ESTABLISHING RELIGIOUS CHARACTER THROUGH SCOUTING EXTRACURRICULAR ACTIVITIES AMONG STUDENTS AT BONE ISLAMIC SENIOR SCHOOL
Abstract
This article discusses the formation of the religious character of students through scout extracurricular activities where 1 Bone The type of research used by the author is qualitative research (Field Research). Qualitative research is descriptive, namely a form of research aimed at describing an object, existing phenomena which will then be outlined in a narrative writing. The key instrument is the researcher himself, namely the researcher as a planner, implementer in collecting data, analyzing, interpreting data, and reporting on the results of his research. In order to facilitate students so that their character can develop, the school forms many extracurricular activities to support the learning process.References
Ahmadi, Farid. Guru SD di Era Digital (Pendekatan, Media, Inovasi).Cet.I; Semarang: CV Pilar Nusantara, 2017.
Ahsanulkhaq, Moh.“Membentuk..Karakter..Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan”. Jurnal Prakarsa..Paedagogia. Vol. 2, No. 1 (Juni 2019). h. 22. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/index. (Diakses 17 Juli 2020).
Akbar, Eliyyil Metode Belajar Anak Usia Dini. Cet.I; Jakarta:Kencana, 2020.
Alwi, B. Marjani. Pendidikan Karakter: Solusi Bijak Menyikapi Perilaku Menyimpang Anak. Makassar: Alauddin University Press, 2014.
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. Metode Penelitian Kualitatif. Cet.I; Bandung: CV Jejak, 2018.
Anwar, Khoirul.“Model Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Penguatan Budaya Sekolah Religius di SMA Sultan Agung 3 Semarang”. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Pendidikan Islam. Vol. 2, No. 2 (Agustus 2019). h. 90. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/download/5155/3247. (Diakses 17 Juli 2020).
Anwar, Sudirman. Management of Student Development (Perspektif Al-Qur’an dan As-Sunnah). Cet.I; Riau: Yayasan Indragini,2015.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Aunillah, Nurla Isna. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana, 2011.
Azzet, Akmad Muhaimin. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media, 2011.
Baharun dan Mahmudah. “Konstruksi Pendidikan Karakter di Madrasah Berbasis Pesantren.” Jurnal Mudarrisun. 8(1), (2018). h: 153.
Dede Rosyada. Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan. Cet.I; Jakarta: Kencana, 2020.
Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Quraan dan Terjemahnya. Bandung: Diponegoro, t.th.
Efendi, Faisal, “Pembentuka Karakter Religius Siswa Melalui Pendidikan Humanis (Study Multi Kasus di SDN Jabong Pungging Mojokerto dan SDN Kemuning Tarik Sidoarjo)”. Tesis. Surabaya: Pascasarjana Universitas Islam negeri Islam Sunan Ample Surabaya, 2019.
F, Zainul. Buku Pintar Pramuka: Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan. Cet. II; Jakarta: Duta Prestasi, 2016.
Fathurrohman, Muhammad. Budaya Religius dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjaun Teoritik dan Praktik Kontekstualisasi Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Kaliimedia, 2015.
Fatmawati, dkk. Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar 2015: Scout. Gowa: Pusaka Almaida, 2015.
Fitri, Agus Zaenul. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Cet.I; Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta, 2012.
Hambali, Muh dan Eva Yulianti. Ekstrakurikuler Keagamaan terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di Kota Majapahit”. Jurnal Pedagogik. Vol. 05, No 02 (Juli-Desember 2018). h. 193. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik. (Diakses 17 Juli 2020).
Hanafi, Halid, La Adu, H. Muzakkir. Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Cet.I; Yokyakarta: Budi Utama, 2018.
Hanafi, Halid, La Adu, Zainuddin, Ilmu Pendidikan Islam. Cet.I; Yokyakarta: Deepublish, 2018.
Helakuddin dan Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik. Cet.I; Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffari, 2019.
Irama, Asep. “Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Mambentuk Karakter Siswa (Studi di SMPN Se-Kecamatan Tugu Mulyo)”. Tesis Curup: Program Pascasarjana Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup , 2018.
Irwan. Kearifan Lokal dalam Pencegahan HIV/AISD pada Remaja Beresiko Tinggi. Cet.I;Yogyakarta: Absolute Media,2018.
Jalil, Jasman. Pendidikan Karakter: Implementasi oleh Guru, Kurikulum dan Sumber Daya Manusia. Cet.I; Bandung: CV Jejak, 2018.
Jihad, Asep, dkk. Pendidikan Karakter Teori dan Aplikasi. Jakarta: Direktoral Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
Jusman. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pramuka pada Gugus Depan 157-158 MIN Sampit dan Gugus Depan 47-48 MTsN Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah”. Tesis. Banjarmasin: Program Pascasarjana Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin, 2017.
K, Abdullah. Tahapan dan Langkah-Langkah Penelitian. Cet. I; Watampone: Lukman al-Hakim Press, 2013.
Karimah, Tsaniyatul. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka (Studi Multikasus di SD Yimi Fullday School Gresik dan SD NU 1 Trate Gresik )”. Tesis. Surbaya: Program Pascasarjana Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2018.
Kartikowati, Endang dan Zubaedi. Psikologi Agama dan Psikologi Islami Sebuah Komparasi. Jakarta:Kencana, 2016.
Copyright (c) 2021 Rabiatul Adawiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.