PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE MASA MENSTRUASI REMAJA AWAL DI PONDOK PESANTREN PUTERI UMMUL MUKMININ KOTA MAKASSAR

  • Ratna sari
    (ID)
  • Fairus Prihatin Idris
  • Suharni A. Fachrin Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Asrina Universitas Muslim Indonesia
  • Een Kurnaesih Universitas Muslim Indonesia
  • Arman Arman Universitas Muslim Indonesia

Abstract

Pondok pesantren merupakan tempat berkumpulnya santri yang memiliki tujuan mempelajari ilmu agama. Sebagian besar populasinya adalah remaja yang hidup bersama, melaksanakan kegiatan bersama dan saling membutuhkan satu sama lain. Lingkungannya rata-rata memiliki masalah kesehatan, khususnya kesadaran mengenai kebersihan diri yang berakibat pada muncul berbagai jenis penyakit salah satunya masalah kesehatan pada alat reproduksi wanita. Faktor utamanya adalah kurangnya pengetahuan dan informasi yang tepat dalam pengelolaan kebersihan, khususnya pada santriwati yang sedang menstruasi. Pengetahuan yang kurang akan meningkatkan resiko terganggunya keseimbangan kelembaban di daerah vagina terlebih saat mentsruasi jika perempuan tidak memperhatikan kebersihan daerah vagina dengan baik akan munculah beragam keluhan yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi vagina. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh peer education dan media vidio terhadap pengetahuan personal hygiene menstruasi pada santriwati remaja awal. Jenis penelitian ini adalah Quasii Eksperimental Design dengan menggunakan rancangan Two Group Pretest-Posttest Design. Variabel penelitian ini adalah pengetahuan, sikap, dan tindakan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 174orang dan sampel berjumlah 63 orang pada kelompok peer education dan 63 pada kelompok vidio dengan teknik non probability sampling. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dengan data tidak berdistribusi normal, uji paired t test pada data yang berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah peer education dan media vidio. Ada perbedaan pengetahuan (p=0,000) remaja putri tentang personal hygiene saat menstruasi pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah peer education. Ada perbedaan pengetahuan (p=0,000) remaja putri tentang personal hygiene saat menstruasi pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah pemberian vidio. Simpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh peer education terhadap pengetahuan personal hygiene masa menstruasi. Dan adanya pengaruh metode vidio terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan personal hygiene masa menstruasi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ratna sari
Student Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia

References

Ali, Tazeen Saeed, 2017. Are Unhygienic practice during the menstrual, partum, and post partum periods risk factor for secondary infertility. J Health Popul Nutr 25.

El Manan, 2011. Miss V. Buku Biru, Jogjakarta.

Fatikah, 2010. Hubungan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Putri Terhadap Sikap Menghadapi Premenstrual Syndrome di SMAN 5 Surakarta (skripsi). Medan FKM Univ. Sumat. Utara.

Fikriyyah, Syarifatuul, dkk, 2017. Pengaruh metode peer education terhadap pengetahuan kesehatan reproduksi pada siswi smp d pondok Ta’Mirul Islam Surakarta. J. Nas. 1 No 2.

Fitriani, 2011. Promosi Kesehatan. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Hendri, Winata, 2016. Manajemen Kearsipan ; untuk Organisasi Publik, Politik, dan Kemsyarakatan. Pustaka Setia, Bandung.

Hidayat, A.Azis Alimul, 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Tekhnik Analisis Data. Salemba Medika., Jakarta.

Imron, 2012. Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja : Peer Education dan Efektivitas Program KIR-KRR di Sekolah. Ar Ruzz Muhammad Irham dan Novan Ard, Yogyakarta.

Irham, 2013. Psikologi Pendidikan; Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Ar-Ruzz Media., Jogyakarta.

Katarina, 2015. Personal hygiene remaja putri ketika menstruasi. J. Nas.

Lutfiana, 2011. Pengaruh Peer Education Terhadap Pengetahuan Sikap. J. Nas.

Notoatmodjo, 2012. Ilmu perilaku kesehatan. rineka cipta, Jakarta.

Nugroho, Dedi Tri, 2016. Penerapan metode peer teaching untuk meningkatkan prestasi siswa kelas X di SMK TamanSiswa Jetis Yogyakarta. Fak. Teh. Univ. Negeri Yogyak.

Priyoto., 2014. Teori Sikap dan Perilaku dalam Kesehatan. Nuha Medika., Yogyakarta.

Suryandari, 2013. Hubungan pemakaian pembersih vagina dengan kejadian keputihan pada remaja puti. J. Kebidanan 4.

Zulva, rizka indana, 2011. pengaruh peer education terhadap sikap manajemen higiene menstruasi pada santriwati remaja awal di pondok pesantren al-qodiri kabupaten jembe.

Published
2019-11-20
How to Cite
sari, R., Idris, F. P., Fachrin, S. A., Asrina, A., Kurnaesih, E., & Arman, A. (2019). PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE MASA MENSTRUASI REMAJA AWAL DI PONDOK PESANTREN PUTERI UMMUL MUKMININ KOTA MAKASSAR. Journal of Islamic Nursing, 4(2), 44-53. https://doi.org/10.24252/join.v4i2.10234
Abstract viewed = 1160 times