PENGARUH DIMENSI FRAUD TRIANGLE TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DENGAN AKHLAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA AKUNTANSI UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Main Article Content

Andi Noor Wahidin
Ambo Asse
Lince Bulutoding
Namla Elfa Syariati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fraud triangle (tekanan, kesempatan, dan rasionalisasi) terhadap perilaku kecurangan akademik dengan akhlak sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 147 mahasiswa. Sampel yakni para mahasiswa jurusan Akuntansi yang telah atau sedang mempelajari mata kuliah auditing sehingga mampu memahami konsep fraud secara lebih baik. Analisis data menggunakan analisis regresi moderasi dengan uji nilai selisih mutlak.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik, tetapi kesempatan dan rasionalisasi tidak berpengaruh signifikan. Sedangkan hasil analisis regresi moderasimenunjukkan bahwa akhlak mampu memoderasi pengaruh tekanan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik. Namun tidak mampu memoderasi pengaruh kesempatan dan rasionalisasi terhadap perilaku kecurangan akademik.

Article Details

How to Cite
Wahidin, A. N., Asse, A., Bulutoding, L., & Syariati, N. E. (2021). PENGARUH DIMENSI FRAUD TRIANGLE TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DENGAN AKHLAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA AKUNTANSI UIN ALAUDDIN MAKASSAR. ISAFIR: Islamic Accounting and Finance Review, 2(1), 1-20. https://doi.org/10.24252/isafir.v2i1.20194
Section
Artikel

References

Albrecht, W. S., Chad, O. A., Conan, C. A., & Mark F. Z. 2012. Fraud Examination (Fourth Edition). South-Western: USA.
Alviani, V. N., A. Kurniawan, & B. Sugiharto. (2019). The Influence of Academic Pressure, Opportunity of Cheating and Rationalization of Cheating on The Behavior of Academic Cheating with Perception of Accounting Ethics as a Moderationg Variable (On STIE Sutaatmadja Subang Accounting Students). Accounting Reserch Journal as Sutaatmadja (Accruals). 1(1): 48-66.
Apriani, N., Edy S., & I Gede E. S. (2017). Pengaruh Pressure, Opportunity, dan Rationalization Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi S1). E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. 7(1): 1-11.
Aulia, Farah. (2015). Faktor – Faktor Yang Terkait Dengan Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal RAP UNP. 6(1): 23-32.
Becker, J., Paula, L., & J, M. (2006). Using the Business Fraud Triangle to Predict Academic Dishonesty Among Business Students. Academic of Educational Leadership Journal, 10(1), 37.
Bolin, A.U. (2004). Self Control, Perceived Opportunity, And Attitudes As Predictors Of Academic Dishonesty. The Journal Of Psychology: Interdisciplinary And Applied. 138(2): 101-114.
Bulutoding, Lince. (2017). Analisis terhadap Faktor-Faktor Penentu Perilaku Kepatuhan Pajak dalam Konsep Islam. Patria Artha Manajemen Journal. 1(2).
Dahlia, Eis. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Al-Ghazali. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung.
East, R. (1997). Consumer behaviour. London: Prentice Hall.
Fadillah. (2012). Kejujuran Salah Satu Pendongkrak Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 9(3): 968–980.
Fadri, Nurul. (2018). Peran Kecerdasan Spritual Memoderasi Pengaruh Dimensi Fraud Diamond dan Self Efficacy Terhadap Kecurangan Akademik. Economic Education Analysis Journal. 7(2): 430-448.
Feist, Jess, dan Gregory J. Feist. 2016. Teori Kepribadian: Theories of Personality Buku 1 Edisi 7. Terjemahan Handriatno. Jakarta: Salemba Humanika.
Fitriana, A., & Baridwan, Z. (2012). Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansu: Dimensi Fraud Triangle. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. 3(2): 161-331.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Indiantoro, Nur dan Supomo, Bambang. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Kusaeri. 2016. Studi Perilaku Cheating Siswa Madrasah dan Sekolah Islam Ketika Ujian Nasional. 11(2), 331–354.
Merdeka. 2012. Ratusan Mahasiswa Harvard Ketahuan Menyontek Saat Ujian Akhir. (online) https://Www.Merdeka.Com/Dunia/Ratusan-Mahasiswa-Harvard-Ketahuan-Menyontek-Saat-Ujian-Akhir.Html. [Diakses Tanggal 12 Oktober 2019].
Motifasari, E., Maslichah, & Mawardi, M. C. (2019). Pengaruh Dimensi Fraud Triangle Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi. E-JRA. 8(8): 66-85.
Nursalam, Bani, S., & Munirah. (2013). Bentuk Kecurangan Akademik (Academic Cheating) Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Lentera Pendidikan, 16(36): 127–138.
Pamungkas, D. D. (2015). Pengaruh Faktor-Faktor Dalam Dimensi Fraud Triangle Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas XI Akuntansi Smk Negeri 1 Tempel. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Ridhayana, R., Ansar, S., & Mahdi, S. A. H. (2018). Pengaruh Fraud Triangle Dan Tingkat Religiusitas Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Pada Mahasiswa S-1 Universitas Khairun). Jurnal Riset Akuntansi 5(2): 112-121.
Romney & Steinbart 2012. Accounting Information Systems: Global Edition Twelfth Edition. United States of America: British Library Cataloguing
Saidina, D. A., Nurhidayati, H., & Mawardi, M. C. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Kecurangan Akademik Dalam Perspektif Fraud Triangle Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi. 6(1): 1–14.
Santoso, D. dan Yanti, H. B. (2016). Pengaruh Perilaku Tidak Jujur dan Kompetensi Moral Terhadap Kecurangan Akademik Mahasiswa. Jurnal Akuntansi Trisakti. 3(1): 57-72.
Schunk, D. H. 2012. Learning Theory an Educational Perspektive (Teori-teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. (E. Hamdiah & R. Fajar, Eds). 6THEdition. Yogyakrta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cet. 6. Alfabeta, Bandung.
Wisnumurti, P. A., & Yulianto, A. (2017). Pengaruh Dimensi Fraud Diamond dan Proktinasi Akademik Terhadap Kecurangan Akademik Siswa Kelas X dan XI Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Tegal Tahun 2016/2017: 1–15.
Wolfe, D. T., dan D. R. Hermanson. (2004). The Fraud Diamond: Considering the Four Elements of Fraud.THE CPA JOURNAL: 38-42.
Zaini, M., Carolina, A., & Setiawan, A. R. (2016). Analisis Pengaruh Fraud Diamond dan Gone Theory terhadap Academic Fraud (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Se-Madura). Jurnal Promosi, Vol. 4: 1–20.
Zamzam, I., Mahdi, S. AR., dan R. Ansar. (2017). Pengaruh Diamond Fraud dan Tingkat Religiusitas Terhadap Kecurangan Akademik (Studi Pada Mahasiswa S-1 di Lingkungan Perguruan Tinggi Se-Kota Ternate). Jurnal Ilmiah-Akuntansi Peradaban. Vol. 3: 1-24.