PENGARUH FAMILY OWNERSHIP, POLITICAL CONNECTION DAN FIRM CHARACTERISTICS TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT PRACTICES DENGAN TAX AGGRESSIVENESS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Main Article Content

Muh. Fachrul Ryantama
Jamaluddin Majid
Suhartono Suhartono
Roby Aditiya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh family ownership, political connection, dan firm characteristics terhadap earning management practices dengan tax aggressiveness sebagai variable moderasi.. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data sekunder dengan mengambil laporan keuangan perusahaan manufaktur periode 2014-2018 dengan metode pengambilan Purposive Sampling dan diperoleh 10 perusahaan. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis regresi moderating dengan pendekatan uji residual.

Hasil penelitian dengan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa family ownership, political connection, dan firm characteristics berpengaruh positif dan signifikan terhadap earning management practices. Analisis regresi moderating dengan pendekatan uji residual menunjukkan bahwa tax aggressiveness mampu memoderasi family ownership dan firm characteristics terhadap earning management practices. Sedangkan tax aggressiveness tidak mampu memoderasi political connection terhadap earning management practices.

Article Details

How to Cite
Ryantama, M. F., Majid, J., Suhartono, S., & Aditiya, R. (2021). PENGARUH FAMILY OWNERSHIP, POLITICAL CONNECTION DAN FIRM CHARACTERISTICS TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT PRACTICES DENGAN TAX AGGRESSIVENESS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. ISAFIR: Islamic Accounting and Finance Review, 2(1), 74-82. https://doi.org/10.24252/isafir.v2i1.21426
Section
Artikel

References

Apriyani, Siti Rochmamah Ika, Henry Sarnnowo. 2019. Pengaruh Koneksi Politik Dan Corporate Governance terhadap Manajemen Laba. ISEI Economic Review, Vol. II,No. 1 hal.8-15.
Astuti, Pipit Widhi. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Kualitas Audit Terhadap Manajemen Laba. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Bestivano, Wildham. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Perataan Laba pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan di BEI). Universitas Negeri Padang.
Dewi, Putu Purnama dan Rego, Chanco M. D. 2018. Kompensasi Bonus, Kepemilikan Keluarga Dan Manajemen Laba. Jurnal Ilmiah Akuntansi & Bisnis, Vol. 3, No. 1.
Dwiyanti, K. T. 2017. Pengadopsian Standar Akuntansi Berbasis IFRS, Kepemilikan Keluarga, dan Manajemen Laba. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Vol.12. No.2. Pp.65-73.
Dwiyanti, K. T., dan Astriena, Meyta. 2018. Pengaruh Kepemilikan keluarga dan Karakteristik Komiteaudit terhadap Manajemen Laba. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga, Vol.3, No.2. hal.447-469.
Firdaus, M. F. 2018. Pengaruh Kepemilikan Keluarga Dan Hubungan Politikterhadap Praktik Manajemen Labadengan Agresivitas Pajak Sebagai Variabel Moderasipada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Universitas Pasundan.
Herni dan Susanto, Y. K. 2008. Pengaruh Struktur Kepemilikan Publik, Praktik Pengelolaan Perusahaan, Jenis Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Risiko Keuangan Terhadap Tindakan Perataan Laba (Studi Empiris Pada Industri Yang Listing Di Bursa Efek Jakarta). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 23, No. 3.
Lestari, Kurnia Cahya dan Wulandari, S. Oky. 2019. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Bank Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2016-2018). Jurnal Akademi Akuntansi 2019, Vol. 2, No. 1.
Pranoto, B. A., dan Widagdo, A. K. 2016. Pengaruh koneksi politik dan corporate governance terhadap tax aggresiveness. Seminar Nasional dan The 3rd Call for Syariah Paper (Sancall 2016 Universitas Muhammadiyah Surakarta), 472-486.
Utami, Meliana. 2017. Pengaruh Kepemilikan Keluarga Dan corporate Social responsibility terhadap Agresivitas Pajak Dengan manajemen Laba Sebagai Variabel Moderasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Utami, Wahyu Tri dan Setyawan, Hendri. 2015. Pengaruh Kepemilikan Keluarga Terhadap Tindakan Pajak Agresif Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun2010 - 2013). Conference in Business, Accounting, and management, Vol. 2 No. 1.
Wardani, D. K., dan Isbela, P. D. 2017. Pengaruh Strategi Bisnis dan Karakteristik Perusahaan terhadap Manajemen Laba. JRAK, Vol.13, No.2.
Widyastuti, Tri. 2007. Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Manajemen Laba dan Dampaknya pada Return Saham. Akuntabilitas, Vol.7, No.1 hal.38-44.
Yatulhusna, Najmi. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Umur, dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan MAnufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.