Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Video Animasi Bagi Siswa Kelas VII Pondok Pesantren Darul Ishlah Bulukumba

  • Asrullah UIN Aauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Yaumi
    (ID)
  • M. Yusuf T.
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis video animasi, (2) Mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran bahasa Arab berbasis video animasi. Kegunaan penelitian ini, bagi para pengajar, tentunya pengajaran berbantuan perangkat media pembelajaran berbasis video animasi ini juga membantu dalam penyampaian dan penyajian materi yang praktis dan efektif. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D), dimana pendekatan penelitian R&D merupakan suatu proses yang digunakan untuk mengembangkan dan menvalidasi produk-produk pendidikan. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan 5 tahap utama yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap implementasi program terhadap produk pengembangan dilakukan pengujian lapangan, dalam hal ini peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Ishlah Bulukumba sebagai objek uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran bahasa Arab berbasis video animasi telah diuji dan memperoleh penilaian dan validasi oleh ahli bidang masing-masing. Skor validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 47 dengan kriteria kevalidan adalah sangat valid. Skor validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 60 dengan kriteria kevalidan adalah sangat valid. Skor validasi yang diperoleh dari ahli bahasa sebesar 27 dengan kriteria kevalidan adalah sangat valid. Pada hasil tes belajar siswa,  diperoleh nilai rata-rata siswa pada tes atau quiz yang dilakukan setelah pembelajaran menggunakan media video animasi sebesar 91,66. Maka dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bahasa Arab berbasis video animasi berdasarkan hasil tes belajar siswa termasuk dalam kategori sangat efektif.

 

References

A. Hasan, Adtman, and Umi Baroroh. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Aplikasi Videoscribe Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” اـنـناـسل (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 9, no. 2 (2020).

Alfia, Indriani Made. “Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Universitas Negeri Malang, 2021.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. I. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.

Sholihatin, L. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Plotagon Pada Siswa Ma Nu Petung Panceng Gresik.” In Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, No. 1986, 320–26, 2020.

Supriadi, and Haslinda. “Pengembangan Media Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Berbasis Adobe Flash Pro Cs6 Bagi Siswa SMP.” Jurnal Literasi Digital 2, no. 1 (2022): 46–56.

Wiyani, Novan Ardy. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2013.

Published
2023-09-30
How to Cite
Asrullah, Muhammad Yaumi, & M. Yusuf T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Video Animasi Bagi Siswa Kelas VII Pondok Pesantren Darul Ishlah Bulukumba. Journal of Arabic Education and Linguistics, 3(1), 22-33. https://doi.org/10.24252/jael.v3i1.37968
Abstract viewed = 833 times