = 282 times