Usaha Peternakan Sapi Perah dan olahan susu ‘Nursi’di Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang Melalui Pemanfaatan Limbah Pertanian

  • Amriana Hifizah Universitas Islam Negeri Alauddin
    (ID)
  • Faikatushalihat Faikatushalihat Universitas Islam Negeri Alauddin
  • Astati Astati Universitas Islam Negeri Alauddin
    (ID)
  • Muhammad Arsan Jamili Universitas Islam Negeri Alauddin
    (ID)

Abstract

Karya tulis ini merupakan ringkasan laporan kegiatan lapangan pada peternakan sapi perah di Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang. Usaha peternakan ini menjadi contoh bagi pengusaha ternak lainnya di daerah tersebut, karena memanfaatkan limbah pertanian berupa ampas tahu dan jerami jagung. Ampas tahu dan dedak digunakan sebagai konsentrat, lalu jerami jagung sebagai pakan alternatif pengganti pakan basal saat persediaan hijauan tidak mencukupi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan limbah pertanian dapat menjamin keberlangsungan usaha ternak perah dan meningkatkan produksi susunya. Pada peternakan ‘Nursi’ ini terdapat 12 ekor sapi perah Fries Holland (FH), 8 ekor laktasi dan 4 ekor kering kandang dengan bobot badan rata-rata 350kg. Rata-rata produksi susu 14L/ekor/hari, produksi dangke 15 buah/hari dan krupuk dangke 59 bungkus/hari, dengan rata-rata jumlah pendapatan bersih total perbulannya sekitar 20 juta rupiah. Dengan melakukan kombinasi pemberian pakan asal limbah pertanian/industri tersebut dengan pakan basal rumput gajah, usaha peternakan sapi perah dan olahan susu Nursi ini sangat berpotensi untuk menjamin kesejahteraan keluarga peternak khususnya. Informasi ini akan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan usaha peternakan sapi perah dan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang pada umumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arora S.P. 1995. Pencernaan Mikroba pada Ruminansia. Yogyakarta. UGM Press.

Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan. 2019. Propinsi Sulawesi Selatan dalam angka. https://sulsel.bps.go.id/publication/2019/08/16 diakses tanggal 18 November 2020.

Nappu, M.B. 2013. Sebaram potensi limbah tanaman padi dan jagung serta pemanfaatannya di Sulawesi Selatan. Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian.

Riski P., Purwanto B.P., dan Atabany, A. 2016. Produksi dan Kualitas Susu Sapi FH Laktasi yang diberi Pakan Daun Pelepah Sawit. Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan, 4 (3), 345-349

Sidqi, R., Makin, M., dan Suharwanto, D. 2014. Pengaruh pemberian konsentrat basah dan kering terhadap efisiensi produksi susu dan efisiensi ransum terhadap sapi perah peranakan FH. Student e-Journal, 3 (4), 1-10.

Suprapti, M.L. 2005. Pembuatan Tahu. Kanisius. Yogyakarta.

Trisnadewi, A.A.A.S., Cakra., I.G.L.O., dan Suarna, I.W. 2017. Kandungan nutrisi silase jerami jagung melalui fermentasi pollard dan molases. Majalah Ilmiah Peternakan, 20 ( 2), 55-59.

Published
2020-12-31
How to Cite
Hifizah, A., Faikatushalihat, F., Astati, A., & Jamili, M. A. (2020). Usaha Peternakan Sapi Perah dan olahan susu ‘Nursi’di Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang Melalui Pemanfaatan Limbah Pertanian. Jurnal Ilmu Dan Industri Peternakan , 6(2), 123-128. https://doi.org/10.24252/jiip.v6i2.18317
Section
Article
Abstract viewed = 1359 times