Pengaruh Pelaksanaan Sistem Informasi Akademik (SIAKA) dengan Kepuasan Mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar.
Abstract
Abstract
Kualitas atau mutu sistem informasi akademik yang baik akan memberikan kepuasan kepada pengguna. Ketika para pengguna puas terhadap sistem informasi dan mengintegrasikan sistem informasi ke rutinitas mereka, maka sistem informasi menjadi efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah pengaruh pelaksanaan SIAKA dengan kepuasan mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar tahun akademik 2014/2015 sebanyak 2356 mahasiswa, sampel sebesar 238 responden. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan probability sampling dengan teknik Proportionate Stratified Samplin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas SIAKA terbanyak pada kategori kurang efektif yaitu sebesar 101 (42,2 %) selanjutnya pada kategori tidak efektif 101 (37,8 %) dan efektif 47 (19,7%). Pada tingkat kepuasan terbanyak pada kategori kurang efektif yaitu sebesar 99 (41,6 %) selanjutnya pada kategori tidak efektif 88 (37 %) dan efektif 51 (21,4%). Dari hasil uji statistic Chisqueare diperoleh nilai P sebesar 0,000 atau < dari 0,005 yang berarti terdapat pengaruh efektifitas SIAKA terhadap tingkat kepuasan mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar. Kesimpulan: efektifitas SIAK masih kurang efektif, kepuasan mahasiswa terbanyak pada kategori kurang puas dan jika efektifitas SIAKA kurang maka kepuasan mahasiswa juga akan semakin rendah. Saran: perlu dilakukannya training tentang operasional penggunaan Portal akademik terutama bagi mahasiswa baru, peningkatan layanan SIAKA teruatama dalam hal peningkatan SDM pemberi layanan SIAKA, kecepatan akses SIAKA dan keakuratan informasi yang disajikan dalam SIAKA dan peningkatan fasilitas Wi-Fi untuk meningkatkan akses SIAKA bagi mahasiswa
Downloads
References
Napitupulu, Ester Lince . (2012). Teknologi Komunikasi Informasi Belum Dioptimalkan untuk Pendidikan. Edukasi kompas.com/read/ 2012/ 04/21 /10503349 / Teknologi. Komunikasi Informasi Belum Dioptimalkan.untuk. Pendidikan. [21 April 2012]
Telkomy Indonesia. (2012). Telkom Umumkan Seratus Perguruan Tinggi Terbaik Implementasikan TIK. http://www.telkom.co.id/telkom-umumkan-seratus-perguruan-tinggi-terbaik-implementasikan.tik. html. [14 Maret 2012]
Indrayani, Etin. (2011). Pengelolaan Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1 April 2011 ISSN 1412-565X
Faqih Abdul (2011) Penerapan Konsep Perencanaan Sistem Informasi 0020
Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP dan MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Mediakita.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu PendekataN Praktik Jakarta : PT Rineka Cipta. Chalil, Achjar dan Hudaya
Lactuconsina. 2008. Pembelajaran Berbasis Fitrah. Jakarta : Balai Pustaka.
Deswindi, Leli. 2009. Pengukuran Tingkat Kepuasan Dosen dan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran E-Learning pada Universitas Bunda Mulia. Business & Management Journal Bunda Mulia Vol. 5. No. 1.
Giantari, I Gusti Ngurah Jaya Agung Widagda, I Gusti Agung Ketut Sri Ardhani, M dan Gede Bayu Rahanatha. 2008. Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Proses Belajar Mengajar di Program Diploma III FE UNUD. BULETIN STUDI EKONOMI Vol. 13. No. 1. 52
Margono, Gaguk. 2005. Validitas Konstruk Instrumen Pengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa sebagai Pelanggan Internal Jurnal PTM. Vol. 5. No. 1. 9
Martilla, John A. dan John C. James. 1977. Importance Performance Analysis Journal of Marketing Vol. 41. No.1. 77
Riwidikdo, Handoko. 2008. Statistik KesehatanYogyakarta : Mitra Cendikia Press. Saputra, Agus. 2011. Step by Step Membangun Aplikasi SMS dengan PHP dan MySQL.Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Supriyanto, Aji. 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Salemba Infotek Tim PEKERTI- AA 2007. Panduan Evaluasi Pembelajaran Surakarta : UNS.
Tjiptono, Fandy. 2000. Perspektif Manajemen & Pemasaran kontemporer. Yogyakarta : ANDI. Widarti, Ari, I. A Eka Padmiari dan Ketuk Lilik Arwati. 2008. Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Proses Belajar Mengajar di Jurusan Gizi POLTEKKES DEPKES Denpasar. urnal Skala Husada. Vol.5. No.2. 163
Juran, J. M (1995). Merancang Mutu. Edisi 1. Jakarta:PPM
Kotler, P. (1997). Marketing Management 9th edition. New Jersey. Prentice Hall International. Inc
Rao, K. R. M (2005). Services Marketing. Pearson Education
Simamora, B. (2001). Remarketing for Bussines Recovery. Jakarta. Gramedia