PENGARUH PERSEPSI PENGGUNAAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP PENGGUNAAN E-FILLING

  • Edy Susanto
  • Nurinayah Jimad

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) terhadap penggunaan e-filling. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Makassar Selatan. Penelitian ini menggunakan data primer, yaitu dengan cara melakukan penelitian langsung dilapangan dengan memberikan kuesioner/lembar pertanyaan kepada 39 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: secara parsial, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan sikap memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-filling.

 

Kata kunci : persepsi; kegunaan; kemudahan; sikap; e-filling

 

ABSTRACT

This study aims to examine the effect of the perception of the use of Technology Acceptance Model (TAM) on the use of e-filling. This research was conducted at the Pratama Tax Office (KPP) of South Makassar. This study uses primary data, namely by conducting research directly in the field by giving questionnaires / question sheets to 39 respondents. The data analysis method used is multiple regression analysis. The results of this study indicate that: partially, perceptions of usability, perceived ease, and attitude have a positive and significant influence on the use of e-filling.

Keywords: perception; usability; convenience; attitude; e-filling

References

DAFTAR PUSTAKA

Amoroso, D.L.,Gardner, C. 2004. Development of an Instrument to Measure the Acceptance of Internet Tehnology by Consumers. Proceedings of the 37Th Hawaii International Conference on System Sciences.Universitat Trier.Maui.

Chang, I. C., Li, Y. C., Hung, W. F., & Hwang, H. G. (2005). An empirical study on the impact of quality antecedents on tax payers' acceptance of Internet tax-filing systems. Government Information Quarterly, 22(3), 389-410.

Chin, W. and Todd, P. 1995. ”On the Use, Usefulness, and Ease of Use of Structural Equation Modeling in MIS Research: A Note of Caution,” Management Information System Quarterly.

Davis, F.S. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Acceptance of Information System Technology. MIS Quarterly Vol. 13, No. 3, h 319-339.University of Minessota.Minessota.

Dewi, A.A.,Ratih, Khomalyana. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Penerimaan Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-Filing. Skripsi. Fakultas Ekonomi.Universitas Diponegoro.Tembalang.

Direktorat Jenderal Pajak. 2008. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP 47/PJ/2008 tentang tata cara Penyampaian Surat Pemberitahuan Perpanjangan Surat Pemberitahuan Tahunan Secara Elektronik (e-Filling) melalui Perusahaan Penyedia Jasa (ASP).

Fishbein, M and Ajzen, I. 1975. Belief, Attitude, Intentions and Behaviour: An Introduction to Theory and Research. Addison-Wesely.Boston. MA.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Universitas Diponegoro.Semarang.

Gowinda, Gita. 2010. Analisis Perilaku Penerimaan Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-Filling (Kajian Empiris Wilayah Kota Semarang). Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Dipenogoro.

Hamzah, M. F., Ramdani, M. R., Muslim, A. H., & Jaya, S. L. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris pada KPP Pratama Kabupaten Sidrap). journal of institution and sharia finance, 1(1).

Lai, dan A.C.L. Yeung. 2008. The Driving Forces of Customer Loyalty : A Study of Internet Service Providers in Hongkong. International Journal of E-Business Research, Vol. 4. pp. 26-42.

Ndubisi, Nelson Oly, 2006. Effect of Gender on Customer Loyalty: A Relationship Marketing Approach, Marketing Intelligence And Planning, Vol. 24 No. 1, pp 46-61.

Pikkarainen, Tero et.al (2004). Consumer acceptance of online banking: An extension of the technology acceptance model. Journal Research. ABI/INFORM (Proquest) database.

Poon, J. M. L. (2003). Situational antecedents and outcomes of organizational politics perceptions. Journal of Managerial Psychology,138-155.

Pratama, Agustyan. 2008. Analisis Technology Acceptance Model (TAM) dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pemakai Sistem Informasi Berbasis Komputer. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro.

Prof. Dr. Rochmat Soemitro, S.H. 2007. Dasar-dasar Hukum Pajak dan Pajak Pendapatan. Bandung: Eresco.

Sudirman, S., & Muslim, M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Perusahaan Melakukan Tax Planning (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar Di KPP Madya Makassar). CESJ: Center Of Economic Students Journal, 1(1), 1-13.

Titis, W. (2011). Analisa Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Perilaku Wajib Pajak untuk Menggunakan e-filing. Studi Empiris Pada Wajib Pajak Badan Kota Semarang). Semarang. Universitas Diponegoro.

Triandis HC. (1980). Values, Attitudes and Interpersonal Behavior. University of Nebraska Press. Lincoln. NE.

Wang F et al. 2003. Purification, Characterization, and Cristallization of a Group of Earthworm Fibrinolytic Enzymes from Earthworm Eisenia fetida. Biotechnol. Lett.25: 1105 – 1109.

Wijaya, S.W. (2005). Kajian Teoritis Technology Acceptance Model Sebagai Model Pendekatan untuk Menentukan Strategi Mendorong Kemauan Pengguna dalam Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi.E-Indonesia Inititive.

Wiyono,Adrianto Sugiarto. 2008.Evaluasi Penerimaan Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-Filing sebagai Sarana Pelaporan Pajak secara Online dan Realtime.Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol.11,No.2,h.117-132. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Published
2019-06-30
Section
Vol. 5 No. 1
Abstract viewed = 2335 times