PERSPEKTIF AUDITOR BPKP PERWAKILAN PROVINSI SULAWESI SELATAN DALAM SITUASI KONFLIK AUDIT

  • Kirana Ikhtiari

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Untuk mengetahui faktor–faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku Auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan untuk mengetahui cara auditor Badan Pengawsan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam menyelesaikan situasi konflik audit yang terjadi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Observasi (pengamatan) dan Wawancara Terstruktur. Sedangkan, metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Triangulasi dan menarik simpulan.Lokasi penelitian pada Kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dengan mengambil populasi para auditor di kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dengan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu 10 orang auditor dengan jenjang jabatan sebagai auditor ahli yang terdiri dari auditor pertama, auditor muda dan auditor madya dengan pertimbangan auditor ahli mempunyai banyak pengalaman dalam melakukan audit

 

Kata Kunci : konflik audit, konflik peran, situasi konflik audit

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to find out the perspective of the auditor of the Financial and Development Supervisory Agency (BPKP), to find out what factors influence the behavior of Auditors of the Financial and Development Supervisory Agency (BPKP), and to find out how auditors of the Financial and Development Supervisory Agency (BPKP) in resolving audit conflict situations that occur. The research methods used in this study are Observation Methods and Structured Interviews. Meanwhile, the data analysis method used in this study is the Triangulation method and draw conclusions. Research location at the Office of the Financial and Development Supervisory Agency (BPKP) by taking a population of auditors at the Office of Financial and Development Supervision (BPKP) with samples using Purposive Sampling techniques that is 10 auditors with position levels as expert auditors consisting of the first auditor, young auditor and middle auditor with consideration of expert auditors having a lot of experience in conducting audits.

Keywords: audit conflicts, role conflict, audit conflict situations

References

DAFTAR PUSTAKA

Ade Imam Suhakim dan DickyArisudhana, 2011. Pengaruh Gender, Locus of Control, Komitmen Profesi dan Kesadaran Etis Terhadal Perilaku Auditor dalam Situasi Konflik Audit.Jurnal, Fakultas Ekonomi Universita Budi Luhur Jakarta, Jakarta: 38-55

Ashbaugh-Skaife. H. D. Collins, and W.Kinney. 2007. The discovery and reporting of material control deficiencies prior to SOX-mandated audits. Journal of Accounting and Economics 44 1 : 166-192.

Fanani, Zaenal, RhennyAfrianaHanif dan Bambang Subroto, 2008, Pengaruh struktur audit, konflik peran, dan ketidakjelasan peran terhadap kinerja auditor. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia: Vol.5,No.2

Hidayat, Widi, &Handayani, Sari. (2010). Peran Faktor-faktor Individual dan Pertimbangan Etis Terhadap Perilaku Auditor dalam Situasi Konflik Audit pada Lingkungan Inspektorat Sulawesi Tenggara. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Vol. 1. No. 1 April 2010. 83-112

Halim Abdul. 2004. Auditing 1 Dasar-Dasar Audit Laporan Keuangan, Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN, Yogyakarta

Herawati, TubanDrijah dan Sari Atmini. 2010. Perbedaan Perilaku Auditor dalam Situasi Konflik Audit Dilihat dari Segi Gender: Peran Locus of Control, Komitmen Profesi, dan Kesadaran Etis. Jurnal Aplikasi Manajemen Vol. 8, No. 02, Mei 2010: 531 – 545.

IchwanMaulana, 2012. Pengaruh Struktur Audit, Konflik peran, Ketidakjelasan Peran dan Locus of Control terhadap Kinerja Auditor.Skripsi, Jurusan Akuntansi Non Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

Muawanah, Umi dan NurIndriantoro. 2001. “Perilaku Auditor Dalam Situasi Konflik Audit:Peran Locus of Control, Komitmen Profesi dan Kesadaran Etis”. Jurnal RisetIndonesia. Vol. 4.No. 2. (Mey): 133 –150.

Mulyadi, Auditing Buku I, Salemba Empat. Jakarta, 2002.

Rahayu, SitiKurnia., Suhayati, Ely. 2010. Auditing Konsep Dasar dan Pedoman Pemeriksaan Akuntansi Publik, Edisi Pertama.Graha Ilmu. Yogyakarta.

http://www.academia.edu/10522559/PERATURAN_TERBARU_MENGENAI_J ABATAN_FUNGSIONAL_AUDITOR

Published
2019-06-30
Section
Vol. 5 No. 1
Abstract viewed = 420 times