Pengaruh Terapi Akupunktur Pada Pasien Hipertensi Di Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat Makassar

  • Hasnah Hasnah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Dian Ekawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Pendahuluan: Hipertensi adalah penyakit yang disebut sebagai the silent killer, Penyakit ini  penyumbang kematian akibat penyakit tidak menular (PTM) yang meningkat pada tahun 2013 dari 41,7% menjadi 60%   dan  menyebabkan penyakit lain contohnya adalah serangan jantung, stroke gangguan ginjal, dan juga kebutaan, saat ini terdapat 600 juta penderita hipertensi diseluruh dunia, dan 3 juta diantaranya meninggal setiap tahunnya, 7 dari setiap 10 penderita tersebut tidak mendapatkan pengobatan secara adekuat. Salah satu terapi komplementer yang dapat digunakan untuk mengobati hipertensi adalah Akupunktur. Metode: Metode penelitian berupaPre-Experimental One Group Pretest-Posttest. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 1 Februari - 1 Maret 2016. Analisa data menggunakan uji statistikPaired t-test. Pengumpulan sampel menggunakan metode Accidental Sampling dan diperoleh 10 responden. Hasil: Hasil uji Paired t-test  data tekanan darah sistol  diastol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menunjukkan p value =0.000, hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan terapi akupunktur dalam menurunkan tekanan darah sistol dan diastol pada pasien hipertensi. Terapi akupunktur dapat mengharmonisasikan aliran qi dan darah sehingga akan merelaksasikan spasme dan menurunkan tekanan darah. Selain itu penusukan akupunktur pada titik tertentu merupakan Diskusi: Selain itu penusukan akupunktur pada titik tertentu merupakan rangsangan pada saraf aferen yang akan diteruskan ke cornu posterior medulla spinalis kemudian ke cornu intermediolateral lalu kesusunan saraf otonom yang menimbulkan hambatan rangsangan simpatis sehingga terjadi vasodilatasi. Jadi terapi  komplementer ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi seseorang yang mengalami hipertensi. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Kristiani. 2006. Keinginan Pindah Kerja Tenaga Kesehatan Di Daerah Terpencil Kabupaten Kotawaringin Timur. Program Magister Manajemen Pelayanan Kesehatan Universitas Gajah Mada Jogjakarta. http ://Irc-kmpk.ugm.ac.id

Alimul Hidayat, Aziz. 2008. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika

Amirullah, Abd Malik, Abd Karim. 1983. Tafzir Al-Ahzar. Jakarta : Pustaka Panjimas

Asmuji. 2011. Manajemen Keperawatan. EGC: Jakarta

Azisah Hamzah. 2011. Analisis Faktor Keinginan Pindah Kerja (Intention Turnover)Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kabupaten Buol Prov Insi Sulawesi Tengah, Tesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit Depok, Universitas Indonesia.

Badan Kepegawaian Negara tahun 2010.

Budiarto, 2006. Pengembangan Model Rekrutment dan Pendayagunaan Tenaga Keperawatan di DaerahTerpencil. Litbang Depkes

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya.

Departeman Kesehatan RI 2009.

Fatoni. A. 2006. Manajeman Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Asdi Masatya

Fina Jusuf. 2010. Kajian terhadap Kecendrungan Turnover perawat di Pelayanan Kesehatan Sint Carolus, Tesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit Depok, Universitas Indonesia.

Fineman, S., Sims, D., and Gabriel, Y. 2005. Organizing and Organizations Third Edition. British : Sage Publication, Ltd.

Hana Chrysanti Widyastuti, 2009. Hubungan antara Budaya Organisasi dengan Komitmen Organisasi pada Perawat Rumah sakit Panti Wilasa Citarum Semarang.

Haryati. 2007. Turnover Tenaga Perawat di Rumah Sakit Harapan Bunda Batam, Tesis, Minat Utama Manajemen Rumah Sakit, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Jurusan Ilmu Kesehatan, Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Hasibunan. 2005. Manajeman Sumber Daya Manuasia (edisi revisi). Jakarta : Bumi Aksara Nuraini, 2006. Kejadian turnover tenaga kesehatan ditinjau dari motivasi keraja, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara Medan.

Hatton. 2003. Mengelolah Karyawan. Yogyakarta : AMUS

Hastono, SP., 2006. Analisis Multivariat. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

Iliyas. 2003. Kiat Sukses Manajemen Tim Kerja. Jakrta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Nursalam. 2012. Manajemen Keperawatan. Salemba Medika : Jakarta

Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan Edisi Revisi. Jakarta; Rineka Cipta.

Novliadi, Ferry. 2008. Intensi Turnover Karyawan Ditinjau dari Budaya Perusahaan dan Kepuasan Kerja, Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Medan.

Paul Morrison & Philip Burnard.2008.Carring & Communicating. EGC : Jakarta

Risnah. 2011. Metodelogi Asuhan Keperawatan. Makassar: Alauddin Press.

Rita Andini. 2006. Analisis Kepuasan Gaji, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention, Tesis, Program Studi Magister Manajeman Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Robbins, SP. 2006. Perilaku Organisasi, edisi enam, ahil bahasa oleh tim Indeks. Jakarta : PT Indeks.

Rosamey Elleke Langitan, 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Turnover Perawat Pelaksana Tahun 2009 di Rumah Sakit Bhakti Yudha Depok , Tesis. Magister Ilmu Keperawatan Kekhususan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan Universitas Indonesia.

Roussel, Linda with Swansburg, Russel C and Swansburg, Richard, 2006, Nursing Management and Leadership, fourth edition, Jones and Barlett Publisher, Sudbury, Massachusetts, USA.

Shihab, M.Quraish. 2002. Tafzir Al-Mishbah. Jakarta : Lantera Hati.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Cetakan ke-8. Bandung : Alfabeta

Suharjono, S.P. 2007. Analisis Data Kesehatan. Jakarta : Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia.

Suyadi, endang. 2002. Hubungan Karakteristik Demografi dan persepsi tugas terhadap reward system dengan motivasi kerja perawat pelaksana di RSI. Jakarta. Tesis. Program Pasca Sarjana. FKI-UI.

Wirawan. 2007. Kapita selekta teori kepemimpinan. Cetakan pertama. Jakarta : Uhanka Pres.

Published
2016-07-03
How to Cite
Hasnah, H., & Ekawati, D. (2016). Pengaruh Terapi Akupunktur Pada Pasien Hipertensi Di Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat Makassar. Journal of Islamic Nursing, 1(1), 41-46. https://doi.org/10.24252/join.v1i1.3505
Abstract viewed = 3871 times