PENGARUH PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI AKUNTAN, KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI DENGAN AKHLAKUL KARIMAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Main Article Content

Hendra
Sumarlin Sumarlin
Raodahtul Jannah

Abstract

This study aims to examine the effect of understanding the ethical code of the accounting profession, intellectual intelligence and emotional intelligence on the ethical behavior of accounting students with akhlakul karimah as a moderating variable. This research is a quantitative research with a causal associative approach. The sample population in this study were students majoring in Accounting class of 2018, Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Alauddin Makassar. The sample collection technique used purposive sampling method with a total of 82 respondents. The data used in this study is primary data collected through a direct questionnaire survey. The results of this study indicate that understanding the ethical code of the accounting profession, intellectual intelligence and emotional intelligence have a significant positive effect on the ethical behavior of accounting students. Moderation analysis using the absolute difference value approach shows that the moderating variable akhlakul karimah is able to moderate the effect of understanding the code of ethics of the accounting profession on ethical behavior of accounting students but cannot moderate intellectual intelligence and emotional intelligence on ethical behavior of accounting students.

Article Details

How to Cite
Hendra, Sumarlin, S., & Jannah, R. (2023). PENGARUH PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI AKUNTAN, KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI DENGAN AKHLAKUL KARIMAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI. ISAFIR: Islamic Accounting and Finance Review, 4(1), 107-134. https://doi.org/10.24252/isafir.v4i1.36031
Section
Artikel

References

Abiprilia, S. R., & Widajantie, T. D. (2022). Pengaruh Idealisme, Relativisme, Gender dan Tingkat Pengetahuan terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi atas Perilaku Tidak Etis Akuntan. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2117–2125. https://doi.org/10.37301/jkaa.v15i1.19
Bulutoding, L. (2017). Analisis terhadap Faktor-“Faktor Penentu Perilaku Kepatuhan Pajak dalam Konsep Islam. Patria Artha Management Journal, 1(2), 1–11.
Darwati, Y. (2015). Keterlambatan Mahasiswa dalam Studi Ditinjau dari Teori Atribusi dari Weiner (Upaya mencari Solusi atas Keterlambatan Mahasiswa dalam Studi di Prodi Psikologi Islam STAIN Kediri ). UNIVERSUM, 9(1), 57–65.
Dharmayanti, M. D. (2017). Pengaruh Pengetahuan Etika Profesi Akuntan dan Orientasi Etis Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Creative Accounting. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Ermawati, N., & Susanti, D. A. (2016). Pengaruh Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Universitas Muria Kudus. Jurnal Ekonomi, 4(2), 101–208.
Ernawati, N., & Susanti, D. A. (2016). Pengaruh Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan Terhadap Perilaku Etis Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Universitas Muria Kudus. Buletin Ekonomi, 14(2), 149–158.
Handayani, S. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Lamongan. Jurnal EKBIS, 16(2), 809–817. https://doi.org/10.30736/ekbis.v16i2.63
Hendri, N., & Suyanto. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Etis Profesi Akuntan Pendidik (Studi Empiris pada Perguruan Tinggi di Provinsi Lampung). AKUISISI, 10(2), 21–37.
Himmah, E. F. (2013). Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Mengenai Skandal Etis Auditor dan Corporate Manager. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 4(1).
IAI, IAPI, & IAMI. (2021). Kode Etik Akuntan Indonesia.
Jamaluddin, & Indriasari, R. (2011). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Etika Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako. Pamator Journal, 4(1), 46–56.
Lucyanda, J., & Endro, G. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Universitas Bakrie. Media Riset Akuntansi, 2(2).
Mahadewi, D. P. L., Diatmika, I. P. G., & Adiputra, I. M. P. (2015). Pengaruh Intelligence Quotient (IQ) dan Emotional Spiritual (ESQ) Terhadap Perilaku Etis Profesi Akuntan Publik dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Bali). Jurusan Akuntansi Program S1, 3(1).
Masruroh, A. (2014). Konsep Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 67–68.
Musyadad, N. A. (2019). Pengaruh Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan dan Kecerdasan Mahasiswa Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri di Yogyakarta. Jurnal Nominal, 8(4), 71–86.
Nikmatuniayah. (2013). Komparasi Evaluasi Etis Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 4(1), 2013.
Nugraha, R., Alam, S., & Junaid, A. (2021). Menggagas Kode Etik Akuntan Publik dalam Bingkai Nilai Kearifan Lokal Budaya Bugis. Jurnal Ilmu Akuntansi, 3(2), 457–482.
Nursalam, Bani, S., & Munirah. (2013). Bentuk Kecurangan Akademik (Academic Cheating) Mahasiswa PGMI Fakultas Ekonomi dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 16(2), 127–138.
Oktavia, A. R., & Sundari, S. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Etis Mahasiswa. Seminar Nasional Akuntansi, 1(1), 349–359. http://syakira-blogspot.com/2008/11/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html
Pamela, A. (2014). Pengaruh Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan Terhadap Perilaku Etis pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. In Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Pasek, N. S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(1), 62–76.
Pohan, H. T. (2012). Persepsi Mahasiswa Tentang Nilai-Nilai Etika dalam Penyajian Pelaporan Keuangan Perusahaan yang Bertanggung Jawab. Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, 12(2), 13–55.
Primaraharjo, B., & Handoko, J. (2011). Pengaruh Kode Etik Profesi Akuntan Publik Terhadap Kualitas Audit Auditor Independen Di Surabaya. Jurnal Akuntansi Kontemporer, 3(1), 27–52.
Putri, ike N., & Kamayanti, A. (2014). Etika Akuntan Indonesia Berbasis Budaya Jawa, Batak, Dan Bali: Pendekatan Antropologis. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.
Ratih Manuari, I. A., & Devi, N. L. N. S. (2020). Pengaruh Kecerdasan dan Love of Money Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 30(11), 2969–2982. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i11.p19
Riasmini, K., Herawati, N. T., & Kurniawan, P. S. (2018). Pengaruh Gender, Tingkat Religiusitas, dan Pemahaman Kode Etik Akuntan Terhadap Pembuatan Keputusan Etis Mahasiswa (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Program S1 Universitas Negeri di Bali). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, 9(1), 167–177.
Riasning, N. P., Dartini, L. K., & Putra, I. M. W. P. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi di Kota Denpasar. Jurnal KRISNA; Kumpulan Riset Akuntansi, 9(1), 50–56. https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/krisna
Said, A. N., & Rahmawati, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Jurnal Nominal, VII(1), 21–32.
Sapariyah, R. A., Setyorini, Y., & Dharma, A. B. (2016). Pengaruh Muatan Etika Dalam Pengajaran Akuntansi Keuangan, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Surakarta). Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta, 13(2), 1–15.
Setyaningrum, R., Utami, H. N., & Ruhana, I. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan PT . Jasa Raharja Cabang Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), 211–220.
Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. In Jakarta: Alfabet.
Suryaningsih, D., & Wahyudin, A. (2019). Pengaruh Tiga Dimensi Kecerdasan dan Locus of Control Terhadap Perilaku. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 967–982. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35726
Tikollah, M. R., Triyuwono, I., & Ludigdo, H. U. (2006). (Studi pada Perguruan Tinggi Negeri di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan). Simposium Nasional Akuntansi, 9, 23–26.
Tohir, U. F. (2021). Pemikiran Etika Sufistik Al-Ghazali: Langkah-Langkah Memoderasi Akhlak. Al-I’jaz : Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah Dan Keislaman, 3(1), 59–81. https://doi.org/10.53563/ai.v3i1.50
Wahidin, A. N., Asse, A., & Bulutoding, L. (2020). Pengaruh Dimensi Fraud Triangle terhadap Perilaku Kecurangan Akademik dengan Akhlak Sebagai Variabel Moderasi pada Mahasiswa Akuntansi UIN Alauddin Makassar. Islamic Accounting and Finance Review, 1(1), 40–58.
Waqidatun, A. F., Wijayanti, A., & Agus Maulana. (2021). Nature of Industry, Ketidakefektifan pengawas, dan Kecurangan Laporan Keuangan: Moderasi Teknologi Informasi. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 2(2), 65–79.
Wicaksono, F. W. P. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Gender, dan Locus of Control Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi. In Skripsi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Yusdin. (2020). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus, dan Penegakan Hukum Pajak terhadap Perilaku Kepatuhan Wajib Pajak dengan Akhlakul Karimah sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi Muslim yang Terdaftar di KPP Prat. Skripsi Uiniversitas Islam Negeri Alauddin Makassar.