PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR, SELF EFFICACY DAN PROFESSIONAL ETHICAL SENSITIVY TERHADAP KINERJA AUDITOR DENGAN EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI MODERASI

Main Article Content

Rismawati Rismawati
Lince Bulutoding
Eka Suhartini

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh Organizational Citizenship Behavior, Self Efficacy, dan Professional Ethical Sensitivity terhadap Kinerja Auditor dengan Employee Engangement sebagai Variabel Moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan populasi berasal dari auditor yang bekerja pada Inspektorat Kota Makassar. Sampel penelitian sebanyak 30 auditor yang mengembalikan kuisioner dari jumlah 35 kuisioner yang disebar. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan pemoderasi digunakan uji MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji regresi berganda yang dilakukan membuktikan bahwa Organizational Citizenship Behavior, Self Efficacy, dan Professional Ethical Sensitivity berpengaruh positif dan siginfikan terhadap kinerja auditor. Pada uji regresi moderasi, ditemukan bahwa employee engangement mampu memoderasi pengaruh positif Organizational Citizenship Behavior dan Professional Ethical Sensitivity terhadap Kinerja Auditor, namun tidak mampu memoderasi pengaruh positif self efficacy terhadap Kinerja Auditor.

Article Details

How to Cite
Rismawati, R., Bulutoding, L., & Suhartini, E. (2021). PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR, SELF EFFICACY DAN PROFESSIONAL ETHICAL SENSITIVY TERHADAP KINERJA AUDITOR DENGAN EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI MODERASI. ISAFIR: Islamic Accounting and Finance Review, 2(1), 98-107. https://doi.org/10.24252/isafir.v2i1.19935
Section
Artikel
Author Biography

Rismawati Rismawati, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

jurusan akuntansi

References

Affandi, G. R., dan Thomas, T. D. 2011. Pengaruh Tipe Penentu Tujuan (Goal Setting) terhadap Performansi Bahasa Inggris Siswa: Dengan Efikasi Diri dan Kemampuan Awal Bahasa Inggris sebagai Kovariabel. Jurnal Prsikologi, 6(1): 277-288.
Afifah, Ulfa, Ria Nelly Sari, Rita Anugerah dan Zuraidah Mohd Sanusi. 2015. “The Effect of Role Conflict, Self-Efficacy, Professional Ethical Sensitivity on Auditor Performance with Emotional Quotient as Moderating Variable”. Procedia Economics and Finance 31(2015) 206-212.
Dewi, Putu Purnama, I Wayan Ramntha, dan Ni Ketut Rasmini. 2015. Pengaruh Pengalaman, Orientasi Etika, Komitmen dan Budaya Etis Organisasi pada Sensitivitas Etika Auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 4(11): 841-846.
Dewi, R. S, dan P.Y. Fransistya. 2017. Organizational Citizenship Behavior pada Pengurus Kelompok Studi Islam Asy Syifa Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Ecopsy, 4 (2): 103-112.
Elen, T., dan S. M. Sari. 2013. Pengaruh Akuntabilitas, Kompetensi, Profesionalisme, Integritas, dan Objektivitas Akuntan Publik terhadap Kualitas Audit dengan Independensi sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Beberapa Kap Afliasi Asing dan Kap Non Afliasi Asing di Jakarta). Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, 13(1): 111-138.
Fitriastuti, T. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasional dan Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2): 103-114.
Hanjani, A., dan Rahardja. 2014. Pengaruh Etika Auditor, Pengalaman Auditor, Fee Audit, dan Motivasi Auditor terhadap Kualitas Audit (Studi pada Auditor KAP di Semarang). Diponegoro Journal Of Accounting, 3(2): 1-9.
Jasmine, T. J. 2019. Pengaruh Penalaran moral dan Sensitivitas Etika terhadap Persepsi Etis dengan Gender sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Bisnis, 7(1): 64-81.
Joushan, S. A., M. Syamsun, dan L. Kartika. 2015. Pengaruh Budaya Organisasi dan Employee Engagement Terhadap Kinerja Karyawan pada PT PLN (Persero) Area Bekasi. JAM, 13(4): 677- 703.
Kuncoro, M. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kurniawan, A. 2015. Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Pt X Bandung. Jurnal Manajemen, 15(1): 95-118.
Ratnawati, R. 2015. Persepsi Auditor terhadap Penerimaan Perilaku Dysfunctional Audit dan Pengaruhnya terhadap Kualitas Audit. Jurnal TEKUN, 7(1): 1-16.
Rimper, R. R dan L. Kawet. 2014. Pengaruh Perencanaan Karir Dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Karyawan pada PT PLN (Persero) Area Manado. Jurnal EMBA, 2(4): 413-423.
Supartini, S. I., E. Sukarmanto dan M. Maemunah. 2017. Pengaruh Loucs of control, Self Esteem, Self Efficacy terhadap Kinerja Auditor dengan emotional Stability sebagai variabel moderating. Prosiding Akuntansi. 375-381.
Susanti, M. 2017. Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, dan Sensitivitas Etika Profesi Terhadap Kinerja Auditor dengan Kecerdasan Emosional Sebagai Variabel Moderating. JOM Fekon, 4(1): 1-11.
Sutiarsih, G. A., N. T. Herawati dan N. K. Sinarwati. 2014. Pengaruh Budaya Etis Organisasi, Idealisme, dan Relativisme terhadap Sensitivitas Etika Auditor (Studi Pada Aparatur Inspektorat Pemerintah Kabupaten Buleleng). E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1): 1-11.