APPLICATION OF JIGSAW TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL IN IMPROVING STUDENTS' CRITICAL THINKING CAPABILITIES AND MASTERING THE CONCEPT OF AKIDAH AKHLAK IN MI PARANAKENG 2

  • Nurlaila Nurlaila UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sulaiman Saat UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Saprin Saprin UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

This article discusses the application of the Jigsaw Cooperative Learning Model in Improving Students' Critical Thinking Skills and Mastery of Akhlak Concepts at Mi Paranakeng 2. This article uses a quantitative type of research, this study attempts to describe the current condition in a quantitative context. to determine the application of the independent variable, namely the Jigsaw recitation cooperative learning model on the dependent variable, namely the students' critical thinking ability and mastery of the concept of moral aqidah, and continued by calculating how much influence the independent variable had. In the learning process activities, the teacher or educator as the central figure of the teacher, and students as the subject of learning, are required to play a role in achieving educational goals in schools. At the same time, teachers and students are required in terms of knowledge, abilities, attitudes, so that the teaching and learning process can be carried out effectively and efficiently. The application of the jigsaw type of cooperative learning model at MI Paranakeng 2 was implemented properly and efficiently when researchers used it in teaching morals. 

Author Biography

Nurlaila Nurlaila, UIN Alauddin Makassar
Submit jurnal

References

Ali, Mohammad Daud. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.

Ahmadi, Abu. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Ariyanti, Ni Wayan Piasih, dkk., “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SD Cipta Dharma Denpasar“ e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar 3 (2013).

Baharuddin, dkk. Teori Belajar & Pembelajaran. Malang: AR-Rusmedia, 2007.

Bethalisa, dkk. “Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Jigsaw terhadap Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thingking Skills) Kelas XI pada Materi Sistem Perencanaan di SMA Negeri 1 Tanjung Raja”, Jurnal Pembelajaran Biologi 5, no. 2 (2018).

Cahyono, Budi. “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender”, Aksioma 8, no. 1 (2017).

Christina & Kristin. “Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4”, Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6, no. 3. (2016).

Dahana, Cendarayani Oni. “Profil Siswa Yang Memiliki Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta” Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, 2017.

Daradjat, Zakiah. Metodik khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta : Bumi Aksara, 1995.

Depag RI. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Semarang: MI Islamiyyah, 2007.

Direkorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Madrasah, dan Kementerian Agama Republik Indonesia. “Keputusan Menteri Agama No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah,” dalam Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 183 Tahun 2019. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2019.

Dirjen Bimbaga Islam. Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Percetakan Negara, 2003.

Filsaime, Dennis K. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakakarya, 2008.

Guzali. Makalah Membedakan Akidah Benar dan Salah. https//webkalong.blogspot. com/2019/03/makalah-membedakan-akidah-benar-dan.html?m=1 (6 Oktober 2020).

Al-Ghazali. Mukhtosar Ihya’ Ulumuddin. Turki: Dar al-Fikr, 1993.

Handayani, Hani, “Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar”, Pendas 5, no. 1 (2020).

Herawati, Lidia dan Irwandi, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 09 Lebong”. Seminar yang dipresentasikan dalam Seminar Nasional Sains dan Enterpreneurship VI Tahun 2019, 21 Agusutus 2019.

Hidayah,Ratna. “Critical Thinking Skill: Konsep Dan Inidikator Penilaian”, Jurnal Taman Cendekia 01 no. 02.(2017).

Huda, Miftahul. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Pembelajaran. Jogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Al Hisyam, Firdaus. Kamus Arab Indonesia. Surabaya: Gita Media Press, 2006.

Hisyam, Zaini, dkk. Strategi Pembelajaran Aktif.. Yogyakarta: CSTD, 2004.

Husnidar. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis”, Jurnal Didaktik Matematika”,. 1, no. 1, (2014): h. 13.

Ibrahim. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press, 2000.

Isjoni. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta ,2009.

Isjoni. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajara, 2010.

Johnson, Elaine B. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Center (MLC), 2007.

Kariasa, Wayan. “Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe STAD dengan Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.”Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha 3. (2015).

Karim and Normaya. “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama,”Jurnal Pendidikan Matematika”, . 3, no. 1, (2015).

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya (Semarang: CV Toha Putra, 2008).

Khatilistiwati, Marta dan Muhyadi Muhyadi. “Pengaruh Model Stad dan Jigsaw terhadap karakter kerja sama, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif” Jurnal Pendidikan Karakter no. 2 (2018): h. 1.

Laurens, Joyce M. “Integrasi riset dan desain: Sebuah pendekatan dalam pembelajaran di studio perancangan. Prosedding Seminar Nasional” Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Arsitektur Manajemen Studio Menuju Dunia Arsitektur Profesional Denpasar, 9-10 Februari 2008.

Lie, Anita, Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo, 2007.

Liliasari. “Peningkatan Mutu Guru dalam Keterampilan Berpikir Tingkat tinggi melalui model Pembelajaran kapita selekta Kimia sekolah lanjutan” Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Edisi 3 Tahun Vlll, (2003).

Lismaya, Lilis. Berpikir Kritis dan Problem Based Learning. Surabaya: Media Sahabat Cendekia, 2019.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Masitoh dan Laksmi Dewi. Strategi Pembelajaran. Jakarta : DEPAG RI, 2009.

Maskur, Moh. Mathematical Intelegence. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.

Mbay, Wa Ode Nurlina, dkk., “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)”, Jurnal Pendidikan Matematika 8, no. 1 (2015).

Miftahul, H. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar, 2013.

Al Mukarram, dkk., “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 12 Banda Aceh” Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan 4, no. 1 (2016).

Muhaimin. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Mulyati. Arifin. Strategi Belajar Mengajar Kimia, Prinsip dan Aplikasinya menuju Pembelajaran yang efektif. Bandung: JICA IMSTEP UPI Bandung, 2000.

Murti, Bhisma. Berpikir Kritis (Critical Thingking). Surakarta: Universitas Sebelas Maret, t.th.

Nasirudin, Mohammad. Pendidikan Tasawuf. Semarang: RaSAIL, 2009.

Nurdin, Muslim. dkk. Moral dan Kognisi Islam. Cet. III’ Bandung: CV. Alfabeta, 1995.

Nata, Abudin. Akhlaq Tasawuf. Jakarta: Raja Grafindo, 1996.

Nur, Mohamad. Model Pembelajaran Berbasisi Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA, 2011.

Nurdin, Syafruddin. dan Basyiruddin Usman, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Palennari, Muhiddin. “Potensi Integrasi Problem Based Learning dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa“, Jurnal Bionature 13, No. 1 (2012), h. 2.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Purwati, Ratna. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaranmodel Creative Problem Solving.” 7, no. 1, (2016).

Prameswari, Salvina Wahyu, dkk. “Inculcate Critical Thingking Skills in Primary School”, SHE’s Conference Series 1, no. 1 (2018).

Rahmaton. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Strategi REACT pada siswa kelas VII MTsN 6 Aceh Besar”, Skripsi, (Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah Uin Ar-Raniry, 2018).

Rasyad, Aminuddin. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press & Yayasan Pep-EX 8, 2003.

Razak, Nazruddin. Dienul Islam. Bandung: al-Ma’arif, 1984.

Rusdi, Hanumi Oktiyani. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Pembelajaran Sistem Koloid Melalui Metode Praktikum dengan Menggunakan Bahan sehari-hari. Bandung: UPI Bandung, 2007.

Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2010.

Rusyna, Adun. Keterampilan Berpikir. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2014.

Saat, Sulaiman dan Sitti Mania, Pengantar Metodologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula. Gowa: Pusaka Almaida, 2014.

Sabri, Alisuf. Pengantar Pasikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2001.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013.

Sari, Diah Prawita. “Mengembangkan Kemampuan Self Regulation: Ranah Kognitif, Motivasi, dan Metakognisi”, Delta Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 3, no. 2 (2014).

Shoimin, A. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalamKurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2003.

Solihatin, E. dan Raharjo, Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Sukmaningtyas, Bethalisa, dkk, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thingking Skills) Kelas XI pada Materi Sistem Pencernaan di SMA Negeri 1 Tanjung Raja”, Jurnal Pembelajaran Biologi 5, no. 2 (2018).

Suprijono, Agus. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Susanti, Evi, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN Margorejo VI Surabaya melalui Model Jigsaw” Biodusiana 4, no. 1 (2019).

Sutrisno, Joko. Menggunakan Keterampilan berpikir untuk meningkatkan Mutu Pembelajaran. http://www.erlangga.co.id diakses 22 januari 2010.

Trianto. Model – Model Pembelajaran Inovatif. Prestasi Pustaka: Jakarta, 2007.

Al-Utsaimin, Muhammad bin Shalih. Ulasan tentang Tiga Prinsip Pokok terj. Zainal Abidin Syamsuddin. Jakarta: Yayasan al-Shofwa, 2000.

Wati, Mailinda dan Welly Anggraini, “Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisik”, Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 02, no. 1 (2019).

Widodo, Ari, dkk, Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPU PRESS, 2007.

Wijaya, Cece. Pendidikan Remedial Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2010.

Winarno, Surachmad. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tasito, 1989.

Yasin, Al Fatan. Dimensi-dimensi Pendidikan Islam. UIN-Malang Press, 2008.

Zahruddin dan Hasanuddin Sinaga. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Raja Grafindo Persana, 2004.

Published
2021-12-10
Section
Artikel
Abstract viewed = 215 times