Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Quick on The Draw terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII MTs Hj. Haniah Maros

  • Ahmad Munawwir Ahmad UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • St. Aisyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas VII MTs Hj. Haniah sebelum penerapan model pembelajaran Cooperatif Type Quick On The Draw, 2) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas VII MTs Hj. Haniah setelah penerapan model pembelajaran Cooperative Type Quick On The Draw, 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Cooperative Type Quick on The Draw terhadap hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas VII MTs Hj. Haniah Maros. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-eksperimental design dengan jenis desain one group pretest-posttest design yang merupakan desain penelitian yang menggunakan satu kelompok tanpa adanya kelompok pembanding. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif hasil belajar peserta didik sebelum mendapatkan perlakuan menunjukkan skor maksimum yakni 80 dan skor minimum 45, dengan nilai rata-rata hasil belajar yang didapat adalah 59,70. Sedangkan hasil belajar peserta didik setelah mendapatkan perlakuan menunjukkan skor maksimum 90 dan skor minimum 55 dengan nilai rata-rata hasil belajar yang didapat yakni 76,50. Statistik Inferensial menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 29 diperoleh nilai signifikan dengan uji hipotesis dan uji paired sample test mendapatkan nilai sig. 0,001 sehingga nilai sig. lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). Maka Ho ditolak dan Hi diterima dengan tingkat kepercayaan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperatife Type Quick On The Draw efekt terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Hj. Haniah

References

Al-‘Adwany, Khalid Muthahhir. 2009. Al-Ta’allum al-Ta’awuny. t.p.

Anggraini, Hernita. “Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Pembelajaran Quick on The Draw Dengan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Fiqh di Pondok Pesantren Al-Qur’an Harsallakum Kota Bengkulu.” IAIN Bengkulu, 2019.

Ely, Irfan. “Studi Komparasi Hasil Belajar Peserta Didik Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick on The Draw Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Limit Fungsi Aljabar.” Scie Map J 1, no. 1 (2019): 37–42. https://doi.org/10.30598/smjvol1issue1hal37-42.

Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grapindo, 2015.

Khalid Muthahhir. Al-Ta’allum Al-Ta’awuniy, 2009.

Nasution, Mardiah Kalsum. “Penggunaan Model Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11, no. 1 (2017).

Rina, Rita Okta. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV MI Masyariqul Anwar Sukabumi Bandar Lampung.” Skripsi, UIN Raden Intan Lampung, 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Cet. XXVI. Bandung: Alfabeta, 2017.

Waris, Nur Ardia. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw (Kecepatan Berpikir) Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV MIN Sepabatu Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar.” Skripsi, UIN Alauddin Makassar, 2021.

Published
2023-09-30
How to Cite
Ahmad, A. M., & Aisyah, S. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Quick on The Draw terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII MTs Hj. Haniah Maros . Journal of Arabic Education and Linguistics, 3(1), 13-21. https://doi.org/10.24252/jael.v3i1.37698
Abstract viewed = 161 times