THE EFFECT OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHERS TO LEARNING STUDENTS’ SPIRIT AT ENREKANG JUNIOR HIGH SCHOOL

  • Rizqy Mutmainnah Amin UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Erwin Hafid UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Baharuddin Baharuddin UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

The objectives of this study are to describe the leadership of Islamic Religious Education teachers in class VIII of Junior High School (SMPN) 1 Enrekang. It also describe the motivation of students in class VIII SMPN 1 Enrekang. The paper also describe the learning interest of students in class VIII of SMPN 1 Enrekang as well as testing the influence of Islamic Religious Education teacher leadership on the motivation of students in class VIII of SMPN 1 Enrekang. Besides, the research also test the influence of Islamic Religious Education teacher leadership on students' learning interest in class VIII of SMPN 1 Enrekang. Furthermore, it test the influence of Islamic Religious Education teacher leadership on students' motivation and interest in learning in class VIII of SMPN 1 Enrekang. Thus, there is an influence of the leadership of Islamic Religious Education teachers on the learning interest of students in class VIII of SMPN 1 Enrekang.

Referensi

Abdul Aziz, Hamka. Karakter Guru Profesional. Cet. I; Jakarta: Al-Mawardi Prima, 2012.

Abu Bakar, Norashikin dan Ramli Basri, “Hubungan Kepemimpinan Guru dengan Pencapaian Akademik Pelajar”, International Journal of Education and Training (InjET) 1, no. 2 (November, 2015): h.1.

A.M, Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 2018.

_______. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014.

Aritonang, Keke T. “Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Penabur 1, no. 10 (Juni 2008): h. 11.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet. XV; Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Arifin, H.M. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

_______. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Bahti Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Danim, Sudarwan. Visi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

_______. Menjadi Komunitas Pembelajar Kepemimpinan Transformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. II; Bandung: Alfabeta, 2011.

Departemen Pendidikan Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.

DJaali, H. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

E. Coffey, Robert, dkk. Management and Organizational Behavior. Illionis: Irwin Austen Press, 2006.

Fiedler, E. Fred. A Theory of Leadership Effectiveness. New York: Mc. Graw Hill, 1976.

Getteng, Abd. Rahman, Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika. Cet. IX; Yogyakarta: Graha Guru, 2014.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Hasan, M. Iqbal. Pokok-pokok Materi Statistik 2 Statistik Inferensial. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Hesey, Paul dan Kenneth P. Blanchard. Management of Organizational Behavior, Utilizing Human Resources. New Yersey: Prentice Hall Englewood Cliffs, 2007.

Hidayah, Nurul. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Cet. I; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Hizbul Muflihin, Muh. “Kepemimpinan Pendidikan: Tinjauan terhadap Teori Sifat dan Tingkah-laku”. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan 13, no 1 (April 2008): h. 1.

H. Sinamo, Jansen dan Agus Santoso. Pemimpin Kredibel, Pemimpin Visioner. Jakarta: Instituit Darma Mahardika, 2002.

Indriyani, Mela dan Joko Widodo, “Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Kualitas Pembelajaran Kewirausahaan”, Economic Education Analysis Journal 8, no. 2 (Juni, 2019): h. 681.

Iskandar. Psikologi Pendidikan. Ciputat: Gaung Persada Press, 2009.

Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu?. Jakarta: Rajawali Press, 2008.

Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta, 2014.

Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Diponegoro, 2014.

Kementerian Agama RI. “Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah PAUD/TK, SD, SMA/SMK”. (Jakarta, 2011), h. 9.

Kementerian Agama RI. “Peraturan Menteri Agama No.16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah”. Jakarta: 2010.

Khairani, Makmum. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2013.

Kholifah, Nur Rima, dkk, “Kepemimpinan Guru PAI dalam Pembelajaran di Kelas”, Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 5, no.1 (September, 2020): h. 106.

Komariyah, Aan dan Cepti Triatna. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Kotter, J.P. Leading Change Menjadi Pionir Perubahan. Jakarta: Gramedia, 2007.

Kurniadin, Didin dan Imam Machali. Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Cet. III; Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Marlina, Leny. “Tipe-Tipe Kepemimpinan dalam Manajemen Pendidikan”, Jurnal Ta’dib 18, no. 02 (November, 2013): h. 215.

Margareta, Elisabeth. “Pengaruh Kepemimpinan Guru Yang Demokratis Terhadap Minat Belajar Siswa Akuntansi di Kelas X SMK YP. HKBP Pematangsianta”, Jurnal Pendidikan Ekonomi 1, no. 01 (Agustus, 2019): h. 18.

Nursalam. Statistik Untuk Penelitian. Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2011.

Rahman Shaleh, Abdul dan Muhbib Abdul Wahab. Psikologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Prenada Media, 2004.

Republik Indonesia.. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional”. Jakarta, 2003.

Ricardo dan Rini Intansari Meilani, “Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2, no. 2 (Juli 2007): h.188.

Riduwan. Dasar-Dasar Statistika. Cet. VIII; Bandung: Alfabeta, 2010.

Rivai, Veithzal dan Arviyan Arifin. Islamic Leadrship Membangun Superleadership melalui Kecerdasan Spiritual. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Robbins, P. Stephen. Organizational Behavior. New Jersey: Prentice-Hall, 2007.

Rusdiana, Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Diterbitkan
2021-12-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 195 times