HUBUNGAN GOLONGAN DARAH DENGAN GAYA BELAJAR KOLB LEARNING STYLE INVENTORY MAHASISWA KEPERAWATAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • muhammad anwar hafid
  • Eny Sutria

Abstract

Gaya belajar merupakan cara termudah yang dimiliki oleh individu dalam menyerap, mengatur, dan mengelola informasi yang diterima. Gaya belajar yang sesuai adalah kunci keberhasilan seseorang dalam belajar. Jika keberhasilan dalam tercapainya tujuan Pendidikan bergantung pada kegiatan belajar mengajar, maka keberhasilan proses belajar mengajar itu sendiri tidak bias lepas dari gaya belajar peserta didik. Salah satu metode yang digunakan dalam menentukan gaya belajar adalah model Learning Style Inventory yang dikenalkan oleh David Kolb dan menghasilkan kesimpulan adanya empat gaya belajar yang umum, yaitu Diverger, Assimilator, Accomodator, dan Converger.

Desain penelitian ini menggunakan Total Sampling yaitu semua mahasiswa S1 keperawatan UIN Alauddin Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar semester II, IV, dan VI dengan jumlah 155 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis bivariat yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan uji spearman, didapatkan hasil nilai  p = 0,426 atau  p>0,05 yang memiliki arti hipotesis nol (H0) diterima karena kekuatan korelasi antar variabel yang lemah selain itu nilai  r= -.064 yang berarti korelasi positif sehingga hipotesis  nol (H0) diterima yakni tidak ada hubungan yang signifikan antara golongan darah dengan gaya belajar Kolb.

Hasil penelitian ini direkomendasikan bagi institusi Keperawatan UIN Alauddin Makasssar agar dapat memperhatikan gaya belajar mahasiswa sesuai dengan karakteristiknya sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia, Winda. Memahami Karakter dan Kepribadian Orang Berdasarkan Golongan Darah. Yogyakarta: SinarKejora, 2015.

Afandi M., Evi Chamalah., Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di sekolah.Unissula Press

Arjanggi, R. & Suprihatin, T.2010. Metode pembelajaran tutor teman sebaya meningkatkan hasil belajar berdasarkan regulasi-diri. Mekara, Sosial Humaniora, 14(2), 91–97. Diakses dari http://journal.ui.ac.id/index.php/humanities/article/viewFile/666/635.

Aljaberi, N. M.2015. University Students’ Learning Styles and Their Ability toSolve Mathematical Problems. International Journal of Business andSocial Science. Vol 6, No. 4 (1).

Atoom, M.S. 2014. Bloods Groups and Their Relation with Intellegence among aSample of Jordanian Universities Students. Jurnal. (Online).(http://academicreasearchjournals.org/IJARER/index.htm, diakses pada 19Oktober 2018; 09.00 WIB).

Cavas, B. 2010. A Study on Pre-service Science, Class, and MathematicsTeachers’s Learning in Turkey. Science Education International Journal.

D'Amore, Angelo, Santhamma James, Eleanor K.L. Mitchell.2011. Learning Style of Firstyear Undergraduate Nursing and Midwifery Students: A Cross-sectiona Survey Utilising The Kolb Learning Style Inventory. Elsevier: Nurse Educatio

Dikti.2013.Pedoman Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Direktorat Pembinaan Pendidikandan Pelatihan.2010. Model - Model Pembelajaran. Jakarta :Depdiknas

DePorter, B. & M. Hernacki.2008.Quantum Learning: Membiasakan Belajar.

Djamarah B.2008.Psikologi belajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Elly Rahmawati.2016. Hubungan Gaya Belajar Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Fistanihaya.2011.Profil gaya belajar (Learning Style) dan IPK Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNNES.Universitas Negeri Semarang.

Fuad jauhad.2015. Gaya Belajar Kolb Dan PercepatanBelajar.Institut. Agama Islam Tribakti Kediri.

Gunawan, Adi.2004. Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Cet. 2.

Ghufron, M. N. & Risnawita, R.2012. Gaya Belajar: Kajian Teoretik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gogus, Aytac and Gurdal Ertek.2016.Learning and Personal Attributes of University Students in Predicting and Classifying The Learning Styles: Klob's mine-region Versus four-region Learning Styles. Elsevier: Procedia Social and Behavioral Sciences.

Hamzah, B. U.2010.Orientasi baru dalam psikologi siswa yang memiliki gaya belajar.Jakarta:Bumi Aksara.

Hay Group.2006.Kolb Learning Style Inventory.Online. http://www.haygroup.com/tl/Downloads/LSI_Slides.pdf.diaksespada 21 maret 2018

Indah msiyah.2012.Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Teras.

Kolb, A.Y. & Kolb, D. A.2005.The Kolb Learning Style Inventory Version 3.1.

Kolb, David A.1984.Experiential Learning. New Jersey : Prentice Hall,Inc. Englewood Cliffs.

Kolb, D.A., Boyatzis, R.E. & Mainemelis, C.2000.Experiential Learning Theory: Previous Research and New Directions. Dalam Sternberg, R.J. & Zhang, L.S. (Eds.). Perspectives on Cognitive, Learning, and Thinking Styles. NJ: Lawrence Erlbaum.

Khon, Abdul Majid.2014.Hadiṡ Tarbawi : Hadiṡ-Hadiṡ pendidikan.Jakarta : Kencana,

Kim Jieun, “Ensiklopedia Golongan Darah”, (Jakarta:Bhuana Ilmu Populer, 2016) h.98

Sugihartono., Fathiyah, K. N., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R.2007. Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sulistya ningrum, Asti. 2010. Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Diantara Siswa Kelas XI IPA Dan IPS SMA Negeri 1 Salatiga Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. FakultasKeguruan Dan Ilmu Pendidikan. UKSW Salatiga.

Manolis, Chris, David J. Burns, Rashmi Assudani, Ravi Chinta.2013.Assessing Experiential Learning Style: A Methodological Reconstruction and Validation of The Kolb Learning Style Inventory. Elsevier: Learning and Individual Differences 23:44-52

Michael Caesario. Medical Students Experience With Problem Based Learning in Asia : A Literature Riview.The Journal of the Indonesian Medical Student Association.Vol.I .No.1. 2010. Hal 21

Muhtadi Ali, karakteristik gaya belajar mahasiswa ditinjau dari preferensi sensori dan lingkungan ”. jurnal Pendidikan matematika Universitas Bangka Blitung. Vol 12 No 03. Dipublikasikan, 2010.

Munif Chatib.2010.Sekolahnya Manusia.Bandung: Kaifa.

Nasution.2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar.Bandung : BumiAksara.

Nadia, B., Handayani, D., Rismiati, R. Hidup Sehat Berdasarkan Golongan Darah O. Jakarta: Dukom Publisher.

Nugroho, P. U., Pajow, A. P., & Liem, A. T.2016. Aplikasi Test Personality Dan Learning Style Inventory Berbasis Web Untuk Mahasiswa Universitas Klabat. Semnasteknomedia Online, 4(1), 37-42.

Hartanti dan Nisya.2013.Prinsip-Prinsip Dasar Keperawatan. Jakarta : Dunia Cerdas.

Pratiwi, D.2014.Gaya belajar dominan pada siswa berprestasi dalam kegiatan siswa yang memiliki gaya belajar di SD Negeri 2 Gombong tahun ajaran 2013/2014. Jurnal FKIP, 7(3). Diakses darihttp://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/4016.Diaksespada 25 maret 2018

Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 TentangStandar Proses [online] tersedia di http://bsnp- indonesia.org/id/wp-content/uploads/proses/Permen_41_Th-2007.pdf

Rosidah.2014.Analisis Gaya BelajarSiswaBerprestasi ( Studisiswaberprestasipada SMAN 1 dan MAN 1 Yogyakarta kelas XI. Universitas Islam NegeriSunanKalijaga Yogyakarta.

Sulaiman.2017.AnalisakecenderungandanjenisgayabelajarmenggunakanmetodeLearning Style Inventory ( LSI ).STMIK Nusa mandiri Jakarta.

Suprijono, Agus.2014. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siswoyo, D.2007.Ilmu pendidikan.Yogyakarta: UNY Pers.

Suryabrata, S.2002.Pengembangan Alat Ukur Psikologis.Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti.

Sengul, et al.2013.Learning Styles of Prospective Teachers: Kocaeli UniversityCase. Journal of Educational and Instructural Studies.

Slameto.2013.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono.2012.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: ALFABETA.

Suyanto.2011.Metodologi dan Aplikasi Penelitian Keperawatan.Yogyakarta: Nuha Medika.

Tulbure, C. (2011).Do different styles require differentiated teaching strategis?. Procedia Social and Behav¬ioral Sciences, 11, 155-159.

Tohirin.2005.Psikologi Pembelajaran Pendidikan agama Islam.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang-undang republik Indonesia nomor 32, pasal 19 tahun 2013.

Yurisa, wella.2008.Etika Penelitian Kesehatan.Riau: FKUR.

Published
2019-07-01
How to Cite
hafid, muhammad anwar, & Sutria, E. (2019). HUBUNGAN GOLONGAN DARAH DENGAN GAYA BELAJAR KOLB LEARNING STYLE INVENTORY MAHASISWA KEPERAWATAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Journal of Islamic Nursing, 4(1), 57-70. https://doi.org/10.24252/join.v4i1.7490
Abstract viewed = 738 times