PERSEPSI PASIEN RAWAT INAP TERHADAP MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DARA’ KABUPATEN POLEWALI MANDAR

  • Reskiana Amelia
  • Hamziah Hamsah
  • Abu Bakar Betan

Abstract

Dewasa ini masalah kesehatan telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat, maka semakin meningkat pula tuntutan masyarakat akan kualitas kesehatan. Hal ini menuntut penyedia jasa pelayanan kesehatan seperti rumah sakit untuk meningkatkan mutu pelayanan yang lebih baik, tidak hanya pelayanan yang bersifat penyembuhan penyakit tetapi juga mencakup pelayanan yang bersifat pencegahan (preventif)untuk meningkatkan kualitas hidup serta memberikan kepuasan bagi konsumen selaku pengguna jasa kesehatan.
Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan sesuai dengan tingkat kepentingan rata-rata pasien serta penyelenggaraannya sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Dua unsur penting dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan adalah tingkat kepentingan pasien sebagai pengguna jasa dan pemenuhan kepentingan pasien sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan.
Terdapat lima determinan mutu pelayanan menurut Kotler yaitu : Keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empaty (kepedulian) dan berwujud (tangible). Desain penelitian adalah deskriptif kualitatif - kuantitaf dengan metode cross sectional. Dimana pasien rawat inap menjadi sampel, dengan jumlah sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah 30 sampel. Hasil analisa uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaaan yang berarti antara penilaian harapan dan kenyataan yang diterima oleh pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Dara’ Kab. Polman karena nilai significant level (2- tailed) lebih kecil dari 5%. Dan hasil analisa diagram kartesius menunjukkan bahwa pemberian informasi yang jelas dan mudah dimengerti dan pelayanan kepada pasien tanpa memandang status sosial dan lain - lain merupan hal yang perlu ditingkatkan pelaksanaannya oleh pihak rumah sakit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Quran dan Terjemahannya, Medinah Munawwarah : Mujamma Kadimah Al - Haramainasy syarifain al Malik fahd li thiba’at Al Mush – haf asy syarif.

JOURNAL OF

Aditama, Tjandra Yoga. 2002 Manajemen Administrasi Rumah Sakit, VI Press 200, Jakarta.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT Rineka Cipta:Jakarta.

Aritonang, L.R.2005. Kepuasan Pelanggan, PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta. Gaspers. 2002. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Gramedia:Jakarta. Edisi Revisi V. Penerbit PT Rineka Cipta. Jakarta.

Joewono. 2007. http ://www.klinis wordpress.com/kualitas-pelayanankeperawatan/. Kotler, Philip. 2000. Marketing Management. (Edisi Indonesia oleh Hendra Teguh, Ronny dan Benjamin Molan). PT Indeks: Jakarta.

Nursalam. 2007. Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktek Keperawatan Propesional. Penerbit Salemba Medika. Jakarta.

Nursalam.2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Salemba Medika. Jakarta.

Purnama, Nursya,bani. 2006. Manajemen Kualitas Perspektif Global. Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Penerbit Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.

Published
2016-12-02
How to Cite
Amelia, R., Hamsah, H., & Betan, A. B. (2016). PERSEPSI PASIEN RAWAT INAP TERHADAP MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DARA’ KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Journal of Islamic Nursing, 1(2), 20-27. https://doi.org/10.24252/join.v1i2.3973
Abstract viewed = 183 times