Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural

  • Muhammad Yahdi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Multikulturalisme, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Multikulturalisme memiliki Sejarah Panjang karena bersamaan mulitikultural dengan lahirnya Indonesia, keragaman  budaya,  ras, agama, suku dan warna kulit. Selain itu beragam pula cara Masyarakat mencari dan melanjukan kehidupan, ada yang bekerja disektor pertanian, perikanan, jasa, dan pegawai pemerinta dan swasta. Keragaman menjadi bahagian penting dalam pengelolaan dan sistem kemasyarakatan. Hal ini dapat diihat dari negara, Pancasila dan semboyan dari Bhineka Tunggal Ika.Kemajemukan berdimensi banyak sisi ada sisi positifnya adapula negatifnya. Sisi positif dengan keragaman Masyarakat dapat tolong menolong, bantu membantu, saling menghargai, menjadi satu kesatuan dalam wilayah. Disisi lain yaitu sisi negative dengan terjadinya  berbagai  konflik antarkelompok maupun masyarakat, yang dapat menimbulkan instabilitas keamanan dan ketidak harmonisan sosial. Krisis terjadinya berdimensi multidimensi di dalam negeri, merupakan bagian dari problem kultural yang salah satu penyebabnya adalah kemajemukan kultur yang ada dalam masyarakat.

References

Alim, Muhammad, Pendidikan Agama Islam; Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, (Cet. Ke-II; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001)
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Surat [49]: 13, (Surabaya: Mekar, 2004).
Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Multikulturalisme. Cet. I, (Jakarta: Balai Litbang Agama, 2009).
Basta, Rani Dafiah Pendidikan Multikultural dalam Al-Quran: Kajian Tafsir Q.S. Al Hujurat. IAIN Ambon (Jurnal Studi Islam, Vol. 6 No. 2, 2015).
http://annaba-center.com/kajian/toleransi-antar-umat-beragama-dalam-pandangan-islam.
Hafid, Anwar dkk., Konsep Dasar Ilmu Pendidikan, (Cet. Ke-II; Bandung: Alfabeta, 2014),
Muhaimin M.A., Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, (Cet. Ke-V; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012).
Na’im, Ngainun dan Ahmad Sauqi, Pendidikan Multikultural konsep dan aplikasi (Cet. KeIII; Jogjakarta: Arruz Media, 2011).
Natta, Abudin Sosiologi Pendidikan Islam, (Cet. Ke-I; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2014), h. 236.
Susanto, Ahmad, Teori Belajar dan Pembelajaran; di Sekolah Dasar, (Cet. Ke-III; Jakarta: Prenadamedia Group, 2015).
Soekanto, Soerjono, Sosiologi Suatu Pengantar, (Jakarta: PT RajaGrafindo; Persada, 2006)
Setiadi, Elly M. dkk., Ilmu Sosial Budaya Dasar, (Cet. Ke-VIII; Jakarta: Prenamedia
Group, 2012),
Zubaedi, Pendidikan Berbasis Masyarakat; Upaya Menawarkan Solusi Terhadap
Berbagai Problem Sosial, (Cet. Ke-I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005).
Published
2024-06-29
Abstract viewed = 48 times